Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Sabtu, 13 Desember 2008

Geminids Meteor Shower 2008

Satu lagi peristiwa akhir tahun 2008 yang bakal kembali hadir di langit Planet Bumi ini. Geminids Meteor Shower salah satu shower tahunan yang cukup mengesankan ini diperkirakan nanti malam Minggu (13/12) akan mencapai puncaknya menghujani kembali Planet Bumi. Dari seluruh kawasan permukaan Bumi shower ini hampir semuanya dapat menyaksikan. Terlebih mereka yang berada di sekitar ekuator dan sedikit agak ke lintang Utara.
.
Geminids yang menurut para ahli diyakini merupakan debu bagian dari komet 3200/Phaethon yang telah mati itu sebenarnya mulai dapat disaksikan mulai 7 Desember hingga 17 Desember nanti. Namun nanti malam adalah puncak dari kenampakan meteor tersebut. Ini dikarenakan pada malam nanti posisi Bumi paling dekat dengan area reruntuhan komet.
.

Secara kebetulan jika dilihat dari permukaan Bumi titik ini berada di langit di Rasi Gemini yang pada bulan ini berada di arah Timur Laut lepas Isya. Inilah yang disebut titik Radian meteor shower.Itulah kenapa para astronom menamakan meteor shower ini dengan sebutan Geminids. Setahun lalu Geminid 2007 observasi yang dilakukan JAC cukup sukses. Namun pada Geminids 2008 ini nampaknya agak pesimis dikarenakan sudah beberapa hari ini langit Indonesia ditebari oleh awan. Belum lagi malam Minggu nanti purnama masih akan mendominasi langit malam. Kalau toh kita mendapatlkan cuaca yang cerah cahaya bulan purnama yang kebetulan juga pada kali ini sedang berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi (perigee) akan dapat mengurangi kenampakan meteor yang 100-120 meteor per jam hingga tinggal sekitar 20% nya saja alias 20-25 meteor per jam karena cahaya meteor yang lemah tidak akan terlihat kalah oleh cahaya Bulan.
.
Jika anda bersempatan ingin menjadi saksi Geminids 2008 ini dan jika cuaca cerah segera cari tempat yang lapang dan terbebas dari polusi cahaya. Pantai adalah tempat yang paling baik. Jangan lupa siapkan perbekalan, baju hangat, makanan dan minuman, alas tidur, music. Berbaringlah secara rileks dan nikmatilah pertunjukan Geminids meteor shower. Malam nanti Bulan akan terbit di langit Timur bersamaan dengan terbitnya Rasi Gemini yang berada di sebelah Utaranya. Anda dapat menuju lokasi menjelang pukul 9 malam atau sesudahnya. Pertunjukan Geminids akan berlangsung hingga pagi sebelum matahari terbit dan langit Timur merembang terang.

8 komentar:

  1. Sambil ngepos ronda malam Minggu ini... ehh cuman dapet 3 geminids tapi cukup besar juga.. mendung lagian.. tuh cahaya Bulan juga bikin silau aja :)

    BalasHapus
  2. secara tak sengaja pagi ini jam sekitar kurang lebih 5.30, karena tak sengaja melihat keatas nampak 1 yg berekor

    BalasHapus
  3. kmaren.. pas lagi starparty bareng HAAJ di cisarua..
    tepatnya minggu, jam 05.00
    dapet satu meteor.. tapi di deket rasi crux nd centaur..

    BalasHapus
  4. saya dapat 6 geminid pak..plus 3 satelit..lumayan :)

    BalasHapus
  5. bagaimana caranya untuk mendapatkan teropongatau telescope

    BalasHapus
  6. saya kemarin melihat comet yang melintasi bumi dengan jelas,tetapitidak lama menghilang.saya melihat pada jam 04.36 wibdari pantai timur

    BalasHapus