Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Sabtu, 01 Maret 2008

Event Astonomi Indonesia - Maret 2008

Konjungsi Bulan-Venus-Merkurius mengawali event bulan ini
...
.
Bulan Maret 2008 ini boleh dibilang merupakan masa transisi musim di bumi sebab di bulan inilah gerak tahunan matahari akan transit di garis ekuator dalam sebuah event yang sering disebut sebagai "Vernal Equinox". Selain event tersebut bulan Maret ini juga bakal menghadirkan serangkaian event-event astronomi menarik seperti fenomena konjungsi benda-benda langit, kenampakan cahaya Zodiak, event fase bulan serta berapa keterangan mengenai kenampakan planet pada bulan ini..Kecuali itu juga ada event astronomi yang lain dari mulai perubahan fase bulan, perigee dan apogee bulan, serta peristiwa-peristiwa astronomi yang lain serta tidak ketinggalan adalah data Rukyatul Hilal penentuan Awal Rabiul Awwal 1429 H.
..
Kalender Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi walaupun musim hujan sudah bersama kita. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
..

Senin, 3 Maret 2008

Moon-Jupiter @ 04:00 WIB

Pagi ini Bulan dan Planet Jupiter berada pada jarak yang sangat dekat. Keduanya hanya terpisah pada jarak sekitar 4° saat pagi hari di Langit Timur.

.

Senin, 3 Maret 2008

Mercury at Great Elongation West @ 14:18 WIB (Geosentris)

Planet Merkurius pada posisi Elongasi Maksimum di sebelah Barat Matahari. Hari ini ini jarak sudut elongasi Merkurius terhadap matahari mencapai maksimum hampir sekitar 27,1°. Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Timur pagi hari sebelum matahari terbit. Pagi ini juga kecerlangan Planet Merkurius akan cukup terang sehingga mencapai -0,15 pada skala magnitudenya

..

Kamis, 6 Maret 2008

Moon - Venus - Mercury @ 05:00 WIB (Geosentris)
Pagi ini triplet planet Merkurius, Venus dan Bulan berkumpul di Langit Timur. Paling atas adalah Merkurius dibawahnya ada Venus dan paling bawah adalah Bulan. Saksikan jika anda sempat bangun awal.

..

Sabtu, 8 Maret 2008

New Moon @ 00:16 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Shafar 1429 H sekaligus awal Rabiul Awwal 1429 H. Bulan baru kali ini merupakan lunasi astronomis ke 1054 dan lunasi Islam ke 17139. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk penanggalan lunar atau bulan seperti kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
..
Sabtu, 8 Maret 2008

Rukyatul Hilal - Rabiul Awwal 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Rabiul Awwal 1429 Hijriyah dari POS Observasi Hilal Parangkusumo. Seperti biasanya JAC-RHI akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal awal bulan ini. Pada sore ini posisi hilal cukup tinggi yaitu 5°11' saat matahari terbenam, sebuah posisi yang termasuk sulit untuk melakukan rukyat. Analisis dan prakiraan 1 Rabiul Awwal 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI).





.

Minggu, 9 Maret 2008

Uranus Conjunction @ 03:09 WIB (Geosentris)

Hari ini posisi Planet Uranus tepat di belakang Matahari.

.

Selasa, 11 Maret 2007
Moon at Perigee @ 04:40 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 366.301km - 32'16" ). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekat. [
info ].

.

Jumat, 14 Maret 2008

First Quarter Moon, 17:46 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
..
Sabtu, 15 Maret 2008
Moon - Mars @ 21:00 WIB (Geosentris)
Agak di atas kepala sedikit condong ke arah Langit Barat-Utara menjelang tengah malam ini Bulan berada dekat dengan Planet Mars. Pemandangan yang cukup menarik untuk disaksikan.
..
Rabu, 19 Maret 2008
Moon - Saturn @ 19:00 WIB

Bulan menjelang purnama berada dekat dengan Planet Saturnus yang terlihat di Langit Timur. Pemandangan ini dapat disaksikan lepas petang segera setelah matahari terbenam. Kali ini jarak Bulan terhadap Saturnus terpisah pada sudut sekitar 4°.
.
Kamis, 20 Maret 2008
Vernal Equinox, 12:48 WIB (Geosentris)
Atau sering disebut Maret Equinox. Adalah saat matahari melintas (berada tepat) di ekuator dan masuk di zona belahan Bumi Utara. Di Indonesia event ini menandai awal Musim Kemarau, sedangkan di Belahan Bumi Utara menandai awal Musim Semi (Spring). Sementara di Belahan Bumi Selatan menandai awal Musim Gugur (Autum/Fall). Biasanya di Pontianak (Kalimantan) Tugu Katulistiwa akan banjir wisatawan untuk menyaksikan hari tanpa bayangan di tugu itu.
.
Sabtu, 22 Maret 2008
Full Moon @ 01:40 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Crow Moon, Crust Moon, Sugar Moon, Sap Moon, Chaste Moonn sementara di India disebut Holi. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang..
..
Senin, 24 Maret 2008
Venus - Mercury @ 04:30 WIB
Pagi ini Planet Venus dan Merkurius bergandengan di Langit Timur hanya pada jarak beberapa derajat. Jangan lupa bangun pagi dan saksikan pemandangan eksotis ini sebelum keburu matahari terbit.
.
Kamis, 27 Maret 2008
Moon at Apogee @ 03:14 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 405.093 km - 29'94" ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [ info ]
..
Minggu, 30 Maret 2008
Last Quarter Moon @ 04:48 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Senin, 31 Maret 2008
Moon - Jupiter @ 02:00 WIB
Bulan tua malam ini berada dekat dengan Planet Jupiter yang terlihat di Langit Timur. Pemandangan ini dapat disaksikan lepas tengah malam. Kali ini jarak Bulan terhadap Jupiter terpisah pada sudut sekitar 3,5°.
.
RASI BINTANG MARET 2008
.
Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Orion atau Waluku dilangit Timur lepas petang hari. Hingga kini Orion masih dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh sebagian petani kita. Kenampakan Rasi Orion memang selalu terjadi pada musim penghujan yaitu awal Oktober sampai akhir Februari. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berada pada jarak 8,6 tahun cahaya. Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti.
.
Beberapa bintang dan Konstelasi di Langit Selatan selama Februari
....
Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades yang berada di Rasi Taurus. Gugusan bintang ini sering disebut juga Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, sebagian orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang seolah dikerumuni asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut dapat kita saksikan selama bulan ini.
..
Menjelang tengah malam di langit Tenggara akan segera muncul Rasi Crux atau sering disebut Southern Cross, Salib Selatan. Rasi ini juga terkenal dengan sebutan Bintang Pari atau Layang-layang atau Gubug Penceng. Rasi ini begitu terkenal karena bisa dijadikan sebagai pemandu arah mata angin. Bersebelahan dengannya adalah Rasi Centaurus dengan bintangnya yang cukup terang Alpha Centauri atau Rigel Kentaurus yang termasuk jenis bintang ganda.
.
.
POSISI.PLANET MARET 2008
.
CLASICAL PLANET
.
.
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan ini dapat disaksikan di Langit Barat setelah matahari terbenam dan posisinya semakin turun hingga pada tanggal 7 Februari 2008 planet ini mengalami berada segaris di depan matahari (konjungsi inferior). Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Capricornus. Di akhir bulan planet ini berada di Langit Timur pada pagi hari.
.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet pagi yang menampakkan diri sebelum matahari terbit. Selama awal bulan ini di langit Timur kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Karena posisinya semakin merendah dari hari kehari membuat kecerlangan planet mulai memudar. Venus pada awal bulan di Rasi Sagitarius.
.
..
Mars
Planet Mars berada di langit Timur selepas petang hari di atas kepala berada dekat dengan Rasi Orion. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini masih berada di Rasi Taurus sebelah atas tangan Orion.
.
..
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan pada pagi di Langit Timur sebelum matahari terbit. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah Bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.
.
..
Saturnus
Planet Saturnus dapat dilihat di Langit Timur selepas Isya. Saturnus berada di Rasi Leo dan terlihat paling terang diantara bintang yang ada di rasi ini. Cahayanya yang tidak cukup terang membuat planet mudah dibedakan dengan bintang. Magnitudenya kali ini sekitar 0,5. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. .
.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Barat, lepas senja hari.
.
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Barat selepas senja hari.
.
.
DWARF PLANET (PLANET KERDIL)
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
.
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Aries, Langit Barat lepas tengah malam.
.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, LangitTimur sebelum matahari terbit.
.
.
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Barat lepas senja hari.
.
.
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
.
Links:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar