Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 01 Oktober 2006

Astro Event Oktober 2006

Memanfaatkan waktu malam saat datangnya Ramadhan merupakan keasyikan tersendiri. Memandang langit malam di bulan-bulan saat cuaca cerah tentunya tentunya akan menghadirkan nuansa tersendiri terutama kekaguman akan kebesaran Khalik pencipta alam semesta. Nah memasuki bulan Oktober 2006 ini nampaknya even astronomi kita agak lesu dan hanya akan hadir even-even biasa seperti fase bulan dan beberapa peristiwa konjungsi, meteor shower dan kedekatan posisi bulan dengan obyek langit lain yang dikenal dengan istilah moon closest. Kalender even berikut disusun berdasarkan almanak astronomi terbitan NASA yang disusun oleh Fred Espenak serta generator ephemeris dari program Planetarium Starrynight.


Rabu, 4 Oktober 2006
Bulan di sebelah Uranus, 12:00 WIB
Fenomena ini hanya mungkin diamati menggunakan teleskop karena magnitude Uranus yang hanya +5,7. Okultasi hanya dapat diamati di belahan bumi Utara.

Jumat, 6 Oktober 2006
Bulan Perigee, 21:00 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 357.410 km dengan lebar angular 33.4' )

Sabtu, 7 Oktober 2006
Bulan Purnama, 10:14 WIB (Geosentris)

Terbit : 17:45 WIB ♣ Transit: 23:51 WIB ♣ Terbenam: 05:58 WIB
Bulan purnama kali ini disebut "Harvest Moon" karena paling dekat dengan peristiwa Ekuinox. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan secara keseluruhan. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting atau mirip gambar kelinci. Bagaimana menurut anda? Cobak keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah sekitar pukul 21.00 saat ia tidak terlalu tinggi untuk dipandang.

The Harvest Moon of 2005. Photo credit: Sr. Fins Eirexas Spanyol

Selasa, 10 Oktober 2006
Bulan di sebelah Pleiades, 23:00 WIB

Malam ini bulan berada di atas gugus Pleiades atau sering disebut "Kemukus" di langit Timur pada menjelang tengah malam.

Sabtu, 14 Oktober 2006
Bulan Kwartal Akhir, 07:26 WIB (Geosentris)

Terbit : 23:40 WIB ♣ Transit: 05:37 WIB ♣ Terbenam: 11:33 WIB
Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Timur, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung di langit.

Selasa, 17 Oktober 2006
Bulan di sebelah Saturnus, 03:00 WIB

Pagi ini kita dapat menyaksikan Bulan sabit tua yang berada di bawah posisi Saturnus, tepatnya di langit Timur sebelum Subuh. Ia akan nampak sampai langit terang di ufuk Timur menjelang.

Selasa, 17 Oktober 2006
Merkurius Elongasi Maksimum, 11:00 WIB (Geosentris)

Hari ini Merkurius berada pada sudut terjauh dengan matahari sebesar 24° 49" waktu terbaik untuk mengamatai planet ini.

Kamis, 19 Oktober 2006
Bulan Apogee, 17:00 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 406,074 km sudut angular 29.4' ).

Jumat, 20 Oktober 2006
Cahaya Zodiak, 03:00 WIB

Cahaya Zodiak akan mulai tampak pagi ini di langit Timur sebelum Subuh. ia akan nampak untuk selama 2 minggu ke depan setiap pagi. Coba saksikan..!

Sabtu, 21 Oktober 2006
Puncak Meteor Shower "Orionid" (Jangan Lewatkan...!)

Mulai tengah malam sampai sebelum fajar kita dapat menyaksikan puncak Hujan Meteor Orionid (ORI - IMO27) namun beberapa meteor dapat terlihat mulai tanggal 15 - 29 Oktober. Radiant meteor ini berada di arah Timur-Laut Rasi Orion atau "Waluku". Rasi ini tampak sangat dominan di langit Timur mulai lepas tengah malam. Orionid dapat menampakkan sampai 20 meteor setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 66 km/s. Meteor shower Orionid ini merupakan sisa dari debu Komet 1P/Halley. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah setelah bulan terbenam yaitu pada 01:00 WIB menghindari gangguan cahayanya. Kali ini merupakan saat terbaik untuk pengamatan Orionid. Pengamatan dapat dilakukan antara 20-22 Oktober 2006 Yaa.. pas malam lebaran.. Selamat berburu Orionid.. ( Teknik Observasi Meteor )

Sabtu, 21 Oktober 2006 ( Club Event )
Hunting Meteor Orionid, @ midnight

JAC berencana mengdakan kegiatan Hunting Meteor Orionid bertempat di sekitar kawasan Stadion Sleman Maguwoharjo. Berdasarkan survey tempat ini cukup ideal untuk pengamatan dan polusi cahaya relatif kecil. Kegiatan akan dimulai pukul 22.00 WIB dan akan berakhir pukul 03:00 WIB. Bagi para peminat dapat langsung datang di lokasi dengan membawa perlengkapan pribadi.

Minggu, 22 Oktober 2006
Bulan Baru, 12:15 WIB (Geosentris)

Bulan Baru (New Moon) kali ini merupakan akhir bulan Ramadhan 1427 H sekaligus mengawali bulan Syawwal 1427 H. Bulan baru kali ini merupakan awal lunasi ke 1037.

Minggu, 22 Oktober 2006
Rukyatul Hilal Syawwal 1427 Hijriyah, @ sunset

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Syawwal 1427 Hijriyah. Pada hari ini Badan Hisab dan Rukyat (BHR) selutuh Indonesia melakukan kegiatan Rukyat Hilal untuk menentukan 1 Syawwal 1427 H yang akan disahkan melalui Sidang Itsbat pada malam harinya. Tinggi hilal di beberapa tempat khususnya wilayah Indonesia Timur menurut perhitungan astronomis masih di bawah horison saat matahari terbenam, namun di sebagian besar wilayah Indonesia bagian Barat posisi hilal sudah di atas horison saat matahari terbenam. berdasarkan kondisi tersebut nampaknya akan terjadi hari raya kembar pada tahun ini. Di Yogyakarta pelaksanaan rukyatul hilal mengambil tempat di Pantai Parangkusumo dan diikuti oleh utusan dari berbagai ormas dan elemen masyarakat.
" Selamat Hari Raya Idul Fitri 1427 H - Mohon Maaf Lahir & Batin "

Senin, 23 Oktober 2006
Mars Konjungsi, 13:00 WIB

Hari ini planet Mars menempatkan posisinya tepat di belakang matahari

Selasa, 24 Oktober 2006
Bulan di sebelah Merkurius dan Jupiter, 18:00 WIB

Sore ini ada pemandangan menarik jika kebetulan langit cerah yakni berkumpulnya tiga obyek langit bulan, Merkurius dan Jupiter di langit Barat setelah matahari terbenam. Jika berkesempatan cukup bagus untuk diabadikan dengan kamera baik digital maupun kamea manual dengan pencahayaan malam.

Rabu, 25 Oktober 2006
Bulan di sebelah Antares, 18:00 WIB

Sore ini kita akan melihat bulan sabit hari ke-3 sedang berada sangat dekat dengan bintang Antares di Rasi Scorpio. Jarak keduanya hanya berkisar 2° dan terlihat di langit sebelah Barat setelah matahari terbenam. Okultasi Antares dapat disaksikan di sekitar perairan sebelah Selatan Samudra Hindia dan Antartika.

Sabtu, 28 Oktober 2006
Venus Konjungsi Superior, 00:00 WIB

Hari ini Venus sedang berada melintas di belakang matahari sekaligus menjadi awal planet ini menjadi planet yang menampakkan pada sore hari.

Senin, 30 Oktober 2006
Bulan Kwartal Awal, 04:27 WIB (Geosentris)

Terbit : 11:49 WIB ♣ Transit: 18:15 WIB ♣ Terbenam: 00:38 WIB
Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbitpun bulan sudah terlihat menggantung di atas langit.


Posisi Planet Oktober 2006

Clasical Planet

Merkurius

Selama bulan Oktober 2006 Planet ini mulai beranjak naik di langit Barat pada sore hari selepas sunset. Merkurius kini berada di Rasi Virgo.

Venus

Venus masih menjadi planet yang menampakkan pada pagi hari selama beberapa hari di awal bulan Oktober setelah itu ia berkonjungsi di belakang matahari dan akan memulai menjadi planet yang menampakkan pada sore hari. Venus sedang berada di Rasi Virgo.

Mars

Bulan ini Mars semakin turun saja posisinya di langit Barat saat sore sehingga hampir mustahil dapat mengamati Mars disebabkan ketinggiannya yang yang terlalu dekat dengan Matahari Terbenam. Bahkan bulan ini planet Mars mengalami konjungsi yaitu melintas tepat di belakang matahari. Mars kini sedang berada di Rasi Virgo.

Jupiter

Selama bulan Oktober 2006 Jupiter adalah planet yang selalu terlihat setiap malam dengan cahayanya yang cukup cemerlang. Jupiter menjadi benda langit paling terang selama bulan ini setelah Bulan. Ia berada di langit sebelah Barat dan terus posisinya semakin turun saat menjelang malam. Di akhir bulan, planet ini terbenam sekitar pukul 19.00 WIB. Jupiter berada di Rasi Libra.

Saturnus

Bulan ini Saturnus sedang pada posisi di arah Timur pagi hari menjelang matahari terbit. Planet ini terus naik posisinya sehingga lebih mudah diamati. Kini Saturnus sedang berada di Rasi Leo.

Uranus

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius.

Neptunus

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus.



Dwarf Planet

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

Ceres

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Piscis Austrinus sebelah selatan Capricornus.

Pluto

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius.

ERIS ( nama baru untuk XENA-2003UB313 )

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus.

Download Event 2006 versi PDF

Links Sourche:
http://space.com
http://skymap.com
http://astronomy.com

Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Versi 5.8.2 from
Imaginova Corp.
Sky View Cafe from Aladdin Systems, Inc

3 komentar:

  1. Denger2 akhir oktober & awal november ini ada penampakan komet "swan". Kenapa ga masuk di astro even? apa ga bisa di lihat di indonesia?

    BalasHapus
  2. nurul suhada bt ismail8/11/10 17:00

    saya sangat teringin ke angkasa lepas,tapi adahkah impian itu akan tercapai?saya berkata seperti itu adalah kerana saya tidak pernah mendengar bahawa wanita juga boleh kesana.saya juga masih berusia 12 tahun.saya mempunyai banyak cita2.

    BalasHapus
  3. adakah info tentang astronomi untuk bulain ini atau bulan depan???

    BalasHapus