Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Selasa, 20 April 2010

Lyrids Meteor Shower 2010

Radiant atau pusat kemunculan meteor Lyrids di Arah Timur-Laut
.
Menyaksikan meteor pada malam-malam biasa adalah hal yang luar biasa sebab jarang sekali secara kebetulan kita dapat melihatnya. Namun pada malam Jumat nanti (22/04) kita akan dengan mudah menyaksikan jatuhnya meteor tentunya saat kondisi langit cerah karena malam itu adalah malam puncak hujan meteor Lyrids.
.
Setiap tahun selama pertengahan bulan April Bumi dalam pelayarannya mengarungi angkasa mengorbit Matahari akan melewati sebuah tempat dimana terdapat berserakan debu bekas reruntuhan ekor Komet Thatcher yang pernah melintas di tempat ini. Akibatnya debu-debu yang kebanyakan seukuran pasir hingga kerikil tersebut tertarik gravitasi Bumi jatuh melesat dengan kecepatan yang sangat fantastik 49 km/detik sehingga terbakar di atmosfer meninggalkan goresan cahaya di langit. Fenomena ini kita kenal sebagai hujan meteor atau meteor shower.
.
Lyrids julukan untuk fenomena meteor shower tersebut dikarenakan ia muncul seolah dari kawasan Rasi Lyra. Tahun ini, khususnya di kawasan Indonesia seperti yang telah diprediksi oleh Organisasi Meteor Internasional (IMO) puncak hujan meteor Lyrids diperkirakan akan terjadi pada Kamis malam (22/04) sampai Jumat pagi sebelum Subuh. Sementara kenampakannya sendiri sudah terjadi sejak 16 April lalu hingga 25 April yang akan datang. Waktu terbaik untuk melakukan observasi adalah menjelang tengah malam hingga menjelang Subuh dengan posisi pengamatan di langit Timur agak sedikit ke Utara.
.
Usahakan suasana rileks saat observasi meteor
.
Sejumlah meteor yaitu antara 5 sampai 20 goresan cahaya di langit setiap jam diperkirakan akan nampak. Pengamat di daerah pinggiran kota yang suasananya masih gelap akan bisa menyaksikan lebih banyak meteor dibandingkan pengamatan di daerah perkotaan yang terpolusi cahaya. Vega, bintang paling terang di Rasi Lyra dapat dipergunakan sebagai panduan mengetahui arah radian meteor ini. Rasi Lyra terbit di arah Timur Laut lepas tengah malam. Lyrids tahun ini cukup bagus untuk diamati dikarenakan tidak ada cahaya bulan yang mengganggu saat pengamatan sebab Bulan akan terbenam menjelang tengah malam. Kekhawatiran justru adalah faktor cuaca sebab bulan April ini biasanya hujan masih rajin mengguyur di beberapa wilayah Indonesia. Tapi mudah-mudahan saat observasi nanti cuaca cukup cerah.
.
Walaupun perkiraan tahun ini shower hanya menghasilkan tidak lebih 20 meteor setiap jam saat puncaknya namun tidak bisa dipastikan. Ada kalanya saat Bumi melewati sekumpulan debu yang cukup rapat maka jumlah tersebut dapat meningkat. Sebagai contoh misalnya saat Lyrids shower tahun 1982 kenampakan meteor mencapai 90 meteor setiap jamnya.
.
Lalu bagaimana kenampakan Lyrids tahun ini? apakah cuma 10? 20? 30? atau bahkan "badai meteor?" Jawabannya hanya satu : pergi keluar dan ikut menyaksikan sekaligus menjadi saksi fenomena yang langka ini. Tapi jangan lupa ; cari tempat yang gelap dan lapang, pake baju hangat, alas tidur, lotion anti nyamuk, senter, camilan dan minuman, musik kalau perlu, jangan lupa juga bawa teman dan jangan sampai tertidur. Bagaimana kalau mendung tebal apalagi hujan ya jangan nekad melihat, sebab gak bakalan keliatan itu meteor.
.
Namun demikian, walaupun langit cerah ternyata meteornya gak juga mau muncul ya gak usah panik. Kita bisa lihat pemandangan langit malam berupa bintang-bintang dan rasi misalnya yang terlihat terang malam itu adalah Vega, Deneb, Altair yang sering diseburt sebagai "segitiga musim panas" atau Rasi Crux yang membentuk layang-layang dan Rasi Centaurus dengan bintangnya yang paling terang Alfa Centauri akan terlihat di Langit Selatan. Untuk itu jangan lupa juga bawa peta bintang lengkap dengan senter merahnya.
.

Berburu meteor makin ramai peserta makin asyik dan seru
.
Nah bagai teman2 'astromania' yang berniat ikut Observasi Bersama Lyrids Meteor Shower khusunya yg berada di sekitar wil Jogja, observasi insya Allah akan diselengarakan di Pantai Parangkusumo malam Jumat 22 April 2010. Kumpul di Markas JAC jam 22 mlm. Bawa perlegkapan dan kendaraan sendiri2. Acara se waktu2 bisa berubah tgt cuaca. (CP. Mutoha 08122743082)
.
Selamat berburu meteor.

5 komentar:

  1. Wah bagusss nih boleh ikutan?? kalok boleh tauk nih bayarnya brapa?

    BalasHapus
  2. free of charge mas... bawa bekal sendiri2

    BalasHapus
  3. smoga nggak mendung!!! :(

    BalasHapus
  4. Seru ekspidisinya ya mas.
    Blognya ngedukung bgt sama temanya. Nice mas

    BalasHapus
  5. Obat Ambeien De Nature ? Segera Hubungi Kami Dan Pesan Obatnya Sekarang Juga di Fast Respond : 087705015423 PIN : 207C6F18.

    BalasHapus