Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Sabtu, 31 Maret 2007

Expo di Funday BMD

Yogyakarta-JAC: Sabtu ini 31/3 Jogja Astro Club (JAC) berkesempatan mengambil bagian dalam Expo pada acara Fun Day atas undangan Yayasan Budimulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Dalam stand yang bertajuk "Fun with Experiment" tersebut JAC menampilkan model sains berupa Water Rocket, Air Rocket, Canister Film Rocket dan Astro Puzzle. Kecuali JAC, turut meramaikan juga beberapa stand dari berbagai sponsor. ini juga merupakan bagian dari misi JAC "Bringing Astronomi to the People".
.
Selama kegiatan expo, para pengunjung yang kebanyakan anak-anak usia TK itu berkesempatan mencoba roket yang dipamerkan. Roket air yang yang sengaja disiapkan untuk demo tidak memungkinkan dicoba dikarenakan lokasi expo yang terlalu sempit. Sementara anak-anak justru senang mencoba roket udara yang telah disiapkan. Dengan menggunakan udara dari pompa sepeda yang disalurkan ke dalam botol minuman membuat roket terangkat ke atas dengan disertai suara yang cukup mengagetkan pengunjung lain. Permainan sans ini rupanya cukup diminati anak-anak.
.

.

Selain itu menggunakan roket canister film juga dilakukan eksperiment peluncuran. Bahan bakarnya adalah eversesent (fit-up) yang dimasukkan ke dalam air yang terdapat di dalam canister (tempat filem). Saat terjadi reaksi pembentukan gelembung udara membuat tekanan di dalam canister meningkat dan melepaskan penutupnya membuat canister tersebut meluncur ke atas. Dengan memodifikasinya menjadi bentuk sebuah roket membuat permainan ini cukup diminati juga oleh anak-anak. Sayang kegiatan hanya berlangsung beberapa jam saja karena sebelum tengah hari pameran sudah ditutup.

1 komentar:

  1. Klo water rocket itu siapa aj bisa buat kan ? gmana sie caranya membuat water rocket ? pingin coba :D

    BalasHapus