Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 01 Februari 2007

Astro Event Februari 2007

.

Bulan Februari tahun 2007 ini sesuai aturan penanggalan ternyata memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana tidak, kalau bulan-bulan lain memiliki jumlah hari 30 atau 31 maka bulan Februari hanya memiliki 28 hari kalender. Kenunikan ini masih ditambah lagi ada perubahan jumlah hari menjadi 29 pada tahun-tahun berkelipatan 4 atau yang disebut tahun kabisat. Lebih jauh kenapa hal ini bisa terjadi dan apa itu tahun kabisat bisa dibaca di "Tahun Kabisat".
Langit Indonesia kini memang sering dihiasi dengan taburan awan dan hujan, bahkan dibeberapa tempat dilaporkan terjadi banjir akibat curah hujan yang terlalu tinggi. Namun jangan khawatir skymania, tetap kita berharap ada cerah diantara mendung-mendung yang menggantung. Langit justru akan lebih bersih pada kondisi-kondisi seperti itu. Kalender event bulan ini ternyata minim dengan fenomena-fenomena yang boleh dikatakan menarik. Sebab pada bulan ini langit hanya akan menyajikan fenomena fase bulan serta beberapa peristiwa okultasi. komet Mcnaught memang masih menjadi bahan perburuan di negara-negara yang terletak di hemisfer Selatan. Sementara di Indonesia sejak mulai kemunculannya hingga kepergiannya komet ini sangat sulit diamati.
Kalender ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight Pro Versi 6 dan Generator Efemeris Sky View Cafe serta beberapa sumber. Kita berharap langit cerah diantara musim hujan kali ini. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.

.

Jumat, 2 Februari 2007

Bulan Purnama, 20:57WIB (Geosentris)

Bulan purnama kali ini dikenal sebagai Full Snow Moon atau Full Hunger Moon. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap kebumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Bagaimana menurut anda?. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah sekitar pukul 21.00 saat ia tidak posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

..
Jumat, 2 Februari 2007

Bulan di sebelah Saturnus, mulai 19:00 WIB

Saat bulan purnama kali ini secara kebetulan bulan ditemani oleh Planet Saturnus yang berada disebelah Selatannya pada jarak sekitar 2°. Mungkin pemandangan seperti ini akan lebih menarik kalo disaksikan lewat teleskop, walaupun cahaya bulan cukup terang namun melihat planet saturnus tidaklah menjadi masalah. Di belahan Asia bagian Utara justru terjadi peristiwa okultasi (tertutup) Saturnus oleh Bulan.

.

Rabu, 7 Februari 2007

Merkurius Greatest Eastern Elongation, 22:38 WIB (Geosentris)

Malam ini Planet Merkurius tepat berada pada titik terjauh di arah Timur dari matahari jika dilihat dari Bumi. Jarak sudut angular Merkurius terhadap matahari kali ini sebesar 18° 14'. Saat paling bagus mengamati planet ini pada sore harinya di langit Barat usai matahari terbenam.

..

Rabu, 7 Februari 2007
Bulan @ Apogee, 10:38 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404,987 km sudut angular 29' 38" ).

..

Kamis, 8 Februari 2007

Neptunus konjungsi Superior, 23:00 WIB (Geosentris)

Neptunus berada pada posisi tepat di belakang matahari.

..
Sabtu, 10 Februari 2007

Bulan Kwartal Akhir, 16:52 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Timur, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
..

Minggu, 11 Februari 2007

Saturnus fase Oposisi, 01:42 WIB (Geosentris)

Malam Minggu ini setelah tengah malam fase kenampakan Satrunus mencapai maksimum. bagi para pemburu planet dapat memanfaatkan waktu akhir pekan ini untuk sekedar melihat indahnya planet bercincin ini. Gunakan binokuler atau teleskop agar juga dapat mengamati cincin planet serta bulan-bulanya seperti Titan yang merupakan bulan terbesar di planet ini bahkan di sistem tata surya yang kita tempati. Gunakan juga peta bintang untuk mengetahui posisi planet ini di langit.
..

Sabtu, 17 Februari 2007

Bulan Baru, 23:16 WIB (Geosentris)

Bulan Baru (New Moon) kali ini merupakan akhir bulan Muharram 1428 H sekaligus mengawali bulan Shafar 1428 H. Bulan baru kali ini merupakan awal lunasi ke 1041.

..

Sabtu, 17 Februari 2007

Rukyatul Hilal Shafar 1428 Hijriyah, @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Shafar 1428 Hijriyah. Seperti biasanya JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal bulan Shafar 1428 H ini. Kali ini kegiatan rukyat akan dipusatkan di lantai 2 Stadion UNY Jl. Kolombo. Data astronomis di Pos Observasi menunjukkan bahwa ijtimak/konjungsi bulan-matahari terjadi pada Sabtu, 11 Februari 2007 pada pukul 23:16 WIB. Tinggi bulan saat matahari terbenam sore harinya (18:02 WIB) masih menunjukkan angka minus yaitu -3°33' di arah kiri-bawah matahari. Oleh sebab itu JAC akan melaksanakan rukyatul hilal pada hari Minggu, 18 Februari 2007 dimana ketinggian hilal saat itu 7° 52' di arah kanan-atas matahari. Bagi masyarakat yang berminat dapat langsung hadir di lokasi.

..

Senin, 19 Februari 2007

Bulan @ Perigee, 16:35 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 361.439 km dengan diameter angular 33' 27" )

..

Senin, 19 Februari 2007
Bulan di bawah Venus, 19:00 WIB

Sore ini kita akan saksikan Bulan di Langit Barat berada posisinya di bawah Planet Venus, planet yang dikenal sebagai "Bintang Kejora" hanya dalam jarak 2° dibawahnya.

..

Sabtu, 24 Februari 2007

Bulan Kwartal Awal, 14:56WIB (Geosentris)

Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbitpun bulan sudah terlihat menggantung di atas langit.

.

NANTIKAN GERHANA BULAN TOTAL 4 MARET 2007 PAGI LEPAS SUBUH....

.




Rasi Bintang Februari 2007

.

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Februari ini diantaranya adalah munculnya Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit atas kepala lepas senja dengan bintangnya Betelgeuse yang berwarna merah dan Rigel. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berada pada jarak 8,6 tahun cahaya. Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau Milkyway yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades atau sering disebut Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang ini mirip asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut. Pollux dan Castor juga nampak di Rasi Gemini. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang. [ DOWNLOAD PROGRAM PETA BINTANG ]

.

.

.
Posisi Planet Februari 2007

.

Clasical Planet

.

Merkurius (Elongasi Maksimum)

Merkurius kini dapat disaksikan pada sore hari mulai awal bulan di Langit Barat setelah matahari terbenam. Pada pertengahan bulan posisinya mulai naik kembali menjadi planet sore, planet ini mulai dapat diamati pada sore hari di Langit barat setelah matahari terbenam dan berada pada elongasi terjauh pada 7 Februari. Merkurius kini berada di Rasi Aquarius..

.

Venus

Venus menjadi planet sore yang menampakkan diri setelah matahari terbenam. Mulai awal bulan di langit Barat kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Ketinggian planet ini ini saat matahari terbenam sekitar 20° dari horison. Venus sedang berada di Rasi Aquarius dan posisinya semakin naik setiap sore.

.

Mars

Bulan ini Mars berada di langit Timur saat pagi hari dan berangsur-angsur menjauhi posisi matahari. Mulai awal bulan planet mulai dapat dilihat pada pagi hari di langit timur sebelum matahari terbit. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa, Mars mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Sagitarius.

.

Jupiter

Jupiter masih merjadi planet pagi di Langit Timur sebelum matahari terbit. Planet ini semakin menjauh elongasinya terhadap matahari sehingga mulai awal Februari ini mudah diamati. Sampai akhir bulan nanti planet ini berada di Rasi Ophiuchus.

.

Saturnus (Oposisi!!)

Bulan ini Saturnus berada pada posisi di arah Timur mulai lepas petang hari. Sekitar pukul 20 malam planet ini terlihat di Timur dengan cahayanya yang cukup terang. Saturnus terus naik posisinya sehingga lebih mudah diamati bahkan pada 11 Februari 2007 planet ini mengalami fase purnama (oposisi) sehingga cahayanya paling cerah malam itu. Amat mudah sebenarnya membedakan cahaya planet dan cahaya bintang. Coba cari Saturnus dengan melihat cahayanya. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Bulan ini Saturnus sedang berada di Rasi Leo. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya.

.

Uranus

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

Neptunus

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.
.

Dwarf Planet

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

.

Ceres

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

Pluto

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, sekitar posisi matahari.

.

ERIS ( nama baru untuk XENA-2003UB313 )

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, posisi di atas kapala setelah matahari terbenam.
.

.

.

Download Event 2007

.

Links Sourche:

http://space.com

http://skymap.com

http://astronomy.com

.

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Plus Versi 6 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc




1 komentar:

  1. Dear Mas/Mbak. Link ke kalender Februari 2007 nya koq missing ya? Trims. Clear Sky Dark Sky.

    BalasHapus