Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 04 Maret 2007

Nonton GBT 4 Maret

Maap.. cuman hasil bidikan pocket digicam..

Cari apa mas...


Malam Ahad ngumpul beberapa personil di markas. Ada Pak Sofwan Jannah, Agus, Kiki dan Ibnu, Aifa dan temannya pamit gak bisa hadir. Rencananya sih mau Roadshow di Bunderan UGM namun hujan malam itu menjadi hambatan. Akhirnya kegiatan cuman dipusatkan di markas aja. Beberapa film astronomi sempat diputer sebelum beberapa personil pamit pulang kecuali Kiki yang ikut tidur di markas karena agak sakit serta Agus yang ngajak ngobrol sampai tengah malam. Zzzzzzzz
Kring........ sempat kaget ketika ponsel dalam saku saya bunyi karena sebelum tidur saya pasang alarm tuk bangun pukul 03:00 merasa masih malam saya tidur lagi. Beruntung ketika azan Subuh saya terbangun lagi.. kalau tidak wahh bisa-bisa ketinggalan GBT, padahal cuaca pagi itu cukup bagus dan bulan terlihat cukup jelas di Langit Barat walaupun ada sedikit awan yang menutupinya.
Setelah shalat Subuh langsung saya siapkan peralatan observasi, teleskop, binokuler serta kamera pocket digital bertempat di samping rumah yang memang sudah direncanakan sebelumnya. Tidak sempat menyiapkan CCD imaging karena pagi itu gak ada yang bantuin. Agus yang katanya mau datang juga tidak nongol. Kiki sudah dibangunin tapi setlah sholat Subuh malah tidur lagi, padahal jauh-jauh datang mau lihat GBT. Jadi akhirnya cuman saya sendiri menikmati GBT pagi itu pake teleskop sesekali pake binokuler.
Ternyata pagi ini GBT paling indah yang saya saksikan... walau gak sempat sampai Total. Ponsel sempat kebanjiran SMS masuk yang bemberitahu bahwa beberapa pengamat di tempat lain juga ikut melakukan observasi. Alhamdulillah, cuaca nampaknya cukup mendukung pagi ini... sehingga sempat juga Jupiter menjadi obyek observasi tambahan pagi itu. Terlihat dengan jelas 4 galilean moon 3 di sebelah Timur planet Jupiter dan 1 di sebelah baratnya. Sayangnya lagi gerhana belum total posisi bulan semakin turun sehingga tertutup oleh pepohonan, belum langit yang berwarna kebiruan semakin terang tanda matahari segera akan terbit. Paling tidak ini sudah lebih baik dari apa yang saya khawatirkan. Ternyata di Yogyakarta gerhana dapat disaksikan hingga pukul 05:15 sebelum tetutup pepohonan di horison Barat.



.

Sampai jumpa di GBT 28 Agustus 2007
Wow.. yang ini lebih seru sebab terjadinya mulai sore hari....
.
.
Link Koleksi Foto Gerhana Bulan Total 4 Maret 2007:
.
.
.
.
.
.
.

4 komentar:

  1. Aduuuuuuuuuh........... ketiduran...... nyesel......... nyesel...... kapan ada lagi????????? ^_^ ^_^

    BalasHapus
  2. Gambarnya yang lain dong..

    BalasHapus
  3. kapan gerhana lgi...?

    BalasHapus
  4. da g nm'y gerhana satelit?

    by rama_zen@yahoo.com

    BalasHapus