Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Selasa, 28 Oktober 2008

Event Astronomi Indonesia - November 2008

Hilal Sighting sebagai salah satu kegiatan astronomi yang menarik (Doc:RHI)
. .
Langit malam hari-hari selama bulan November nampaknya akan kurang menguntungkan bagi para stargazer dan astromania di Indonesia. Sudah bisa ditebak bahwa bulan ini akan menjadi awal musim penghujan yang nampaknya tahun ini datang lebih cepat. Namun berharap saja ada cerah diantara mendung walau hanya beberapa saat.
.
Namun demikian justru biasanya cerah pasca hujan turun akan membuat langit semakin 'clear' alias bersih dari polusi. Dan kita lebih bisa menyaksikan langit yang cerah bertabur bintang-gemintang. Berikut adalah Kalender Event Astronomi Indonesia untuk bulan November 2008. Ada beberapa event menarik misalnya peristiwa Hujan Meteor yang termasuk mayor yaitu Leonid Meteor Shower dan Southern Taurid Meteor Shower. Kecuali itu juga ada event astronomi yang lain mulai dari perubahan fase bulan, konjungsi, okultasi, greatest elongasi, perigee dan apogee bulan, serta peristiwa-peristiwa astronomi yang lain.
.
Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
.
Sabtu, 1 November 2008

Moon - Venus @ 18:00 WIB

Bulan sabit sore ini berada dekat dengan Planet Venus di Langit Barat. Bulan sabit hari ke dua inipun berada pada posisi yang cukup mudah disaksikan, ia berada pada jarak sekitar 3° dari Venus. Pemandangan ini dapat disaksikan setelah matahari terbenam.

.

Minggu, 2 November 2008

Moon at Apogee @ 11:56 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 405.720 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [ info ]

..

Selasa, 4 November 2008

Moon - Jupiter @ 18:00 WIB

Bulan sabit sore ini berada dekat seolah sedang menemani Planet Jupiter. Bulan menjelang fase seperempat ini berada pada posisi di atas kepala sore itu terpisah pada jarak sekitar 6° sebelah kiri-atas posisi Jupiter. Pemandangan ini dapat disaksikan setelah matahari terbenam.

.

Rabu, 5 November 2008

Southern Taurid Meteor Shower @ 23:00 WIB (Jangan lewatkan!! )

Malam ini diprediksi meteor shower Taurid Selatan mencapai puncaknya dengan ZHR dapat mencapai 10 meteor per jam. Bulan sabit telah tenggelam lebih awal sehingga saat ini cukup bagus untuk melakukan observasi seandainya cuaca mendukung. Shower yang berasal dari sisa Komet 2P/Encke ini berasal dari radiant Rasi Taurus yang terbit di Timur menjelang pukul 21.00 WIB. Pada 12 November ini juga ada North Taurids Meteor Shower yang akan mencapai puncaknya namun saat iu Bulan tengah fase Purnama. Info ( Teknik Observasi Meteor )

.

Kamis, 6 November 2008

First Quarter Moon, 11:04 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
.
Kamis, 13 November 2008
Full Moon @ 13:18 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Harvest Moon atau Hunter Moon sementara di India disebut Bhadrapad Poornima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
..
Kamis, 13 November 2008
Moon - Pleiades @ 20:00 WIB
Malam ini kita dapat menyaksikan Bulan Purnama berdampingan dengan Gugus Pleiades (M45). Gugusan bintang yang sering diberi julukan 7 bidadari ini memang terdiri atas 7 bintang yang cukup terang dengan latar ratusan bintang. Pleiades berada di Rasi Taurus dan berada tidak jauh dari rasi Orion. Pemandangan ini dapat disaksikan selepas Maghrib di Langit Timur.
.
Jumat, 14 November 2008
Moon at Perigee @ 17:00 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi (358.972 km). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekatnya. [
info ].
.
Sabtu, 17 November 2008
Leonids Meteor Shower Peak @ 11:00 WIB - Subuh

Mulai tengah malam sampai sebelum fajar kita dapat menyaksikan puncak Hujan Meteor Leonids (LEO - IMO30) namun beberapa meteor dapat terlihat mulai tanggal 14 - 21 November. Radiant meteor ini berada di arah Timur-Laut tepatnya di kepala Rasi Leo. Rasi ini tampak di langit Timur lepas pukul 02:00 dinihari. Leonids dapat menampakkan sekitar 10 sampai 15 meteor setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 71 km/s. Meteor shower Leonids ini merupakan sisa dari debu Komet Tempel/Tuttle. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah menjelang fajar sebelum cahaya langit Timur nampak. Naun kali ini jangan berharap dapat menyaksikan Leonids dengan baik, sebab cahaya Bulan lepas fase Purnama akan sangat mengganggu. Goodbye Leonids.

...

Peta radiant Leonids Meteor Shower (Courtesy : ESA)

===
Kamis, 20 November 2008
Last Quarter Moon @ 04:32 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Selasa, 25 November 2008
Mercury at Superior Conjunction @ 23:38 WIB (Geosentris)
Planet Merkurius pada posisi Konjungsi Superior di belakang Matahari. Hari ini posisi Merkurius berada lurus searah dengan posisi Matahari atau disebut konjungsi. Dan karena posisinya berada di belakang Matahari disebut Konjungsi Superior. Sementara saat posisinya di depan Matahari disebut Konjungsi Inferior. Saat konjungsi inferior mekungkinan dapat terjadi peristiwa "transit" yaitu melintasnya planet di depan muka Matahari.
.
Kamis, 27 November 2008
New Moon @ 23:56 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Zulqaidah 1429 H sekaligus awal Zulhijjah 1429 H dan merupakan lunasi astronomis ke 1063 serta lunasi Islam ke 17148. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan puasa kali ini. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
.
Kamis dan Jumat, 27 dan 28 November 2008
Rukyatul Hilal - Zulhijjah 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)
Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Zulqaidah 1429 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Parangkusumo. Pada Kamis sore (27/11) posisi hilal di POB Parangkusumo masih sekitar -4,7° atau masih di bawah horizon. Pada posisi seperti ini secara astronomis mustahil hilal dapat disaksikan. Hilal baru mungkin dapat disksikan pada hari berikutnya yaitu Jumat (28/11) saat ketinggian hilal mencapat 6,4°di atas horizon. Rukyat (27/11) akan diikuti oleh berbagai elemen masyarakat yang dikoordinir oleh BHR Kanwil Depag DIY. Analisis dan prediksi awal Zulhijjah 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI)..



.
Senin, 1 Desember 2008
Moon - Venus - Jupiter @ 18:00 WIB
Sore ini sebuah pemandangan yang spektakuler dapat kita saksikan di Langit Barat setelah Matahari terbenam. Bulan, Planet Venus dan Planet Jupiter akan berkumpul dekat-dekat dalam radius hanya 3°. Bulan yang pada fase sabit hari ke-3 akan menambah eksotik pemandangan sore ini.
.

.

..RASI BINTANG NOVEMBER 2008.

Beberapa rasi bintang yang menarik dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) di Langit Barat lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah serta planet Jupiter yang terang berada di sebelahnya. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster dan Butterfly Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.

...
Konfigurasi bintang Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle - akan dapat disaksikan di atas kepala agak ke Utara. Menjelang tengah malam akan bisa kita saksikan Rasi legendaris Orion atau The Hunter (Sang Pemburu) atau "Waluku" (Jw) dengan bentuknya yang khas serta mudah dikenali juga munculnya bintang paling terang Sirius di Rasi Canis Mayor atau Anjing Besar di Langit Timur . Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal rasi dan bintang-bintang.

.

POSISI.PLANET NOVEMBER 2008
CLASICAL PLANET
..
..
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan planet ini berada di Langit Timur dengan posisi sangat rendah. Posisi ini terus turun sehingga Merkurius berkonjungsi pada minggu pertama dan seterusnya akan menjadi Planet Sore di Langit Barat. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Libra.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet sore di langit Barat. Posisinya yang semakin tinggi di awal bulan membuat planet ini mudah dilihat. Juga pada akhir bulan planet ini semakin lebih tinggi saja posisinya saat Matahari terbenam. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus pada awal bulan di Rasi Sagitarius..
.
Mars
Planet Mars Setelah beberapa lama Mars menjadi planet yang selalu nampak pada malam hari, kini Mars semakin memudar dan sulit dilihat walaupun sebenarnya planet ini masih berda di Langit Barat setelah Matahari terbenam. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini berada di Rasi Libra.
.
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan lepas petang hari cukup tinggi di atas kepala dengan cahayanya yang cukup terang dibandingkan bintang-bintang di sekitarnya. Saat ini Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah Bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.
.
Saturnus
Planet Saturnus Pada bulan ini menjadi planet yang nampak pagi hari. Ia dapat disaksikan sebelum Matahari terbit di langit Timur. Saturnus berada di Rasi Leo. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini sempat menjadi idola para amatir pada bulan lalu karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Atas lepas Matahari terbenam..
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Atas lepas Matahari terbenam.

.

DWARF PLANET (PLANET KERDIL) DAN PLUTOID
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
Belum berhenti sampai di sini. Pada 11 Juni 2008 kembali IAU mengubah status Pluto dan Eris bukan lagi kelompok Drawt Planet tapi masuk dalam kelompok Plutoid, yaitu obyek yang 'mirip Pluto" seperti halnya sebutan untuk 'terestrial' dan 'Jovian'. Sementara untuk Ceres masih berstatus Dwarf Planet. Pada Juli 2008 kembali IAU mengumumkan status 2005 FY9 salah satu KBO terbesar yang sudah ditemukan untuk masuk menjadi anggota Dwarf Planet dan diberi nama Makemake serta mengembaikan Pluto dan Eris menjadi Dwarf Planet lagi. Sehingga formasi terbaru Sistem Tata Surya kita sekarang seperti ini:
.
Matahari-Merk-Venus-Bumi-Mars-Ceres-Jup-Satur-Uran-Nept-Pluto-Makemake-Eris

  • 8 planet : Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
  • 4 dwarf planet : Ceres, Pluto, Makemake dan Eris
  • 165 bulan (satelit alam)
  • ribuan "small solar system bodies"
    ..
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam kelompok Planet Kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Leo, Langit Timur sebelum Matahari terbit.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, di atas kepala selepas senja.
.
Makemake
Makemake yang dulunya adalah 2005 FY9 salah satu dari benda KBO terbesar di tata Surya dan anggota Dwarf Planet terbesar ketiga. Planet ini juga hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Makemake kini sedang di sekitar Rasi Coma Berenices, Langit Barat setelah Matahari terbenam.
.
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur lepas sore hari..
..
.
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
Links:






1 komentar:

  1. akhirnya gw tau juga 2 planet yang jm7 td gw liat... venus n jupiter ya..?

    BalasHapus