Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 01 Januari 2009

Event Astronomi Indonesia - Januari 2009

Memasuki Tahun Baru 2009 ini sebelumnya kami seluruh Keluarga Besar Jogja Astro Club (JAC) mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2009" semoga di tahun ini kebaikan senantiasa terbagi bagi seluruh penghumi Planet Bumi ini. Memasuki bulan Januari 2009 ini juga sederetan event astronomi menarik telah menunggu kita.
.
Tahun 2009 dinobatkan sebagai Tahun Astronomi Internasional – International Year of Astronomy (IYA2009). Hal ini ditujukan untuk memperingati 400 tahun penggunaan teleskop untuk pertama kalinya bagi keperluan astronomi oleh Galileo Galilei. Resolusi ini merupakan prakarsa dari International Astronomical Union (IAU) dan UNESCO, dan diajukan ke PBB oleh Italia sebagai negara asal dari Galileo.
.
Memasuki awal Januari tahun ini event astronomi akan dibuka dengan event Meteor Shower Quadrantids. Menyusul beberapa event posisi planet dari mulai clostest, konjungsi maupun great elongation. Fase-fase Bulan tetap akan menjadi menu bulanan, juga apogee dan perigee termasuk data posisi Hilal awal bulan Shafar 1430 H. Januari juga adalah saat planet Bumi berada paling dekat dengan Matahari (perihelium). Dan event menarik di akhir bulan Januari ini adalah peristiwa Gerhana Matahari Cincin - Anular Solar Eclipse pada 26 Januari 2009 yang dapat disaksikan hampir di seluruh kawasan Indonesia.
.
Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Akhirnya kita hanya bisa berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
.

Senyum optimis hadapi Tahun Astronomi Internasional 2009

.
Sabtu, 3 Januari 2009

Quadrantids Meteor Shower Peak @ Subuh

Pagi dinihari kali ini dan pagi hari berikutnya kita dapat menyaksikan Puncak Hujan Meteor Quadrantids (QUA-IMO1). Beberapa meteor dapat terlihat mulai tanggal 1 - 5 Januari 2009. Radiant meteor ini berada di arah Timur-Laut tepatnya di Rasi Bootes. Dulunya rasi ini bernama Quadrant Muralis sebelum modernisasi peta langit pada 1922. Rasi ini tampak di langit Timur menjelang subuh. Quadrantid dapat menampakkan antara 40 hingga 60 meteor setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 41 km/s. Meteor shower Quadrantids ini sering membuat goresan cahaya yang panjang. Asal usul meteor ini hingga kini belum diketahui. Namun ada dugaan kuat berkaitan dengan gravitasi planet Jupiter yang menarik debu Komet Machholz hingga mendekati orbit Bumi. Dugaan lain datang dari NASA yang menyimpulkan bahwa shower ini berasal dari serpihan debu asteroid 2003 EH1 yang merupakan pecahan sebuah Komet yang pernah melintas di sekitar orbit Bumi 500 tahun yang lalu. Shower ini memang tidak begitu populer di Indonesia namun demikian bagi yang berminat menyaksikan bangunlah sebelum pukul 03:00 jika kebetulan langit cerah dan lihatlah ke arah langit Timur sebelum Subuh Waktu. Siapa tahu ada beberapa Quadrantids dapat kita saksikan. ( Teknik Observasi Meteor )

.

Minggu, 4 Januari 2009

Earth at Perihelion, 23:00 WIB (Geosentris)

Malam ini Bumi berada pada jarak paling dekat dengan Matahari (perihelion) untuk tahun 2009. Walau ini bukan bagian dari event yang bisa diamati namun perlu diketahui bahwa Bumi kadang berada paling dekat dan kadang paling jauh dari Matahari dikarenakan orbit Bumi berupa bingang elips. Pada tanggal ini jarak Bumi terhadap Matahari sekitar 147.097.000 km sedangkan pada bulan Juli nanti jaraknya sekitar 152.104.000 km yaitu saat Bumi berada paling jauh dari Matahari. Walau demikian jarak ini tidak banyak mempengaruhi musim di Bumi.

.

.

Minggu, 4 Januari 2009

First Quarter Moon @ 18:56 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
.
Minggu, 4 Januari 2009
Mercury at Great Eastern Elongation @ 22:50 WIB (Geosentris)
Planet Merkurius pada posisi Elongasi Maksimum di sebelah Timur Matahari. Hari ini ini jarak sudut elongasi Merkurius terhadap matahari mencapai maksimum hampir sekitar 19°. Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Barat sore hari sesudah matahari terbenam pada ketinggian 18° di atas horizon. Sore ini juga kecerlangan Planet Merkurius akan mencapai maksimum sehingga mencapai -0,55 pada skala magnitudenya.
.
Sabtu, 10 Januari 2009
Moon Perigee @ 17:53 WIB (Geosentris)
Hari ini Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 357.500 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling dekat dari bumi. [ info ]
.
Minggu, 11 Januari 2009
Moon - Pleiades @ 20:00 WIB
Malam ini kita dapat menyaksikan Bulan Gibbous menjelang purnama berdampingan dengan Gugus Pleiades (M45). Gugusan bintang yang sering diberi julukan 7 bidadari ini memang terdiri atas 7 bintang yang cukup terang dengan latar ratusan bintang. Pleiades berada di Rasi Taurus dan berada tidak jauh dari rasi Orion. Pemandangan ini dapat disaksikan selepas Maghrib di Langit Timur.
..
Minggu, 11 Januari 2009
Full Moon @ 10:27 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Ice Moon, Moon After Yule, the Old Moon, atau Wolf Moon sementara di India disebut Paush Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
..
Kamis, 15 Januari 2009
Venus at Greatest Eastern Elongation @ 04:00 WIB (Geosentris)
Planet Venus pada posisi Elongasi Maksimum di Timur Matahari. Hari ini jarak sudut elongasi Venus terhadap matahari mencapai maksimum hampir sekitar 45°. Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Barat setelah matahari terbenam.

.
Minggu, 18 Januari 2009
Last Quarter Moon @ 9:46 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Selasa, 20 Januari 2009
Mercury Inferior Conjunction @ 22:56 WIB (Geosentris)
Hari ini planet Merkurius berada pada posisi tepat antara bumi dan matahari atau disebut konjungsi inferior untuk memulai fasenya menjadi planet pagi yang nampak di Langit Timur. Konjungsi inferior hanya terjadi pada planet dalam seperti Merkurius dan Venus. Sering peristiwa ini menimbulkan fenomena yang disebut transit yaitu saat planet tepat melintas di wajah Matahari.
.
Jumat, 23 Januari 2009
Moon Apogee @ 07:12 WIB (Geosentris)
Hari ini Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 406.114 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling jauh dari bumi. [ info ]
.
Sabtu, 24 Januari 2009
Jupiter Conjunction @ 12:36 WIB (Geosentris)
Hari ini planet Jupiter menempatkan posisinya tepat di belakang matahari yang dikenal dengan istilah konjungsi. Konjungsi adalah peristiwa kedudukan planet-matahari-bumi berada pada satu garis lurus.
.
Minggu, 25 Januari 2009
Moon - Mars Conjunction @ lepas Subuh - Rukyat Hilal Tua
Pagi ini kesempatan paling bagus bagi para pemburu Hilal Tua. Hilal tua dengan iluminasi sekitar 2% akan berdampingan dengan planet Mars. Tentunya keberadaan planet ini akan membantu orientasi arah posisi hilal saat dirukyat. Posisi hilal tua kali ini pada ketinggian sekitar 13° saat Matahari terbit, jadi cukup bagus untuk pengamatan.
.
Senin, 26 Januari 2009
New Moon @ 14:56 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Muharram sekaligus awal Shafar 1430 H. Bulan baru kali ini merupakan lunasi astronomis ke 1064 serta lunasi Islam ke 17149. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan puasa kali ini. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
.
Senin, 26 Januari 2009
Annular Solar Eclipse @ 14:56 WIB (Geosentris) GREAT EVENT!!
Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi hari ini di hampir seluruh kawasan Indonesia. Pada gerhana kali ini permukaan Matahari tidak tertutup seluruhnya oleh Bulan walaupun di daerah pusat gerhana sekalipun seperti terlihat di PETA GOOGLE ini. Gerhana cincin artinya daerah yang dilewati pusat gerhana akan menyaksikan Matahari tertutup oleh Bulan dimana saat Bulan menutup Matahari ukurannya lebih kecil sehingga piringan Matahari masih nampak di sekeliling bulatan Bulan mirip bentuk cincin. Sementara untuk daerah di sekitarnya hanya akan menyaksikan wajah Matahari tertutuk sebagian oleh Bulan sehingga wajah Matahari akan terlihat seperti bentuk sabit. Peringatan bagi pengamat gerhana ini hendaknya JANGAN MENATAP MATAHARI SECARA LANGSUNG BAIK SEBELUM MAUPUN SELAMA GERHANA KARENA DAPAT MENIMBULKAN KEBUTAAN !!!. Gunakan peralatan yang aman seperti kacamata gerhana, alat proyeksi gerhana, pinhole kamera maupun metode cermin. Bagi yang menggunakan peralatan optik jangan lupa memasang filter penapis cahaya Matahari yang aman, jangan mengarahkan peralatan kamera baik digital maupun manual langsung ke arah Matahari tanpa filter karena bisa merusak sistem kamera atau. [ Teknik Observasi Gerhana Matahari ] [ Tulisan Pak AR ]
.
Gerhana Matahari 26 Januari 2009 terlihat dari Yogyakarta
.
Senin, 26 Januari 2009
Rukyatul Hilal - Shafar 1430 Hijriyah @ sunset (Club Event)
Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Shafar 1430 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Parangkusumo. Pada Senin sore (26/1) untuk wilayah Yogyakarta data observasi hilal menyebutkan: Matahari terbenam pada pukul 18:05 WIB pada azimuth 251°5' - Bulan terbenam 18:07 WIB pada azimuth 251°32'. Tinggi bulan saat Matahari terbenam 0°11' kiri-atas posisi Matahari. Kondisi ini jelas Hilal mustahil untuk dirukyat. Sementara pada Selasa (27/1) Matahari terbenam 18:05 WIB pada azimuth 251°20' - Bulan terbenam 18:49 WIB pada azimuth 257°18' dengan ketinggian 9°23' saat Matahari terbenam. Posisi Bulan berada disebelah kanan-atas posisi Matahari. Analisis dan prediksi awal Shafar 1430 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI).
...
Peta Kenampakan hilal pada hari konjungsi dan H+1 konjungsi
.
.
Posisi hilal H+1 awal Shafar 1430 Hijriyah dilihat dari Yogyakarta
..
..
.
..
RASI BINTANG BULAN JANUARI 2009
.
Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Januari ini diantaranya adalah munculnya Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit Timur lepas tengah malam yang dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh para petani. Kenampakan Rasi Orion memang selalu pada awal musim penghujan yaitu awal Oktober sampai November. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berda pada jarak 8,6 tahun cahaya.
.
Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades atau sering disebut Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang ini mirip asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut.
.
Menjelang pagi hari kita dapat menyaksikan munculnya Rasi Crux atau dikenal dengan nama Salib Selatan cukup mencolok di Langit Selatan. Di dekat rasi ini terdapat rasi Centaurus dengan bintangnya yang cukup terang yaitu Alpha Centauri dan Hadar di dekatnya. Alpha Centauri atau sering disebut sebagai Rigel Kentaurus adalah bintang sistem ganda yang hanya terlihat satu bintang jika dilihat dengan mata telanjang. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal rasi dan bintang-bintang.
..
.
..
POSISI.PLANET BULAN JANUARI 2009.
.
CLASICAL PLANET
..
..
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan planet ini sudah berada di Langit Barat dengan posisi sangat rendah. Posisi ini terus naik sehingga Merkurius semakin mudah dilihat di akhir bulan. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Ophiuchus.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet sore di langit Barat. Posisinya yang semakin tinggi di awal bulan membuat planet ini mudah dilihat. Juga pada akhir bulan planet ini semakin lebih tinggi saja posisinya saat Matahari terbenam. Pada awal bulan ini Venus membuat heboh dengan posisinya yang berkumpul bersama Jupiter dan Bulan. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus pada awal bulan di Rasi Sagitarius..
.
Mars
Planet Mars Setelah beberapa lama Mars menjadi planet yang selalu nampak pada malam hari, kini Mars semakin memudar dan sulit dilihat walaupun sebenarnya planet ini masih berda di Langit Barat setelah Matahari terbenam. Namun menjelang pertengahan bulan Mars berkunjungsi tanda ia akan segera menjadi planet yang nampak pagi hari di Langit Timur. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini berada di Rasi Ophiuchus.
.
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan lepas petang hari condong di Langit Barat dengan cahayanya yang masih cukup terang dibandingkan bintang-bintang di sekitarnya. Saat ini Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah Bulan dan Venus. Pada awal Bulan planet ini berkumpul bersama Venus dan Bulan. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.
.
Saturnus
Planet Saturnus Pada bulan ini menjadi planet yang nampak pagi hari. Ia dapat disaksikan sebelum Matahari terbit di langit Timur. Saturnus berada di Rasi Leo. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini sempat menjadi idola para amatir pada bulan lalu karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Atas lepas Matahari terbenam..
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Atas lepas Matahari terbenam.

.

DWARF PLANET (PLANET KERDIL) DAN PLUTOID
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
Belum berhenti sampai di sini. Pada 11 Juni 2008 kembali IAU mengubah status Pluto dan Eris bukan lagi kelompok Drawt Planet tapi masuk dalam kelompok Plutoid, yaitu obyek yang 'mirip Pluto" seperti halnya sebutan untuk 'terestrial' dan 'Jovian'. Sementara untuk Ceres masih berstatus Dwarf Planet. Pada Juli 2008 kembali IAU mengumumkan status 2005 FY9 salah satu KBO terbesar yang sudah ditemukan untuk masuk menjadi anggota Dwarf Planet dan diberi nama Makemake serta mengembaikan Pluto dan Eris menjadi Dwarf Planet lagi. Sehingga formasi terbaru Sistem Tata Surya kita sekarang seperti ini:
.
Matahari-Merk-Venus-Bumi-Mars-Ceres-Jup-Satur-Uran-Nept-Pluto-Makemake-Eris

  • 8 planet : Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
  • 4 dwarf planet : Ceres, Pluto, Makemake dan Eris
  • 165 bulan (satelit alam)
  • ribuan "small solar system bodies"
    ..
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam kelompok Planet Kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Leo, Langit Timur sebelum Matahari terbit.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, di Langit Barat selepas senja.
.
Makemake
Makemake yang dulunya adalah 2005 FY9 salah satu dari benda KBO terbesar di tata Surya dan anggota Dwarf Planet terbesar ketiga. Planet ini juga hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Makemake kini sedang di sekitar Rasi Coma Berenices, Langit Barat setelah Matahari terbenam.
.
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur lepas sore hari..
..
.
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
Links:
.









5 komentar:

  1. Mengingat gerhana matahari tgl 26 jan nanti di Indonesia (bagian barat) bisa disaksikan agak sore (antara jam 16 s/d jam 17), apakah resiko menatap langsung bisa berkurang ?

    BalasHapus
  2. Artikel anda di

    http://astronomi.infogue.com/event_astronomi_indonesia_januari_2009

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    BalasHapus
  3. Subhanallah,...syah jadi tau conjunction,perihelion dan kawan-kawan, sayah kutip infonyah lumayan buat nambahin pengetahuan...

    BalasHapus
  4. thank atas informasinya

    BalasHapus