Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 11 Agustus 2024

Hujan Meteor Perseids 2024

 



Senin malam, 12/13 Agustus 2024 menjelang tengah malam hingga Subuh langit akan disuguhi tontonan spektakuler yaitu fenomena hujan meteor. Hujan meteor yang dikenal dengan nama Perseids ini akan turut menyemarakkan HUT RI ke-79 tahun ini. Menurut International Meteor Organization (IMO) puncak Perseids tahun ini akan terjadi pada Senin malam Selasa, 12 Agustus 2024 sekitar pukul 13.00-16.00 UT atau 20.00-23.00 WIB.

Fenomena meteor shower atau hujan meteor adalah kenampakan meteor paling banyak yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Dinamakan Perseids karena pusat radian atau melesatnya meteor ini seolah berasal dari Rasi Perseus.

Perseids merupakan salah satu fenomena hujan meteor terbesar setiap tahunnya. Asal meteor shower Perseids disebabkan oleh sisa-sisa debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang pertama kali teramati pada tahun 1862. Swift-Tuttle begitu legendaris karena pada 14 Agustus 2126 diramalkan bakal berbenturan dengan Bumi. Perseids dapat menampakkan 80 hingga 100 meteor setiap jam saat malam puncaknya. Kecepatannya yang tinggi bisa mencapai 60 km/detik menjadikan meteor ini terlihat melesat lebih cepat dibanding meteor shower lainnya. Meteor shower ini juga dikenal sering menghasilkan goresan cahaya yang panjang terutama jika ia berada cukup jauh dari radian. 
Menonton pertunjukan meteor shower tidaklah berbahaya karena meteor-meteor yang jatuh kebanyakan hanya serpihan yang ukuran hanya sebesar pasir dan kerikil saja dan kalalah ada yang lebih besar kebanyakan sudah habis sebelum menyentuh tanah karena gesekan atmosfer.
Pandangalah ke semua penjuru langit karena meteor dapat terlihat dimana saja, terutama di arah area langit Utara dan Timur. Radian meteor yaitu Rasi Perseus terbit di arah Timur Laut sekitar pukul 23.00. Beruntung saat itu cahaya bulan tidak mengganggu kenampakan Perseids dikarenakan sudah terbenam sehingga menjadikan langit lebih gelap dan akan terlihat lebih banyak meteor. 
Malam itu kita juga dapat menyaksikan Planet Saturnus, Rasi Scorpius di langit Barat serta Planet Mars dan Jupiter ditemani Rasi Orion yang menawan di Langit Timur menjelang Subuh. Menyaksikan Perseids kali ini idealnya mulai pukul 21.00 malam hingga pagi sebelum fajar menyingsing. Segera bergabunglah dengan perkumpulan astronomi di kota anda untuk melakukan pengamatan bersama, ajak teman dan saudara cari tempat yang lapang dan gulita, pakaian hangat, berbaringlah rileks, minuman dan cemilan, dan nikmatilah pertunjukannya. Jangan lupa anda catat jumlah, warna dan arahmeteor yang dapat anda saksikan malam itu selama pengamatan. Happy watching dark and clearsky for you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar