Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Jumat, 29 Juni 2007

Astro Event Juli 2007

Memasuki bulan Juli 2007 kembali kita akan menikmati beberapa peristiwa astronomi menarik diantanya berkumpulnya beberapa obyek-obyek langit, bulan yang berdekatan dengan planet atau bintang dan peristiwa okultasi yaitu tertutupnya planet atau bintang oleh bulan. Kalender fase bulan juga masih menghias event astronomi kali ini, termasuk data kegiatan rukyat hilal penentuan awal bulan Rajab 1428 H. Bulan ini juga terdapat even istimewa berupa posisi matahari tepat di atas kota Mekah yang dapat digunakan sebagai panduan pelurusan arah kiblat. Kalender akan ditutup dengan peristiwa cukup menarik yaitu kembalinya meteor shower Southern Delta Aquarids yang diharapkan dapat menjadi tontonan yang spektakuler. Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu EfemerisNASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.

.

Minggu, 1 Juli 2007
Venus - Saturn @ 18:00 WIB

Sore ini di Langit Barat setelah matahari terbenam pemandangan menarik konjungsi antara Planet Venus dan Saturnus yang hanya berjarak sekitar 0,5°. Akan lebih menarik seandainya bisa mengabadikan peristiwa ini dalam bentuk foto. Gunakan teknik pencahayaan long exposure pada kamera digital atau sejenisnya.

.

Sabtu, 7 Juli 2007
Earth at Aphelion @ 07:00 WIB

Saat bumi berada pada titik paling jauh terhadap matahari untuk tahun ini. Jaraknya kali ini sebesar 152.097.053 km. Peristiwa ini sekaligus memberikan jawaban atas pendapat umum yang mengatakan bahwa perubahan musim terjadi akibat perubahan jarak bumi ke matahari karena faktanya perubahan musim hanya disebabkan oleh posisi sumbu bumi terhadap matahari.


Sabtu, 7 Juli 2007
Last Quarter Moon @ 19:54 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

.

Selasa, 10 Juli 2007

Moon Perigee @ 04:39WIB (Geosentris)

Hari ini bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 368.533 km ) [ info ]

.

Rabu, 11 Juli 2007
Moon - Pleiades @ 03:30 WIB

Pagi ini di Langit Timur bulan sabit tua berada bersebelahan dengan Gugus Pleiades atau sering disebut Seven Sisters (Jw: Kemukus) pada jarak hanya sekitar 1° di
sebelah kiri-bawah. .

Konjungsi Planet Venus - Saturnus di langit Barat lepas senja (klik untuk perbesar).

Sabtu, 14 Juli 2007
Venus Greatest Brilliant @ 18:00 WIB (Geosentris)
Sore ini di Langit Barat setelah matahari terbenam, planet venus akan berada pada kecerlangan maksimumnya pada magnitudo -4,47. Planet Venus sering disebut sebagai "bintang Kejora" seperti syair; ... nampak sebuah lebih terang cahayanya... itulah bintangku... bintang Kejora yang indah selalu... Ya, memang indah menyaksikan "bintang" yang satu ini .. maka jangan lewatkan.


Sabtu, 14 Juli 2007

New Moon @ 19:05 WIB (Geosentris)

Bulan Baru kali ini merupakan akhir bulan Jumadil Akhir 1428 H sekaligus mengawali bulan Rajab 1428 H. Bulan baru kali ini mengawali lunasi ke 1046. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk penanggalan lunar atau bulan seperti kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai. Akibatnya di seluruh dunia bisa saja terjadi perbedaan awal bulan bahkan sampai berselisih 4 hari.

.

Minggu, 15 Juli 2007

Rukyatul Hilal - Rajab 1428 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Rajab 1428 Hijriyah. Seperti biasanya JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal bulan ini. Sore ini merupakan hari ke-2 pasca ijtimak sehingga ketinggian hilal saat sunset sebesar 10°3' angka ketinggian di atas limit Danjon yang memungkinkan hilal dapat dilihat. Sementara pada hari ijtimak (14/07) ketinggian hilal masih minus (-2°31') sehingga mustahil dilakukan rukyat.

.
.

Senin, 16 Juli 2007

Hari Arah Kiblat II @ 16:27 WIB ( Luruskan Arah Kiblat !! )

Sore ini Matahari berada tepat di titik Zenit kota Mekkah pada 16 Juli 2007 pukul 09.27 GMT atau 12.27 Waktu Makkah (GMT+3) atau 16.27 WIB (GMT+7). Saat paling tepat untuk menentukan arah kiblat ke Ka'bah di Mekah. selengkapnya


Saat paling tepat meluruskan arah kiblat adalah sore ini.

Selasa, 17 Juli 2007

Moon - Saturn - Venus & Regulus Ocultation @ 18:00 WIB

Sore ini di Langit Barat terlihat bulan sabit muda yang masih berusia 3 hari berkumpul dengan planet Venus (yang paling terang) dan Saturnus di bawahnya serta bintang Regulus yang mengalami okultasi (tertutup bulan) yang baru akan tampak pada 18:33 WIB di bawah bulan.


Selasa, 17 Juli 2007
Mercury at Greatest Elongation West @ 22:00 WIB (Geosentris)

Seperti diketahui bahwa Merkurius bergantian akan menjadi planet pagi dan petang setiap sekitar 6 minggu sekali. Hari ini Merkurius berada di Barat matahari pada jarak elongasi terjauh sekitar 20°. Pagi ini planet Merkurius dapat dilihat di Langit Timur sebelum matahari terbit.


Kamis, 19 Juli 2007

Moon - Spica @ 15:44 WIB (Geosentris)

Sore ini bulan sabit yang masih pada fase hari ke-7 berdekatan dengan bintang Spica di Rasi Virgo. Bulan berada sekitar 4° di sebelah Timur bintang Spica.


Minggu, 22 Juli 2007

First Quarter Moon, 13:29 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.

.

Minggu, 22 Juli 2007

Moon Apogee @ 15:44 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404.150 km ). [ info ]


Rabu, 25 Juli 2007

Moon - Antares - Jupiter @ 19:30 WIB

Malam ini bulan berdampingan dengan bintang Antares di Rasi Scorpius. Sedangkan di sebelah Utaranya yang terlihat terang adalah planet Jupiter.


Sabtu, 28 Juli 2007

Southern Delta Aquarids Meteor Shower @ 21:00 WIB - 05:00 WIB
Southern Delta Aquarids (SDA) adalah meteor shower yang dapat diamati mulai pertengahan Juli hingga pertengahan Agustus dan mencapai puncaknya pada 28/29 Juli. Asal muasal shower ini masih belum diketahui namun diduga berasal dari reruntuhan komet 96P/Machholz-2. Radiant atau pusat shower berada di Rasi Aquarius yang baru terbit di Timur setelah matahari terbenam. Saat puncaknya shower ini dapat menghasilkan sampai 20 meteor tiap jam dengan kecepatan mencapai 41 km/dt. Tahun ini kenampakan shower SDA kurang beruntung sebab bakal terganggu oleh benderangnya cahaya bulan yang mendekati fase purnama. Tapi siapa tahu kita akan mendapatkan fireball yang jauh lebih terang dari sinar bulan itu. Saat terbaik untuk pengamatan adalah pagi menjelang Subuh saat bulan sudah terbenam sampai sebelum fajar tiba saat langit terang.


Radiant Southern Delta Aquarids muncul pada lepas senja di Timur

...
Senin, 30 Juli 2007

Full Moon @ 07:48 WIB (Geosentris)

Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Hay Moon atau Buck Moon sementara di India disebut Guru Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

.

. .
RASI BINTANG BULAN JULI 2007


Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah munculnya Rasi Crux di Langit Selatan lepas matahari terbenam dengan empat buah bintangnya yang membentuk palang sehingga rasi ini sering dinamakan salib selatan (southern cros) . Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang-layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "the Pointer" yang menghiasi Langit Selatan.

Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) di langit Timur lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster dan Butterfly Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.

Menjelang tengah malam konfigurasi bintang Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle - akan dapat disaksikan di Langit Timur. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang.

.

Langit Selatan dihiasi oleh rasi Centaurus dan Crux

.

[ DOWNLOAD PROGRAM PETA BINTANG ].




.POSISI PLANET BULAN JULI 2007.



CLASICAL PLANET.

.

Merkurius

Planet Merkurius pada awal bulan ini dapat disaksikan di Langit Timur sebelum matahari terbit. Posisinya yang pada tengah bulan mencapai elongasi maksimum membuat planet ini punya peluang besar teramati. Merkurius kini berada di Rasi Gemini.


Venus

Planet Venus menjadi planet sore yang menampakkan diri setelah matahari terbenam. Selama bulan Juli ini di langit Barat kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Bahkan pada bulan ini planet Venus juga mencapai fase paling terang. Venus sedang berada di Rasi Leo.



Mars

Planet Mars berada di langit Timur saat menjelang Subuh dan berangsur-angsur naik menjauhi posisi matahari. Mulai awal bulan planet mulai dapat dilihat mulai pukul 2 dinihari di Langit Timur. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa, Mars mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Taurus.

.

Jupiter

Planet Jupiter masih menjadi planet di Langit Timur selepas senja. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah bulan dan Venus. Sampai akhir bulan nanti planet ini berada di dekat Rasi Scorpius dengan bintangnya Antares yang terlihatt berwarna merah.

.

Saturnus

Planet Saturnus berada di Langit Barat lepas petang hari berada dekat-dekat dengan planet Venus yang terlihat terang. Ia posisinya semakin rendah mendekati horison Barat saat petang. Cahayanya yang tidak terlalu terang membuat planet ini sulit dibedakan dengan bintang. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Saturnus kini masih berada di Rasi Leo.

.
Uranus

Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius sebelah Barat Mars, Langit Timur sebelum matahari terbit.

..

.

..

Neptunus

Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur sebelum matahari terbit. .



Posisi bulan sabit di langit Barat setelah petang selama beberapa hari



DWARF PLANET

.

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.

Ceres

Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Cetus, Langit Timur lepas tengah malam.


Pluto

Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, Langit Timur lepas matahari terbenam.

.

.

Eris

Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur lepas tengah malam.

.



Download Event 2007

.

Links Source:

http://space.com

tttp://skymap.com

ttp://astronomy.com

ttp://skytonight.com

.

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Plus Versi 6 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc

5 komentar:

  1. pengetahuan yang luar biyasa

    BalasHapus
  2. Can you tell us more about this? I'd like to find out more details.
    My web site - slow computer

    BalasHapus
  3. Hi there friends, its wonderful post concerning teachingand fully defined,
    keep it up all the time.
    Feel free to visit my blog post ; direct download movies

    BalasHapus
  4. you're in point of fact a excellent webmaster. The website loading velocity is amazing. It kind of feels that you are doing any unique trick. In addition, The contents are masterwork. you have done a excellent activity on this topic!
    Also visit my website : free iphone 5

    BalasHapus
  5. Hey there I am so glad I found your blog, I really found you by
    mistake, while I was researching on Yahoo for something else,
    Regardless I am here now and would just like to say kudos for a remarkable post and a all round exciting blog (I
    also love the theme/design), I don’t have time to go through it all at
    the minute but I have bookmarked it and also added in
    your RSS feeds, so when I have time I will be back to
    read a great deal more, Please do keep up the superb b.
    My web-site ... Work from home

    BalasHapus