Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Jumat, 01 Mei 2009

Event Astronomi Indonesia - Mei 2009

Astronomy Day tahun ini jatuh pada 2 Mei 2009
.
Datangnya bulan Mei biasanya ditandai dengan seringnya langit malam terlihat cerah terutama menjelang pagi hari. Namun demikian hujan disertai angin juga barangkali masih sering kita alami selama bulan ini. Pergerakan Matahari sesuai gerak tahunannya mulai mengarah jauh ke Utara dari titik Barat tentunya yang menjadi penyebab perubahan menuju ke musim kemarau di Indonesia.
.
Serangkaian event-event astronomi menarik tentunya masih akan kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah kemunculan Eta Aquriarids Meteor Shower yaitu fenomena hujan meteor yang yang menampakkan diri pada setiap awal bulan Mei. Selain itu fenomena-fenomena berkait dengan bulan misalnya dekatnya bulan dengan obyek-obyek langit lain, perubahan fase bulan, informasi awal bulan Kalender Hijriyah serta kenampakan planet-planet masih mengisi daftar event astronomi bulan ini. Bagi pengurus masjid khususnya, pada bulan ini terjadi fenomena istimewa yaitu transitnya Matahari di Zenith kota Makkah atau disebut peristiwa istiwa a'zam. Fenomena ini sejak zaman dahulu digunakan oleh para ahli falak sebagai petunjuk pengukurn arah kiblat yang presisi.
.
Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Akhirnya kita hanya bisa berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.

Sabtu, 2 Mei 2009
First Quarter Moon @ 03:44 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
.
Sabtu, 2 Mei 2009
Astronomy Day 2009 @ 10:00 - 22:00 WIB
Hari ini di seluruh dunia diperingatai sebagai Hari Astronomi Dunia (Astroday) Peringatan Hari Astronomi ini dari tahun ke tahun jatuh pada tanggal yang berbeda. Hari Astronomi ditetapkan untuk diperingati tiap tahun pada tanggal tertentu antara pertengahan April sampai pertengahan Mei, yaitu pada hari Sabtu saat fase bulan sekitar atau sebelum seperempat awal (berumur sekitar tujuh hari). Untuk tahun 2009 ini, antara pertengahan April dan pertengahan Mei, fase bulan seperempat awal terjadi hari Sabtu tanggal 2 Mei 2009 sehingga hari itulah diperingati sebagai Hari Astronomi. Bertempat di Kompleks Fak. Kehutanan ugm Jl. Gambir, Jogja Astro Club (JAC) turut mengambil bagian dalam perayaan Hari Astronomi atau Astronomy Day 2009 tahun ini.
.
Rabu, 6 Mei 2009
Eta Aquarids Meteor Shower @ 02:00 WIB
Pagi dinihari ini kita dapat menyaksikan fenomena hujan meteor Eta Aquarids. Titik Radian meteor ini berasal dari rasi Aquarius yang baru akan tebit lepas tengah malam di langit sebelah Timur. Kemunculan bulan menjelang purnama jelas akan menjadikan observasi Eta Aquarids kali ini akan terganggu. Namun cobalah saat cuaca cukup tengok siapa tahu berapa meteor dapat terlihat.
.
Sabtu, 9 Mei 2009
Full Moon @ 11:02 WIB (Geosentris)
Bulan purnama kali ini dikenal sebagai Milk Moon atau Flower Moon sementara di India disebut Buddha Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
.
Kamis, 14 Mei 2009
Moon Apogee @ 09:58 WIB (Geosentris)
Hari ini Bulan pada posisi terjauhnya dari bumi ( 404.914 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling jauh dari bumi. [ info ]
.
Minggu, 17 Mei 2009
Last Quarter Moon @ 14:26 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Senin, 18 Mei 2009
Mercury Inferior Conjunction @ 16:55 WIB (Geosentris)
Hari ini planet Merkurius bera pada pada posisi lurus antara Bumi dan Matahari atau disebut sebagai peristiwa "konjungsi inferior". Peristiwa konjungsi kali ini akan mengawali kembalinya planet Merkurius menjadi planet yang akan nampak pada pagi hari.
.
Minggu, 24 Mei 2009
Rukyat Hilal Tua @ lepas Subuh
Pagi hari selepas Subuh di Langit Timur kita berkesempatan melakukan rukyat Hilal Tua akhir akhir bulan Jumadil Ula 1430 H sebelum Matahari terbit. Data rukyat untuk Yogyakarta : Matahari terbit 05:44, tinggi Bulan saat Matahari terbit 6°7' dan sebelumnya Bulan terbit pada pukul 05:11 WIB.
.
Minggu, 24 Mei 2009
New Moon @ 19:12 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Jumadil Awal sekaligus awal Jumadil Akhir 1430 H. Bulan baru kali ini merupakan lunasi astronomis ke 1068 serta lunasi Islam ke 17153. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan puasa kali ini. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
.
Minggu, 24 Mei 2009
Rukyatul Hilal - Jumadil Akhir 1430 Hijriyah @ sunset (Club Event)
Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Jumadil Akhir 1430 Hijriyah. Pada Sabtu sore (25/5) untuk wilayah Yogyakarta Matahari terbenam pada pukul 17:27 WIB pada azimuth 290°55' - Bulan terbenam 17:11 WIB pada azimuth 295°10'. Tinggi bulan saat Matahari terbenam -4°11' kanan-bawah posisi Matahari. Kondisi ini jelas Hilal mustahil untuk dirukyat. Sementara pada Senin (25/5) Matahari terbenam 17:27 WIB pada azimuth 291°6' - Bulan terbenam 18:15 WIB pada azimuth 296°41' dengan ketinggian 9°12' saat Matahari terbenam. Posisi Bulan berada disebelah kanan-atas posisi Matahari. Analisis dan prediksi awal Jumadil Akhir 1430 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI).

Data posisi hilal pada hari ijtimak dan hari kedua
.
Kamis, 28 Mei 2009
Istiwa A'zam @ 16:18 WIB ( Hari Menentukan Arah Kiblat )
Sore ini Matahari berada tepat di titik Zenit kota Mekkah pada 28 Mei 2009 pukul 09.18 GMT atau 12.18 Waktu Makkah (GMT+3) atau 16.18 WIB (GMT+7). Saat paling tepat untuk menentukan arah kiblat ke Ka'bah di Mekah.
.
.
.

RASI BINTANG BULAN MEI 2009
.
Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Mei ini diantaranya adalah munculnya Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit Barat lepas maghrib. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius di Selatan Orion. Bintang Sirius merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berda pada jarak 8,6 tahun cahaya.
.
Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Rasi Crus atau Salib Selatan atau Layang-layang atau "Gubuk Penceng" mulai nampak di Langit Selatan. Oleh para pelaut kita rasi Crux merupakan penujuk kompas arah Selatan yang cukup presisi. Bersebelahan dengannya adalah Rasi Centaurus dengan bintangnya yang cukup terang Alpha Centauri atau Rigel Kentaurus yang termasuk jenis bintang ganda. Selain Rasi tersebut, Scorpio juga nampak dominan di Langit Timur dengan bentuknya yang khas mirip kalajengking.
.
Rasi Crux sebagai petunjuk arah Selatan.
.
.
POSISI PLANET BULAN MEI 2009
.
CLASICAL PLANET
▓ Merkurius ▓
Planet Merkurius kini sulit disaksikan. Walaupun ia masih berada di Langit Barat setelah Matahari namun posisinya sagat rendah. Bahkan pada pertengahan bulan planet ini berkonjungsi dengan Matahari. untuk memulai fasenya menjadi planet pagi. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Taurus.
.
▓ Venus ▓
Planet Venus Lepas Subuh Planet ini dengan mudah kita temukan di Langit Timur. Ia akan terlihat pagi hari selama bulan ini. dan merupakan benda langit paling terang setelah Bulan. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus pada awal bulan di Rasi Pisces.
.
▓ Mars ▓
Planet Mars Planet ini juga terlihat berada di Langit Timur pagi hari sebelum Matahari terbit. Posisinya cukup dekat dengan Venus selama bulan ini, Mars berada sedikit di sebelah selatannya. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini berada di Rasi Pisces.
.
▓ Jupiter ▓
Planet Jupiter Planet ini baru terbit menjelang pukul 2 pagi selama bulan ini. Ia akan terlihat mendomisasi Langit Timur sampai pagi hari. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Capricornus.
.
▓ Saturnus ▓

Planet Saturnus Planet ini mulai dapat disaksikan selepas Matahari terbenam di Langit Timur dan terus bergerak ke Barat sehingga terbenam menjelang pukul 3 pagi. Saturnus kini berada di Rasi Leo. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Saat ini cincin Saturnus hanya terlihat sebagai bentuk garis tipis karena kali ini posisi cincinnya sedang sejajar dengan arah pandang dari Bumi.
.
▓ Uranus ▓
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Pisces dekat dengan Mars, Langit Timur sebelum Matahari terbit.
.
▓ Neptunus ▓
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur dekat dengan posisi Jupiter.
.
.
DWARF PLANET (PLANET KERDIL) DAN PLUTOID
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil). Belum berhenti sampai di sini. Pada 11 Juni 2008 kembali IAU mengubah status Pluto dan Eris bukan lagi kelompok Drawt Planet tapi masuk dalam kelompok Plutoid, yaitu obyek yang 'mirip Pluto' seperti halnya sebutan untuk 'terestrial' dan 'Jovian'. Sementara untuk Ceres masih berstatus Dwarf Planet. Pada Juli 2008 kembali IAU mengumumkan status 2005 FY9 salah satu KBO terbesar yang sudah ditemukan untuk masuk menjadi anggota Dwarf Planet dan diberi nama Makemake serta mengembaikan Pluto dan Eris menjadi Dwarf Planet lagi. Sehingga formasi terbaru Sistem Tata Surya kita sekarang seperti ini:
.

Matahari-Merk-Venus-Bumi-Mars-Ceres-Jup-Satur-Uran-Nept-Pluto-Humaea-Makemake-Eris
.
  • 8 planet : Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
  • 5 dwarf planet : Ceres, Pluto, Haumea, Makemake dan Eris
  • 165 bulan (satelit alam)
  • ribuan "small solar system bodies"
.
▓ Ceres ▓
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam kelompok Planet Kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Leo, Langit Timur setelah Matahari terbenam dekat dengan posisi Saturnus.
.
▓ Pluto ▓
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, di Langit Barat setelah terbenam Matahari.
.
▓ Haumea ▓
Haumea yang dulunya adalah asteroid 2003 EL61 dan ditetapkan menjadi anggota anggota Dwarf Planet pada 17 September 2008. Planet ini juga diketahui memiliki 2 buah bulan yaitu Hi'iaka dan Namaka. Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Haumea kini sedang di sekitar Rasi Bootes, Langit Barat sore hari atau Langit Timur pagi hari.
.
▓ Makemake ▓
Makemake yang dulunya adalah 2005 FY9 salah satu dari benda KBO terbesar di tata Surya dan anggota Dwarf Planet terbesar ketiga. Planet ini juga hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Makemake kini sedang di sekitar Rasi Coma Berenices, Langit Barat sore hari atau Langit Timur pagi hari.
.
▓ Eris ▓
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur pagi hari atau Langit Barat pada sore hari.
.
.
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.>
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
Links:
http://space.com/
http://skymap.com/
htttp://astronomy.com/

3 komentar:

  1. Thanks event astronominya udah terbit. Jangan bolos lagi ya..

    BalasHapus
  2. salam...

    kang n mbakyu....kami butuh bimbingan tux pengembangan nihhh... trutama masalah materi n strag=tegi penggunaan teropong yg baru kami beli


    makasih
    salam dari malang

    BalasHapus
  3. ternyata menyenangkan kl kita bs mengenal lebih dekat ilmu astronomi, terimakasih bt sharingnya sangat menarik semoga bs berlanjut

    South Africa 2010 highlight

    Home Audio Video
    Download Free Movie
    Cheap Ipod Touch
    Cheap Wii Games
    Sexy Girls Wallpapers

    BalasHapus