Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Selasa, 02 Oktober 2007

Astro Event Oktober 2007


Memanfaatkan waktu malam saat datangnya Ramadhan merupakan keasyikan tersendiri. Apalagi sebentar lagi bakal libur panjang menyambut lebaran. Memandang langit malam di malam saat cuaca cerah tentunya akan menghadirkan nuansa tersendiri terutama kekaguman akan kebesaran Khalik pencipta alam semesta. Nah, memasuki bulan Oktober 2007 ini nampaknya event astronomi kita agak lesu dan hanya akan menghadirkan even-even biasa seperti fase bulan dan beberapa peristiwa planetari dan kedekatan posisi bulan dengan obyek langit lain serta kenampakan beberapa planet seperti Venus, Mars dan Saturnus di Langit Timur. Orionids Meteor Shower pada akhir bulan diharapkan dapat menjadi tontonan yang cukup menarik. Serta data rukyatul hilal penentuan awal bulan Syawwal 1428 H yang membuat perbedaan lebaran di Indonesia juga bisa anda dapatkan.
.
Kalender Event Astronomi Indonesia bulan ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
..

Rabu, 3 Oktober 2007

Moon - Mars @ 01:00 WIB

Pagi dinihari ini terlhat bulan di Langit Timur mendampingi Planet Mars yang memilikli warna khasnya kemerahan. Planet Mars berada sedit di arah Selatan atas posisi bulan tua menjelang penghujung Ramadhan kali ini.

.

Rabu, 3 Oktober 2007
Last Quarter Moon @ 17:06 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

.

Jumat, 5 Oktober 2007

Moon - Beehive - Venus @ 04:30 WIB

Lihatlah pada pagi menjelang matahari terbit Bulan - Beehive Cluster (M44) dan Planet Venus akan menghias langit Timur sebelum matahari terbit. Ketiga benda langit tersebut berada cukup rendah di atas horison langit.

.

Minggu, 7 Oktober 2007

Moon - Venus - Saturn - Regulus @ 04:00 WIB

Pagi ini Bulan, Planet Venus yang paling terang, Bintang Regulus dan planet Saturnus berkumpul di langit Timur beberapa saat sebelum matahari terbit. Regulus adalah bintang paling terang di rasi Leo dengan kecerahan magnitude sebesar +1,34 membuat bintang ini cukup terlihat terang dengan hanya mata telanjang. Saturnus juga kini mulai nampak di pagi hari.

...

Kamis, 11 Oktober 2007

New Moon @ 12:01 WIB (Geosentris)

Bulan Baru kali ini merupakan akhir bulan Ramadhan 1428 H sekaligus mengawali bulan Syawwal 1428 H. Bulan baru kali ini merupakan lunasi ke 1049. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk penanggalan lunar atau bulan seperti kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai. Akibatnya di seluruh dunia bisa saja terjadi perbedaan awal bulan bahkan sampai berselisih 4 hari.

...

Kamis, 11 Oktober 2007
Rukyatul Hilal - Syawwal 1428 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Syawwal 1428 Hijriyah walaupun Rukyat Resmi Pemerintah dijadwalkan pada Kamis, tanggal 11 Oktober 2007 di POS Observasi Hilal Parangkusumo. Kali ini juga JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal bulan ini bersama im dari BHR DIY. Sore ini merupakan hari pertama terjadinya ijtimak dan ketinggian hilal di Pos Parangkusumo menurut kalkulasi program Starrynight yaitu 0°18' sehingga mustahil hilal bisa dirukyat. Analisis dan prakiraan 1 Syawwal berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI). Lebaran kali ini dipastikan akan terjadi perbedaan di kalangan umat Islam di Indonesia.

Analisis posisi hilal bulan Syawwal 1428 H di Indonesia
..


Sabtu, 13 Oktober 2007

Moon Apogee @ 16:45 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 406.489 km ). [ info ]

.

Selasa, 16 Oktober 2007
Venus - Saturn @ 04:00 WIB

Pagi hari menjelang matahari terbit di Langit Timur dapat disaksikan Venus bersebelahan dengan Saturnus. Venus berqada si sebelah Selatan dengan cahayanya yang cukup terang sementara Saturnus berada sekitar 3° di sebelah Utaranya.

.

Selasa, 16 Oktober 2007

Moon - Antares - Jupiter @ 19:00 WIB
Sore hari setelah matahari terbenam dapat disaksikan di Langit Barat, Bulan dekat-dekat dengan bintang Antares di Rasi Scorpius. Sedangkan di sebelah Utaranya yang terlihat terang adalah planet Jupiter.

.

Jumat, 19 Oktober 2007

First Quarter Moon, 15:33 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.

.

Minggu, 21 Oktober 2007
Orionids Meteor Shower Peak @ 01:00 WIB - Subuh

Malam Minggu dinihari ini sampai sebelum fajar kita dapat menyaksikan puncak Hujan Meteor Orionids (ORI - IMO 27) namun kenampakan meteor ini sebenarnya dapat terlihat mulai tanggal 2 Oktober sampai 7 November nanti. Radiant meteor ini berada di sisi bawah Rasi Orion atau "Waluku". Rasi ini tampak sangat dominan di langit Timur mulai lepas tengah malam. Orionid dapat menampakkan sampai 20 meteor setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 66 km/s. Meteor shower Orionid ini merupakan sisa dari debu Komet 1P/Halley. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah setelah bulan terbenam yaitu pada 01:00 WIB menghindari gangguan cahayanya. Kali ini merupakan saat terbaik untuk pengamatan Orionids cahaya bulan tidak menjadi gangguan karena menjelang tengah malam bulan sudah terbenam. Pengamatan terbaik dapat dilakukan pada malam Minggu.. setelah pukul 22 malam saat rasi orion mulai terbit di Timur. Selamat berburu Orionids... ( Teknik Observasi Meteor )

...

Radiant Orionids Meteor Shower lepas tengah malam

..

Minggu, 24 Oktober 2007

Mercury Inferior Conjunction @ 06:55 WIB (Geosentris)

Hari ini planet Merkurius bera pada pada posisi lurus antara Bumi dan Matahari atau disebut sebagai peristiwa "konjungsi inferior". Peristiwa konjungsi kali ini akan mengawali kembalinya planet Merkurius menjadi planet yang akan nampak pada pagi hari.

.

Jumat, 26 Oktober 2007

Full Moon @ 11:52 WIB (Geosentris)

Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Harvest Moon atau Hunter Moon sementara di India disebut Sharad Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

.

Jumat, 26 Oktober 2007

Moon Perigee @ 18:52 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 356.754 km ). [
info ]

..

Sabtu, 27 Oktober 2007

Moon - Pleiades @ 21:00 WIB

Malam ini Bulan akan terbit di Timur disusul Gugus Pleiades di sebelah bawahnya. Gugus Pleiades atau sering disebut "Bintang Tujuh" merupakan gugusan bintang yang dapat terlihat walau hanya menggunakan mata telanjang. Gugus ini memiliki 7 anggota bintangnya yang paling terang diantaranya Alcyone, Atlas, Maia, Merope dan Elektra.

.Al

Minggu, 28 Oktober 2007

Venus Greatest Elongation West @ 22:00 WIB

Planet Venus pada posisi Elongasi Maksimum di sebelah Barat Matahari. Hari ini jarak sudut elongasi Venus terhadap matahari mencapai maksimum hampir sekitar 46,5°. Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Timur pagi hari sebelum matahari terbit.

...

Selasa, 30 Oktober 2007
Moon - Mars @ 22:00 WIB

Malam ini Bulan yang akan terbit menjelang tengah malam akan berdampingan dengan Mars si Planet merah di Langit Timur. Duet Bulan-Mars ini akan dapat diamati sampai mejelang pagi hari.

.

..

..

RASI BINTANG OKTOBER 2007

.

Beberapa rasi bintang yang menarik dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) di Langit Barat lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah serta planet Jupiter yang terang berada di sebelahnya. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster dan Butterfly Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.

.

Konfigurasi bintang Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle - akan dapat disaksikan di atas kepala agak ke Utara. Lepas tengah malam akan bisa kita saksikan Rasi legendaris Orion atau The Hunter (Sang Pemburu) atau "Waluku" (Jw) dengan bentuknya yang khas serta mudah dikenali juga munculnya bintang paling terang Sirius di Rasi Canis Mayor atau Anjing Besar di Langit Timur . Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal rasi dan bintang-bintang.

..

.. Credit : solarvoyager.com

..

..

..

POSISI.PLANET OKTOBER 2007

.

CLASICAL PLANET.

..

..

Merkurius

Planet Merkurius pada awal bulan ini dapat disaksikan di Langit Barat setelah matahari terbenam. Posisinya semakin turun hingga pada akhir bulan akan mencapai jarak elongasi terdekatnya dengan matahari. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Virgo.

..

..

Venus

Planet Venus kini menjadi planet pagi yang menampakkan diri sebelum matahari terbit. Selama awal bulan ini di langit Timur kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Dan pada 28 Oktober planet ini akan mencapai elongasi maksimumnya. Venus pada awal bulan di Rasi Leo.

..

..

Mars

Planet Mars berada di langit Timur pada tengah malam dan dinihari di Langit Timur berada dekat dengan Rasi Orion. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini masih berada di Rasi Taurus sebelah atas tangan Orion.

..
..
Jupiter

Planet Jupiter masih menjadi planet sore di Langit Barat selepas senja. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sampai akhir bulan nanti planet Jupiter berada di Rasi Ophiuchus bersebelahan dengan Rasi Scorpius dengan bintangnya Antares yang terlihat berwarna merah.

..

..

Saturnus

Planet Saturnus berada di Langit Timur sebelum terbit matahari berada dekat-dekat dengan planet Venus yang terlihat terang. Ia posisinya semakin menaik menjauhi horison Timur saat pagi. Cahayanya yang tidak terlalu terang membuat planet ini sulit dibedakan dengan bintang. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Ups, tapi jangan sampai terlambat sebab menjelang akhir bulan planet ini berkonjungsi dengan matahari. Saturnus pada awal bulan ini masih berada di Rasi Leo.

..

..

Uranus

Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Timur, lepas senja hari.

..

..

Neptunus

Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur selepas senja hari.

.

.

..

..

..

DWARF PLANET


...
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

..

..

Ceres

Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Cetus, Langit Timur lepas tengah malam.

..

..

Pluto

Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, Langit Barat lepas senja hari.

..

..

Eris

Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, langit di atas kepala lepas senja hari.

..

..

Download Event 2007

..
Links Source:

http://space.com

tttp://skymap.com

ttp://astronomy.com

ttp://skytonight.com

...

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Plus Versi 6 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc

..

..

..





4 komentar:

  1. kalau fenomena "halo matahari" minggu lalu kenapa ya Pak Mutoha?

    BalasHapus
  2. "Halo matahari" tu fenomena optik oleh atmosfer.. jadi tidak bisa dihitung kapan terjadinya... mirip2 seperti pelangi itulah... Salam, ♣astoman♣

    BalasHapus
  3. bintang-bintang. . . .
    berikan cahyamu. . . .
    bintang-bintang. . . .
    taburi malam ini. . . .

    hihi, hehe, saya numpang baca saja, om......

    BalasHapus
  4. aku ingin tahu lebih banyak tentang summer triangle..
    tolong hubungi ke gardzla_aiedail@yahoo.com jika punya info lebih banyak...

    BalasHapus