Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Senin, 19 Februari 2007

Puting Beliung di Jogja


Sore itu di Bioskop Mataram satu-satunya bioskop kelas ekonomi yang masih tersisa di kota Jogja ini tengah memutar film Indonesia "Badai Pasti Berlalu". Di dalam gedung penonton yang berjumlah tidak lebih dari seratus orang ini tengah asyik menikmati bagian akhir cerita film tersebut ketika tiba-tiba listrik padam. Karena ditunggu juga tidak kunjung nyala semua penonton keluar gedung bioskop. Namun apa yang apa yang disaksikan setelah mereka keluar sungguh di luar dugaan. Hujan lebat disertai angin sangat kencang terjadi di depan mata para penonton bioskop ini. Tidak hanya itu tiba-tiba baliho raksasa di depan gedung roboh dan angin bercampur hujan serta sampah berhembus sangat kencang berputar-putar apalagi atap gedung bioskop juga rontok beterbangan genteng-gentengnya. Saksi mata juga menuturkan saat itu angin diselingi suara gemuruh menyebabkan atap seng dan genting beterbangan diterjang angin ini bahkan ada yang terlempar hingga jarak ratusan meter dan pohon-pohon bertumbangan ... beberapa tembok bangunan juga roboh, orang-orang yang berada di Stasiun Lempuyangan waktu itu berlarian menyelamatkan diri karena hampir separuh atap bangunannya habis tersapu angin.
.
Wuih.. untung gak jadi ke sana .. padahal sore itu udah janji sama beberapa kawan mau rukyat hilal untuk bulan Shafar dari lokasi dekat di stasiun ini, tapi karena mendung terpaksa dibatalkan... Lokasi itu memang tepat di dekat Jembatan Layang yang beberapa waktu lalu digunakan JAC untuk hunting Komet Mc Naught..
.
Yogyakarta kembali terdengar namanya setelah hampir setahun kota ini sempat menjadi sorotan dunia atas bencana alam gempa bumi yang merenggut lebih 6000 jiwa. Kali ini bencana terjadi kembali bukan karena fenomena geologis seperti tahun lalu melainkan akibat adanya fenomena atmosfer angin 'puting beliung' atau yang lebih populer dengan sebutan 'tornado' . Kali ini kedatangannya tidak tanggung-tanggung di tengah kota sehingga sempat merepotkan banyak pihak. Bangkit dari gempa lagi belum selesai mereka harus mendapat musibah berikutnya. Beruntung memang bencana ini tidak merenggut korban nyawa.... namun banyak yang luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit serta tentunya kerugian harta benda yang cukup besar, yah sudah menderita masih dibilang beruntung.. Kasihan Jogja .. kenapa bencana selalu berkunjung di kota ini?
.
Keesokan harinya saya sempatkan melihat serta mengambil gambar sisa-sisa reruntuhan akibat bangunan akibat 'puting beliung' ... sembari mengunjungi salah seorang kawan yang rumahnya di sekitar tempat kejadian .... ternyata yang saya lihat lebih parah dari yg saya bayangkan ...

.
Tornado yang sempat terekam kamera


Beberapa foto pasca 'tornado' Jogja

3 komentar:

  1. MasyaAllah, saya turut berduka kepada yang tertimpa musibah. Saya baru tahu kalau fenomena ini sama seperti yang digambarkan di film "Twister". Fenomena yang sama juga terjadi di Mars kan pak? Kalau ndak salah istilahnya "Dust Devil"?

    Terimakasih atas laporannya, pak.

    BalasHapus
  2. thank you banget buat informasinya and saya turut berduka cita semoga kita dapat mengambil hikmah dari apa yang dialami oleh saudara-saudara kita amin....!--

    BalasHapus
  3. di indonesia ga ada tornado mas,, adanya puting beliung,,, beda di skala, jadi ga bz disebut tornado,,
    afwan,,, ^_^

    BalasHapus