Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Jumat, 20 April 2007

Lyrids Meteor Shower 2007

Radian Lyrids Meteor Shower muncul selepas tengah malam
.
Setiap tahun di bulan April bumi dalam pelayarannya mengarungi angkasa mengorbit matahari akan melewati sebuah tempat dimana terdapat debu bekas ekor Komet Thatcher yang pernah melintas di tempat ini. Akibatnya debu-debu yang kebanyakan seukuran kerikil atau pasir tersebut memasuki gravitasi bumi melesat dengan kecepatan 49 km/detik dan terbakar di atmosfer. Terjadilah fenomena astronomi yang dinamakan "meteor shower" atau hujan meteor. Lyrids julukan untuk fenomena meteor shower tersebut dikarenakan ia muncul seolah dari kawasan Rasi Lyra. Tahun ini puncak hujan meteor diperkirakan akan terjadi pada Minggu 22/04 dan Senin 23/04.
.
Waktu terbaik untuk melakukan observasi adalah lepas pukul 02.00 dinihari hingga menjelang cahaya pagi muncul di arah radian Timur Laut. Sejumlah meteor yaitu antara 5 sampai 20 goresan cahaya di langit setiap jam diperkirakan akan nampak. Pengamatan di daerah pinggiran mungkin bisa menyaksikan lebih banyak meteor dibandingkan pengamatan di daerah perkotaan yang terpolusi cahaya. Vega, bintang paling terang di Rasi Lyra dapat dipergunakan sebagai panduan mengetahui arah radian meteor ini. Rasi Lyra terbit di arah Timur Laut lepas tengah malam. Lyrids tahun ini cukup bagus untuk diamati dikarenakan tidak ada cahaya bulan yang mengganggu saat pengamatan. Justru yang menjadi masalah adalah faktor cuaca dimana hujan mengguyur dalam beberapa hari ini. Tapi mudah-mudahan saat observasi nanti cuaca cukup cerah.
.
Walaupun perkiraan tahun ini shower hanya menghasilkan tidak lebih 20 meteor setiap jam saat puncaknya namun ada kalanya saat bumi melewati kerumunan debu yang cukup rapat maka jumlah tersebut dapat meningkat. Sebagai contoh misalnya saat Lyrids shower tahun 1982 bahkan dapat mencapai angka 90 meteor setiap jam.
.
Lalu bagaimana kenampakan Lyrids tahun ini? 10? 20? 90? atau bahkan "badai meteor?" Jawabannya hanya satu : pergi keluar dan ikut menyaksikan (mumpung hari Minggu). Tapi jangan lupa ; cari tempat yang gelap dan lapang, baju hangat, alas tidur, anti nyamuk, camilan, musik kalau perlu, juga bawa teman dan jangan tertidur alias molor... tapi kalau mendung tebal apalagi hujan ya jangan nekad.... gak bakalan keliatan tu meteor. Tapi walaupun cerah ternyata meteornya gak mau keluar ya gak usah panik. Khan bisa lihat bintang-bintang dan rasi misalnya yang terlihat terang malam itu adalah Vega, Deneb, Altair dan bintang lain makanya jangan lupa juga bawa peta bintang lengkap dengan senter merahnya. Happy meteor hunting....

1 komentar:

  1. Aduh aku masih newby neh... apa ada yang bareng-bareng ngamat? boleh donk ikutan. Btw JAC ngamat dimana? mas

    BalasHapus