Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Rabu, 06 Januari 2010

Gerhana Matahari Cincin (GMC) 15 Januari 2010

Gerhana MAtahari Cincin (GMC)
.
Pak apakah benar tanggal 15 Januari 2010 bakal terjadi Gerhana?
Ya betul, jangan lupa, beri lingkaran merah pada kalender 2010 anda tepat pada angka 15 di bulan Januari. Ada apa? Ya karena tanggal itu bakal terjadi peristiwa astronomis yang menurut hitungangan para pakar astronomi adalah terjadinya Gerhana Matahari Cincin (GMC).
Apa itu GMC?
GMC adalah peristiwa gerhana Matahari yang ditandai dengan tertutupnya wajah Matahari oleh Bulan namun karena cakram Bulan terlihat lebih kecil dari cakram Matahari yang terlihat saat itu sehingga saat maksimum bentuk Matahari menyerupai cincin alias bolong di tengahnya. Gerhana seperti ini dalam bahasa astronominya disebut Annular Solar Eclipse.
Apa bedanya dengan gerhan Bulan?
Oya jelas beda. Gerhana Bulan khan malam hari sementara gerhana Matahari pada siang hari. Tapi bukan itu, karena keduanya memang peristiwa yang berbeda. Kenampakan gerhana Matahari jelas berbeda dengan gerhana Bulan yang dapat terlihat secara bersamaan oleh pengamat di permukaan Bumi dengan bentuk yang sama. Akan tetapi pada gerhana Matahari terjadi beda waktu peristiwa antara satu tempat dengan tempat lainnya juga dengan bentuknya atau luas piringan yang tertutup. Ada yang dapat melihat sebagai bentuk cincin sempurna dengan ketebalan cincin yang sama persis dan ada pula yang hanya melihat bentuk cincin tipis di samping, bahkan ada pula tempat yang hanya melihat sebagai gerhana sebagian, atau bahkan lagi tempat tertentu sama sekali tidak mengalami gerhana.
.
Peta Gerhana Matahari Cincin 15 Januari 2010 [ BUKA ]
.
Bagaimana dengan GMC 15 Januari 2010 yad?
Gerhana Matahari Cincin pada Jumat 15 Januar1 2010 yad, hanya terlihat oleh pengamat dalam lebar jalur cincin sekitar 300 km yang melintasi hampir separoh belahan Bumi. Awal gerhana dimulai sekitar pukul 04.06 UT di daerah Afrika dan melalui Chad, Republik Afrika Tengah, Republik Demokrasi Kongo, Uganda, Kenya, dan Somalia. Setelah meninggalkan Afrika, bayangan berjalan melintasi Samudera Hindia yang merupakan lokasi pusat gerhana dengan durasi cincin mencapai sekitar 11 menit. Gerhana berlanjut ke Asia melalui Bangladesh, India, Burma (Myanmar), dan Cina. Sementara lokasi-lokasi lain seperti Eropa Timur, sebagian besar Afrika, Asia, dan Indonesia hanya melihat sebagai gerhana sebagian bukan gerhana cincin. Daerah paling pinggir yang masih dapat menyaksikan gerhana sebagian berjarak sekitar 3600 km dari pusat gerhana.
.
Bentuk gerhana seperti terlihat di Indonesia
.
Apakah gerhana dapat disaksikan di seluruh Indonesia?
Tidak, tidak semua lokasi di Indonesia dapat menyaksikan gerhana walaupun hanya terlihat sebagian. Di Indonesia daerah yang mengalami gerhana paling besar adalah Aceh dengan penutupan (obscuraction) mencapai 40% semakin ke arah Tenggara tingkat penutupan semakin kecil, bahkan mulai dari Surabaya ke Timur termasuk P. Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi bagian Selatan, Maluku dan Irian tidak dapat menyaksikan gerhana ini. Dari tempat-tempat yang memungkinkan dapat melihat gerhana sebagian ini, posisi piringan Matahari yang tertutup adalah piringan sebelah Utara agak ke samping bawah dikit.
Kota-kota mana yang dapat menyaksikan gerhana?
Kota-kota di Indonesia yang memungkinkan dapat menyaksikan gerhana diantaranya: Seluruh kota di Sumatera, selutuh kota di Kalimantan, seluruh kota di Jawa kecuali Madiun-Surabaya ke Timur dan sebagian Sulawesi bagian Utara.
Jam berapa gerhana dapat dilihat di masing-masing kota?
Seperti dijelaskan di atas, proses terjadinya gerhana berbeda untuk masing-masing kota. Demikian juga presentase Matahari yang tertutup tidak sama. Untuk mengetahui jam berapa mulai sampai berakhirnya gerhana di masing-masing kota silahkan buka link berikut:
Peta-Gerhana RHI
atau di sini:
Eclipse_Finder
Situs NASA juga bagus untuk dikunjungi Situs Gerhana NASA
.
Cara aman menyaksikan gerhana dengan teleskop tanpa filter Matahari
.
Apakah gerhana ini dapat dilihat langsung menggunakan mata telanjang?

TIDAK!! itu SANGAT BERBAHAYA DAN DAPAT MENIMBULKAN KEBUTAAN PERMANEN, awas hati-hati Gerhana Matahari baik itu gerhana cincin, sebagian ataupun total tidak boleh disaksikan dengan mata langsung!! kecuali pada saat gerhana total sedang berlangsung yaitu saat seluruh piringan Matahari tertutup oleh piringan Bulan saat gerhana Matahari Total, pun itu hanya terjadi selama beberapa menit saja. Namun pada gerhana kali ini kita harus menggunakan peralatan penapis cahaya atau filter khusus untuk dapat melihat peristiwa gerhana.
Bagaimana cara aman dapat menyaksikan gerhana Matahari?
Berbeda dengan gerhana Bulan yang dapat disaksikan langsung menggunakan mata telanjang, maka untuk menyaksikan gerhana Matahari harus menggunakan beberapa teknik yang aman diantaranya:
1. Mata dengan penapis cahaya (filter): pasang filter di depan mata sehingga cahaya Matahari terblokir sehingga bulatan piringan dapat terlihat. Filter yang direkomendasikan adalah filter khusus Matahari yang dijual di toko-toko teleskop dalam bentuk kacamata yang dinamakan (eclipse glasses). Namun kalo tidak ada dapat dibuat sendiri menggunakan beberapa bahan misalnya: disket bekas, kepingan CD atau yang lebih bagus gunakan film yang belum digunakan atau yang terbakar, beberapa lapis kaca riben (min. 8 lapis), kacamata las, beberapa lapis film kaca mobil. Jangan menatap Matahari terlalu lama walau menggunakan filter tsb. Hal ini untuk menghindari bahaya radiasi ultraviolet thd mata kita, cukup sebentar-sebentar saja.
2. Teleskop berfilter Matahari
3. Binokuler berfilter Matahari
4. Teleskop tanpa filter dengan teknik proyeksi (ditangkap layar)
5. Binokuler tanpa filter dengan teknik proyeksi
6. Pinhole proyektor (bayangan lewat lubang jarum)
7. Pebhole reflektor (pantulan dari cermin sebesar ujung ballpen)
8. Kamera dengan Filter Matahari (jangan coba jika belum profesional atau kamera anda bisa rusak)
9. Mr. Eclipse memberikan tipsnya di sini
.
Cara aman melihat gerhana menggunakan kacamata gerhana
.
Apa manfaatnya bisa menyaksikan Gerhana?

Manfaat? apa ya? banyak sih saya kira. Tergantung apa tujuan kita mengamati gerhana itu. Misalnya; Ada orang yang merasa lebih dekat dengan Tuhannya saat melihat peristiwa alam seperti itu. Bagi ahli falak (hisab) gerhana merupakan moment untuk menguji akurasi hasil hisab. Bagi astronom amatir yang paling utama adalah kepuasan, mirip orang yg hobbi mancing alu dapet ikan besar gitulah.. Lalu bagi umat Islam, Gerhana Matahari maupun Gerhana Bulan merupakan peristiwa alam biasa yang secara astronomis dapat dihitung kapan akan terjadi. Peristiwa gerhana bukan tanda kelahiran atau kematian seseorang akan pertanda akan datangnya bencana namun gerhana merupakan momen untuk merenungkan kembali tanda Kemahabesaran Allah SWT, Tuhan Pencipta Alam Semesta. Maka dari itu umat Islam dihimbau untuk memberikan makna akan kehadiran gerhana dengan memperbanyak doa, takbir dan sedekah seperti yang diajarkan Rasulullah serta disunahkan juga melaksanakan shalat husuf atau shalat gerhana sesuai tuntunan yang berlaku.

Salam,
Mutoha Arkanuddin


Ringkasan ngobrol2 dengan wartawan_misterius* yang datang ke kantor.


5 komentar:

  1. moga2 tmptq g hujan bwat lihat gerhana ini.

    BalasHapus
  2. Ini peristiwa langka juga, sayang tidak bisa liat yang total di indo

    BalasHapus
  3. di indo daerah mana aja yg bisa liat gerhana..?
    jadi pengen lihat juga.. :)

    BalasHapus
  4. semua daerah bisa lihat gerhana...
    asal punya tv..
    hahha..

    salam kenal semuanya.
    visit:
    http://darisanauntuksini.blogspot.com

    BalasHapus
  5. thanks for info...
    nice blog..

    http://trojandecoder.blogspot.com/

    BalasHapus