Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Jumat, 23 Mei 2008

Mars Mengunjungi Beehive Cluster

..
Malam ini kalau kebetulan cuaca cerah Planet Mars akan berkumpul diantara bintang-bintang dalam Gugus Sarang Lebah (Beehive Cluster). Pemandangan menarik ini akan mulai bisa disaksikan lepas senja di Langit Barat. Sebagai sebuah planet yang berarti "pengembara", Mars memang selalu bergerak diantara bintang-bintang. Nah, malam ini pengembaraannya melewati Beehive Cluster yang dalam daftar katalog Messier Object bernama M44. Cluster ini sebenarnya mudah disaksikan menggunakan mata telanjang di daerah yang tanpa polusi cahaya. Namun di daerah urban seperti daerah dimana saya tinggal (Yogyakarta) M44 ini hanya dapat disaksikan dengan bantuan binokuler atau teleskop.
.
Menggunakan "starhoping" dengan mudah kita dapat menemukan Planet Mars ini. Carilah bintang paling terang di Langit Barat yaitu bintang Sirius lalu tarik arah ke Utara melewati bintang Procyon (cukup terang) maka kita akan menemukan cahaya merah tak berkedip, itulah Mars.
.
Malam hari ini posisi Mars memang cukup spesial karena ia berada diantara ratusan bintang yang kelompok di Beehive Cluster. Menggunakan binokuler kerumunan bintang ini cukup terlihat apalagi dibantu menggunakan teleskop yang berdiameter menengah ke atas. Pemandangan yang sangat indah karena Mars yang berwarna merah seolah menjadi "Raja" di Cluster ini.
.
.
Menelusuri software Stellarium ataupun Starrynight kita dapat menyaksikan bahwa Mars akan terbenam pada sekitar pukul 22.00 malam. Berarti peluang untuk menyaksikan hanya sebentar, belum jika langi barat terhalang bangunan atauperbukitan. Namun jangan khawatir malam berikutnya pemandangan ini masih dapat kita saksikan walaupun posisi Mars tidak tepat diantara bintang-bintang di Beeehive Cluster ini namun agak sedikit bergeser. Nah, tunggu apalagi mari kita saksikan.



2 komentar:

  1. Good рoѕt. I leаrn something totallу
    new and challenging оn blogs I stumbleupоn everу day.
    It ωill always be helpful to read through content fгom other writers
    and praсtice а little something from their sites.


    My weblοg; www.Luiscarro.Es

    BalasHapus
  2. Many others might have household duties that demand a thoroughly able auto.
    At$fifty-$100 OBD-II scanners are certainly well worthy of possessing.



    Take a look at my webpage :: professional canobdii diagnostic code scanner

    BalasHapus