Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 25 Maret 2007

Asteroid Mendekat Bumi

Menjelang akhir bulan yaitu pada tanggal 31 Maret 2007 sebuah asteroid yang cukup besar dengan diameter lebih kurang 2 km akan berada pada jarak paling dekat dengan bumi. Pada saat tersebut asteroid berada pada jarak sekitar 0,023 SA (Satuan Astronomi) atau kira-kira 8,8 kali jarak bumi-bulan yaitu sekitar 4 juta kilometer. Namun jangan khawatir sebab jarak ini adalah jarak yang masih aman agar asteroid tidak tertarik oleh gravitasi bumi. Asteroid yang diberi nama 2006 V V 2 ini ditemukan pertama kali pada 11 November 2006 oleh Tim dari Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR) sebuah proyek penelitian NASA yang mengkhususkan diri pada deteksi terhadap benda-benda langit yang berkeliaran di sekitar orbit bumi.

.
Para pemburu asteroid diperkirakan mulai dapat mengamati asteroid ini pada malam tanggal 31 Maret dan 1 April 2007 yang akan datang. Pada saat itu kecerahan asteroid 2006 VV2 berada pada magnitude ke 9–10. Pada magnitude tersebut dengan menggunakan teleskop amatiran saja asteroid tersebut dapat terlihat. Berdasarkan data dari program Starrynight diketahui bahwa VV2 dapat diamati setelah matahari terbenam. Posisinya di langit Timur tepatnya di Rasi Leo. Malam itu juga akan nampak bulan yang menjelang purnama serta Planet Saturnus. Semakin malam posisinya akan semakin naik mengikuti pergerakan semu bintang-bintang. Namun untuk mengamati asteroid ini memang sangat sulit kalau belum profesional karena perlu ketelitian dan kemahiran membedakan sinar bintang dan asteroid kecuali juga teleskop yang berkualitas. Untuk itu bagi para amatir yang memiliki teleskop sekelas Meade LX200 jangan lewatkan kesempatan ini. Peta lintasan asteroid 2006 VV2

.

Apophis Menabrak Bumi?

.
Sampai sekarang telah ditemukan ratusan asteroid yang berkeliaran di sekitar orbit bumi dan dikenal sebagai Near Earth Object (NEO). Beberapa diantaranya masuk dalam kategori “asteroid berbahaya“ karena lintasannya sangat dekat dengan lintasan bumi bahkan ada yang menyilang. Salah satunya adalah asteroid 2004 MN4 yang belakangan dijuluki sebagai “Apophis” berukuran sekitar 400 meter dan diperkirakan nanti pada 13 April 2029 bakal menabrak bumi. Melihat ukurannya, Apophis memang tidak sebesar asteroid purba yang pernah menabrak bumi dan telah memusnahkan kehidupan dinosaurus. Namun benturan bumi dengan benda sebesar Apophis jika terjadi di tempat dan waktu yang tidak menguntungkan misalnya ditengah metropolitan yang padat penduduk atau dilaut sehingga akan memicu terjadinya megatsunami yang dapat meratakan daratan, maka dikhawatirkan dapat menjadi bencana global yang dapat memusnahkan sebagian besar penduduk bumi.

.


Peta Lintasan Apophis yang menyilang orbit bumi


Menanggapi berita-berita yang kini beredar di beberapa surat kabar maupun posting di beberapa milis tentang akan datangnya bencana yang disebabkan oleh asteroid Apophis ini pada 13 April 2029 nanti, maka kita seharusnya tidak perlu resah dan khawatir sebab hitungan awal yang dilakukan oleh para astronom tersebut memang masih hitungan kasar sehingga memiliki tingkat kesalahan yang besar. Sampai saat ini masih terus dilakukan pengamatan dan perhitungan yang lebih akurat oleh para astronom. Pengamatan dan perhitungan lebih lanjut yang dilakukan oleh para astronom mengenai pergerakan 2004 MN4 menunjukkan bahwa Apophis tidak akan menabrak bumi. Donald Yeoman, pimpinan proyek Near Earth Object (NEO) di laboratorium NASA mengatakan bahwa dibutuhkan jarak minimum 64.000 sampai 77.000 kilometer agar sebuah asteroid tertarik oleh gravitasi bumi (jarak bumi-bulan 385.ooo kilometer).

.

Sementara hasil perhitungan terbaru manunjukkan bahwa lintasan Apophis jauh lebih besar dari angka tersebut. Juga dengan difungsikannya beberapa observatorium yang ditugaskan memantau pergerakan Apophis maka semakin diketahui bahwa ramalan “Bencana 2029” adalah nol demikian juga untuk ramalan “Bencana 2037”. Hal ini berdasarkan laporan observasi yang dilakukan selama tahun 2006 lalu yang menyimpulkan bahwa Apophis berada pada Skala Torino NOL.

.

Gambar terakhir berdasarkan hasil observasi dan perhitungan yang lebih akurat menunjukkan bahwa Apophis yang dikhawatirkan menabrak bumi ternyata lintasannya masih sangat jauh dari bumi

.
Jadi tidak perlu ada kekhawatiran jika ada berita-berita berkenaan dengan "Bencana 2029" maupun "Bencana 2037". Sekali lagi, tidak ada tumbukan asteroid Apophis di 2029 :


.
Alhamdulillah Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk lebih banyak berbuat baik lagi di masa yang akan datang. Mati dan hidup hanya Tuhan yang menentukan. "Hidup ini hanya sementara... pesan Nabi tentang mati... janganlah takut mati karena pasti terjadi... setiap insan pasti mati... hanya soal waktu..... janganlah minta mati datang kepadamu.... dan janganlah kau berbuat sehingga  menyebabkan mati... jangan takut mati..... meski kau sembunyi... dia menghampiri... ingatlah pada kehidupan setelah kau mati... renungkanlah ini..."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar