Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Senin, 28 April 2008

Nantikan Eta Aquarids Meteor Shower

Menangkap meteor dengan kamera dilakukan dengan menggunakan kamera digital yang terpasang pada tripod. Ia mengunakan lensa mata ikan (16-mm) dengan bukaan diafragma 2,8 ASA 800 dan pencahayaan selama 1 menit. (Foto: Allan Dyer S&T)
.
Bagi para pemburu meteor jangan lupa lingkari tanggal pada kalender bulan Mei di angka enam (6). Betul, pada tanggal 6 Mei 2008 dinihari yad. merupakan puncak kenampakan meteor-meteor yang disebabkan debu Komet Halley. Komet ini pula yang menjadi sumber bagi kenampakan Orionids Meteor Shower yang nampak pada bulan Desember. Meteor-meteor yang lebih dikenal dengan sebutan Eta Aquarids ini memang menampakkan diri dari sekitar Rasi Aquarius. Rasi ini akan terbit di Langit Timur lepas tengah malam menjelang pukul 02:00 dinihari.
.
Eta Aquarids, seperti dilaporkan oleh International Meteor Organization (IMO) dapat menghasilkan kilatan meteor antara 40 sampai 85 meteor perjam pada saat puncaknya (peak). Menurut kalkulasi, tahun ini posisi maksimum akan terjadi pada 5 Mei 2008 pukul 18 UT atau bertepatan dengan 6 Mei 2008 pukul 01:00 WIB dinihari. Indonesia memiliki peluang yang cukup bagus karena saat maksimum radiant meteor ini sudah nampak. Apalagi pagi itu tidak ada cahaya bulan yang dapat mengganggu kenapakan meteor ini sebab kemunculan Eta Aquarids kali ini memang bertepatan dengan bulan baru.
.
Aquarids seperti tahun-tahun lalu akan menghasilkan kilatan meteor dengan ekor yang memanjang dan bergerak cepat. Berdasarkan perkiraan, kecepatan meteor saat memasuki atmosfer Bumi mencapai 66 km/detik. Eta Aquarids pertama kali diamati oleh Tupman saat engarungi Laut Mediterania pada 1870. Hingga pada 1876, A. S. Herschel berhasil menemukan penyebab meteor tersebut yang tidak lain adalah Komet Halley.
.
. Apakah Aquarids kali ini bakal seru?
.
Nah jangan lupa nanti Selasa pagi 6 Mei bangun pukul 02:00 dinihari dan berharap langit cerah. Pakailah jaket untuk mengurangi hawa dingin, carilah tempat yang lapang dan cukup gelap. Segera arahkan pandangan ke Langit Timur dan tunggulah seuatu yang tidak terduga. Aquarids akan menampakkan diri dari arah radiantnya. Semoga. Jangan lupa hitung berapa meteor yang terlihat.
.
Pagi itu juga akan nampak di atas kepala kita Planet Jupiter yang cukup terang. Mendampingi di sebelahnya adalah Rasi Scorpion si Kalajengking dengan bintangnya Antares yang berwarna kemerahan. Dan pengamatan dapat dilakukan sampai sebelum langit Timur terang. Selamat berburu meteor. Nah bagi anda yg berada di sekitar Jogja, JAC berencana memburu Aquarids kali ini dari Parangkusumo. Tepatnya di sisi Barat area parkir pantai. Mau ikut??

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar