Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Selasa, 01 April 2008

Event Astronomi Indonesia - April 2008


Pemandangan langit Barat yang dapat disaksikan bulan ini
...
.
Memasuki bulan April, bulan penghujung akhir musim hujan di Indonesia masih menjadi bulan yang kurang ideal untuk pengamatan langit. Seperti kebiasaan tahun-tahun sebelumnya April akan masih sering diguyur hujan sehingga sehari-hari langit Indonesia cenderung rata tertutup awan. Namun jangan pesimis sebab pasti ada cerah diantara mendung tersebut.
.
Bulan April ini bakal menghadirkan serangkaian event-event astronomi menarik diantaranya adalah kembali nampaknya Lyrids Meteor Shower yaitu fenomena hujan meteor yang yang menampakkan diri pada setiap April dan merupakan fenomena yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu fenomena-fenomena berkait dengan bulan misalnya dekatnya bulan dengan obyek-obyek langit lain, perubahan fase bulan, informasi awal bulan Kalender Hijriyah serta kenampakan planet-planet masih mengisi daftar event astronomi bulan ini.
..
Kalender Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi walaupun musim hujan sudah bersama kita. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
..

Sabtu, 5 April 2008

Moon - Venus @ 03:30 WIB (Geosentris)
Pagi ini Bulan sabit tua bersebelahan dengan Planet Venus di Langit Timur. Keduanya berada sangat rendah di atas ufuk. Saksikan jika anda sempat bangun awal. Bulan tua kali ini juga merupakan tanda akhir bulan Rabiul Awwal. Merupakan tantangan tersendiri jika dapat menyaksikannya. Gunakan panduan posisi Venus yang cukup terang. Sabit tua akan berada sekitar 4° di Utara Venus.

..

Minggu, 6 April 2008

New Moon @ 10:57 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Rabiul Awal 1429 H sekaligus awal Rabiul Akhir 1429 H. Bulan baru kali ini merupakan lunasi astronomis ke 1055 dan lunasi Islam ke 17140. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk penanggalan lunar atau bulan seperti kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
..
Senin, 7 April 2008

Rukyatul Hilal - Rabiul Akhir 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Rabiul Awwal 1429 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Parangkusumo. Seperti biasanya JAC-RHI akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal awal bulan ini. Pada sore ini posisi hilal di POB Parangkusumo cukup tinggi yaitu 10°57' saat matahari terbenam, setelah sehari sebelumnya yaitu hari pertama konjungsi mustahil dilakukan rukyat karena ketinggian hilal hampir nol derajat. Analisis dan awal Rabiul Akhir 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI).





.

Selasa, 8 April 2007

Moon at Perigee @ 02:30 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 361.082 km - 33'06" ). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekatnya. [ info ].
.

Rabu, 9 April 2008

Moon - Pleaides @ 19:00 WIB

Sore ini bulan sabit berada di Langit Barat dekat-dekat dengan Gugus Pleaides atau sering dinamakan Bintang Tujuh atau Sevent Sisters. Gugus ini juga diberi julukan Cluster M45.

.
Sabtu, 12 April 2008
Moon - Mars @ 20:00 WIB
Di arah Langit Barat selepas matahari terbenam sore ini Bulan berada dekat dengan Planet Mars. Di dekatnya ada juga bintang terang pasangan Pollux-Castor. Pemandangan yang cukup menarik untuk disaksikan.

.

Minggu, 13 April 2008

First Quarter Moon, 01:32 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
..
Selasa, 15 April 2008
Moon - Saturn - Regulus @ 19:00 WIB

Bulan menjelang purnama berada dekat dengan Planet Saturnus dan bintang Regulus yang terlihat di atas kepala arah Timur-Laut. Pemandangan ini dapat disaksikan lepas petang segera setelah matahari terbenam. Kali ini jarak Bulan terhadap Saturnus terpisah pada sudut sekitar 3°. Dan jarak Bulan terhadap bintang Regulus hanya sekitar 0,5° saja.
.
Selasa, 15 April 2008
Moon - Saturn - Regulus @ 19:00 WIB
Bulan menjelang purnama berada dekat dengan Planet Saturnus dan bintang Regulus yang terlihat di atas kepala arah Timur-Laut. Pemandangan ini dapat disaksikan lepas petang segera setelah matahari terbenam. Kali ini jarak Bulan terhadap Saturnus terpisah pada sudut sekitar 3°. Dan jarak Bulan terhadap bintang Regulus hanya sekitar 0,5° saja.
.
Senin, 16 April 2008
Mercury Superior Conjunction @ 14:24 WIB (Geosentris)
Planet Merkurius berada paling jauh di belakang matahari untuk memulai kembali Planet ini menjadi Planet Sore setelah beberapa lama menjadi Planet yang muncul pada pagi hari. Nantinya Merkurius akan dapat disaksikan di Langit Barat pada sore setelah matahari terbenam pada akhir bulan.
.
Minggu, 20 April 2008
Full Moon @ 17:26 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Eggs Moon, Pink Moon, Sprouting Grass Moon, Fish Moon, Seed Moon, Waking Moon sementara di India disebut Hanuman Jayanti. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang..
..
Selasa, 22 April 2008
Lyrids Meteor Shower Peak @ midnight sampai subuh.
Malam ini kita dapat menyaksikan fenomena hujan meteor Lyrids atau Lyrids Meteor Shower. Titik Radian meteor ini berasal dari rasi Lyra yang baru akan tebit menjelang tengah malam di langit sebelah Timur Laut. Namun sayangnya malam ini sang Bulan yang baru 2 hari lepas Purnama menjadi ancaman kemunculan Lyrids kali ini sehingga dapat dipastikan cahaya meteor akan kalah oleh benderangnya cahaya Bulan. Di Rasi Lyra terdapat bintang yang cukup terang yaitu bintang Vega yang dapat dijadikan panduan arah meteor ini. Saat puncaknya Lyrids dapat menampakkan meteor antara 10 hingga 20 meteor setiap jamnya. Tidak ada salahnya coba keluar untuk menyaksikan. Teknik Observasi Meteor.
.
Radiant Lyrids muncul tengah malam di arah Timur-Laut
..
Rabu, 23 April 2008
Moon at Apogee @ 16:35 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 405.944 km - 29'26" ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [ info ]
..
Rabu, 23 April 2008
Moon - Antares @ 21:00 WIB

Bulan Gibbous malam ini berada dekat dengan bintang terang di Rasi Scorpio yaitu Antares yang terlihat di Langit Timur. Pemandangan ini dapat disaksikan menjelang tengah malam hingga pagi.
..
Minggu, 27 April 2008
Moon - Jupiter @ 21:00 WIB
Bulan Sabit malam ini berada dekat dengan Planet Jupiter yang terlihat di Langit Timur. Pemandangan ini dapat disaksikan lepas tengah malam hingga pagi.
.. ..
Senin, 28 April 2008
Last Quarter Moon @ 21:12 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
.
RASI BINTANG APRIL 2008
.
Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Orion atau Waluku dilangit Barat lepas petang hari. Hingga kini Orion masih dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh sebagian petani kita. Kenampakan Rasi Orion memang selalu terjadi pada musim penghujan yaitu awal Oktober sampai akhir April. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berada pada jarak 8,6 tahun cahaya.
.
Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Rasi Crus atau Salib Selatan atau Layang-layang atau "Gubuk Penceng" mulai nampak di Langit Selatan. Oleh para pelaut kita rasi Crux merupakan penujuk kompas arah Selatan yang cukup presisi. Bersebelahan dengannya adalah Rasi Centaurus dengan bintangnya yang cukup terang Alpha Centauri atau Rigel Kentaurus yang termasuk jenis bintang ganda. Selain Rasi tersebut, Scorpio juga nampak dominan di Langit Timur dengan bentuknya yang khas mirip kalajengking.
.
Rasi Crux sebagai petunjuk arah Selatan
....

.
.
POSISI.PLANET APRIL 2008
.
CLASICAL PLANET
.
.
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan ini sulit disaksikan karena posisinya rendah di Langit Timur sebelum matahari terbit dan posisinya semakin turun. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Pisces. Di akhir bulan planet ini berkonjungsi untuk berpindah menjadi Planet Sore.
.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet pagi yang menampakkan diri sebelum matahari terbit. Selama awal bulan ini di langit Timur kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Karena posisinya semakin merendah dari hari kehari membuat kecerlangan planet mulai memudar. Venus pada awal bulan di Rasi Pisces.
.
..
Mars
Planet Mars berada di langit Barat selepas petang hari di atas kepala berada dekat dengan Rasi Orion. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini masih berada di Rasi Gemini sebelah Utara Orion..
..
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan lepas tengah malam di Langit Timur sampai sebelum matahari terbit. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah Bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.
.
..
Saturnus
Planet Saturnus dapat dilihat di Langit Timur selepas Isya. Saturnus berada di Rasi Leo dan terlihat paling terang diantara bintang yang ada di rasi ini. Cahayanya yang tidak cukup terang membuat planet mudah dibedakan dengan bintang. Magnitudenya kali ini sekitar 0,5. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Karena bulan-bulan ini merupajkan saat yang paling bagus mengamati planet ini.
.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Timur, pagi hari.
.
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur pagi hari.
...
..
.
DWARF PLANET (PLANET KERDIL)
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
.
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi taurus, Langit Barat lepas matahari terbenam .
.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, Langit Timur slepas tengah malam.
.
.
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Barat lepas senja hari.
.
.
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
.
Links:



1 komentar:

  1. Learning about the universe makes us very thankfull to Allah, The Almighty.

    BalasHapus