Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 29 Agustus 2010

Kembalinya Mars Hoax di Tahun 2010

Hampir setiap bulan Agustus seperti ini ada 'tradisi aneh' yang selalu saya alami terkait urusan dengan si Planet Merah Mars! Entah mengapa "Hoax Mars Sebesar Bulan Purnama" masih bertahan semenjak pertama kemunculannya pada tahun 2003 lalu hingga kini tahun 2010! Ya, tahun ini genap 7 tahun sudah ulang tahun "MARS HOAX" atau BERITA BOHONG TENTANG MARS yang tersebar baik lewat email2 di milis2 di forum2 bahkan HP juga kebanjiran sms berisi pesan tersebut   (saat saya tulis ini sudah uluhan email dan sms "MARS HOAX" masuk ke inbox saya ).
 Begini salah satu bunyinya ..

Buat Pak Toha udah tahu belon ya??" .... Bulan ini Planet Mars akan menjadi bintang yang paling terang mulai Agustus. Besarnya akan terlihat sebesar bulan purnama. Puncak terangnya planet ini adalah tanggal 27 Agustus 2010 ketika Mars mendekat dengan jarak sekitar 34.65 M mil dari bumi. Pastikan anda memandang ke langit pada 27 Agustus jam 00:30 pagi (Sabtu setelah tengah malam). Akan terlihat seolah bumi memiliki 2 bulan. Saat berikutnya Mars akan begitu dekat dengan bumi pada tahun 2287. Sebarkan kabar ini kepada kawan-kawan anda karena TAK ADA SEORANGPUN DARI YANG HIDUP SAAT INI akan menyaksikannya lagi ....

Ada lagi versi lainnya..

Halllllllooooooooooooooo.....untuk penggemar ASTO CLUB & fans---

Muhammad Noor wrote: Malam hari dengan 2 buah bulan. Jangan sampai terlewatkan kesempatan langka yang hanya terjadi dalam 2,280 tahun sekali saja!!! Seluruh dunia penantikan planet Bumi kita mempunyi buah bulan pada 27 Agustus 2007 nanti. Planet Mars akan terlihat sangat terang di langit mulai awal Agustus. Planet Mars akan terlihat sebesar bulan planet Bumi kita dengan mata telanjang saja Dan puncaknya akan terlihat seperti bulan purnama (full moon) pada tanggal 27 Agustus jam 00.30 malam senin pagi dini hari, saat jarak Mars dengan Bumi kita hanya sekitar 34.65 M miles. Jangan sampai terlewatkan untuk 'menatap' langit yang akan seperti memiliki 2 buah bulan, karena jarak terdekat seperti itu hanya akan terjadi lagi di tahun 2287 yang akan datang. Share this with your friends as NO ONE ALIVE TODAY will ever see it again.
 
Presepsi tentang Mars purnama yang salah!

So, tak ada satupun kalimat di atas yang mengandung kebenaran... semuanya hanya berita bohong.. alias HOAX.. Apalagi disana dikatakan 27 Agustus itu malam Senin pagi. Bukannya 27 Agustus 2010 itu hari Jumat??. Berita tsb sebenarnya berita untuk tahun 2003 yl. pun terlalu berlebihan memberitakannya..! Biasa, wartawan kadang senang membuat sensasi atau mungkin tidak faham maksudnya. Akibatnya Observatorium Bosscha dan Planetarium Jakarta waktu itu cukup kewalahan melayani masyarakat akibat pemberitaan tsb. Saat itu memang Planet Mars sedang beroposisi sehingga menyebabkan wajah Mars 'purnama' dan secara kebetulan saat itu pula Mars berada pada jarak terdekat dg Bumi selama berputar pada orbitnya sehingga Mars terlihat lebih besar daripada biasanya.


Oposisi Mars berlangsung 2 tahun sekali.

Kenyataannya lebar sudut planet Mars yang terlihat dari Bumi hanya 25 detikbusur (0,007°) bandingkan dengan bulan yang sekitar 30 menitbusur (0,5°) sehingga walau dilihat menggunakan teleskop sekalipun Mars hanya terlihat berupa bulatan kecil berwarna merah. Periode oposisi planet Mars berlangsung selama lk. 2 tahun. Setelah Agustus 2003 dan November 2005 yl. oposisi Mars terjadi pada Desember 2007, Januari 2010, Maret 2012 dst.... begitu menurut perhitungan astronomi modern.

Bulan Agustus ini justru planet Mars sudah sangat sulit dilihat karena ia kini berada di langit barat dalam posisi rendah setelah Matahari terbenam. Namun demikian dengan mata telanjang kita masih dapat melihatnya. Amatilah langit Barat dan kita akan melihat cahaya terang planet Venus, nah di dekat Venus ada cahaya kemerahan itulah Mars. Karena ciri khas planet ini adalah warnanya yang merah. Pada saat terjadi oposisi adalah saat paling baik untuk mengamati Mars dikarenakan seluruh muka yg menghadap ke Bumi mendapatkan cahaya Matahari.

Source link :
http://www.skyandtelescope.com/news/home/3523496.html
http://www.marssociety.org/portal/mars-news-from-the-san-diego-chapter/TMSSD_News_29483

7 komentar:

  1. Untung saja saya tidak tertipu :)
    Btw silahkan mampir ke http://www.kalenderastronomi.co.cc

    BalasHapus
  2. wah kok kayaknya malah mengerikan ya kalo beneran mars gedenya se-bulan.. hohoho~~~

    BalasHapus
  3. Makasih artikelnya sangat bagus dan bermanfaat menambah pengetahuan. Salam.

    BalasHapus
  4. info bagus... sangat bermanfaat!!

    BalasHapus
  5. Info Menarik
    Aceh Utara astro club
    http://usmanblangjruen.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Wah, trim's atas infonya. Boleh tanya, nggak? Pada periode oposisi Mars Maret 2012, tepatnya tanggal berapa, dan pada posisi langit sebelah mana bisa dilihat. Haruskah memakai alat bantu?

    BalasHapus
  7. Cara Ampuh Sembuhkan Wasir ? Segera Hubungi Kami Dan Pesan Obatnya Sekarang Juga di Fast Respond : 087705015423 PIN : 207C6F18.

    BalasHapus