Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 01 Maret 2007

Astro Event Maret 2007

Gerhana Bulan Total event paling spektakuler di bulan Maret

Bulan Maret 2007 ini boleh dibilang merupakan masa transisi musim di bumi sebab di bulan inilah gerak tahunan matahari akan transit di garis ekuator dalam sebuah event yang sering disebut sebagai "Vernal Equinox". Selain event tersebut bulan Maret ini juga bakal menghadirkan serangkaian event-event astronomi menarik seperti fenomena Gerhana Bulan Total (GBT), Gerhana Matahari Sebagian (GMS), kenampakan cahaya Zodiak, info awal bulan Hijriyah serta event fase bulan serta berapa keterangan mengenai kenampakan planet pada bulan ini.
Kalender ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight Pro Versi 6 dan Generator Sky View Cafe serta beberapa sumber. Kita berharap dapat disuguhi langit cerah saat melakukan observasi langit khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.

.

Minggu, 4 Maret 2007

Bulan Purnama, 06:16 WIB (Geosentris)

Bulan purnama kali ini dikenal sebagai Lenten Moon atau Worm Moon. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap kebumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Bagaimana menurut anda?. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah sekitar pukul 21.00 saat ia tidak posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

..
Minggu, 4 Maret 2007 - ( Great Event !!! )

Gerhana Bulan Total (GBT), mulai 03:18 WIB

Gerhana Bulan Total akan kembali terjadi pada Minggu pagi (4/3) lepas Subuh. Gerhana bulan terjadi disebabkan matahari, bumi dan bulan segaris lurus, akibatnya bulan berada pada bayangan gelap bumi. Ini yang menyebabkan wajah bulan terlihat gelap. Info Lengkap kegiatan JAC menyongsong gerhana kali ini.

..
Selasa, 6 Maret 2007
Awal Cahaya Zodiak, 19:00 WIB

Malam ini merupakan awal terlihatnya kembali cahaya Zodiak yaitu cahaya yang disebabkan pantulan oleh berjuta debu antariksa yang berada di sepanjang bidang orbit planet. Cahaya ini dapat disaksikan setelah hilangnya warna merah di Langit Barat yang disebut astronomical twilight. Cahaya Zodiak berupa cahaya dengan warna remang-remang mirip kabut Bimasakti. Cahaya ini akan bisa diamati sampai 2 minggu ke depan terutama di daerah belahan Bumi Utara.

_

Rabu, 7 Maret 2007
Bulan @ Apogee, 10:38 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 405,848 km sudut angular 29' 15" ).

_

Senin, 12 Maret 2007

Bulan Kwartal Akhir, 10:55 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Timur, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
..

Senin, 19 Maret 2007

Bulan Baru, 09:43 WIB (Geosentris)

Bulan Baru (New Moon) kali ini merupakan akhir bulan Shafar 1428 H sekaligus mengawali bulan Rabiul Awal 1428 H. Bulan baru kali ini merupakan awal lunasi ke 1042.

..

Senin, 19 Maret 2007

Rukyatul Hilal Rabiul Awal 1428 Hijriyah, @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Rabiul Awal 1428 Hijriyah. Seperti biasanya JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal bulan ini. Kegiatan rukyat akan dipusatkan di lantai 2 Stadion UNY Kolombo. Data astronomis di Pos Observasi menunjukkan bahwa ijtimak/konjungsi bulan-matahari terjadi pada Senin, 19 Maret 2007 pada pukul 09:43 WIB. Tinggi bulan saat matahari terbenam sore harinya (17:50 WIB) menunjukkan angka 1°44' di arah kanan-atas matahari. Bagi masyarakat yang berminat dapat langsung hadir di lokasi.

.

..
Senin, 19 Maret 2007
Gerhana Matahari Sebagian, maksimum 09:43 WIB (Geosentris)
Hari ini terjadi gerhana Matahari Sebagian khususnya di wilayah Asia bagian Utara dan Uni Soviet. Gerhana akan dimulai pada 8:38 WIB mencapai maksimum pada pukul 09:43 WIB dan berakhir pada 11:25 WIB. Info lengkap

..

Selasa, 20 Maret 2007

Bulan @ Perigee, 01:40 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 357.815 km dengan diameter angular 32' 85" )

..
Rabu, 21 Maret 2007
Vernal Equinox, 01:40 WIB (Geosentris)

Adalah saat matahari melintas (berada tepat) di ekuator dan masuk di zona belahan Bumi Utara. Di Indonesia event ini menandai awal Musim Kemarau, sedangkan di Belahan Bumi Utara menandai awal Musim Semi (Spring). Sementara di Belahan Bumi Selatan menandai awal Musim Gugur (Autum/Fall). Biasanya di Pontianak (Kalimantan) Tugu Katulistiwa akan bebanjiran wisatawan untuk menyaksikan hari tanpa bayangan di tugu itu.

..

Kamis, 22 Maret 2007
Merkurius - Elongasi Maksimum, 09:00 WIB

Pagi ini kita akan saksikan Merkurius di Langit Timur yang tengah berada pada jarak elongasi terjauh dari matahari sebesar 27°44'. Saat seperti ini merupakan saat paling bagus untuk mengamatai planet ini. Saksikan Merkurius di Langit Timur pada pagi hari sebelum matahari terbit.

..

Senin, 26 Maret 2007

Bulan Kwartal Awal, 01:17 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbitpun bulan sudah terlihat menggantung di atas langit.

.

RASI BINTANG BULAN MARET 2007

.

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Maret ini diantaranya adalah munculnya Rasi Crux dilangit Selatan menjelang pukul 21:00 dengan empat buah bintangnya yang membentuk palang sehingga rasi ini sering dinamakan Salib Selatan. Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang0layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengaarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "Pointer".

Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan Maret ini diantaranya adalah Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit atas kepala lepas senja dengan bintangnya Betelgeuse yang berwarna merah dan Rigel. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Nebula Orion yang terkenal itu.

Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berada pada jarak 8,6 tahun cahaya. Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau Milkyway yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades atau sering disebut Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang ini mirip asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut. Pollux dan Castor juga nampak di Rasi Gemini. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang. [ DOWNLOAD PROGRAM PETA BINTANG ]

.


.
POSISI PLANET BULAN MARET 2007

.

CLASICAL PLANET

.

▓ Merkurius (Elongasi Maksimum) ▓

Merkurius kini dapat disaksikan pada pagi hari mulai awal bulan di Langit Timur sebelum matahari terbit. Pada 22 Maret planet ini mencapai sudut elongasi maksimum dari matahari. Merkurius kini berada di Rasi Capricornus.

.

▓ Venus ▓

Venus menjadi planet sore yang menampakkan diri setelah matahari terbenam. Mulai awal bulan di langit Barat kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Ketinggian planet ini ini saat matahari terbenam sekitar 25° dari horison. Venus sedang berada di Rasi Pisces dan posisinya semakin naik setiap sore.

.

▓ Mars ▓

Bulan ini Mars berada di langit Timur saat pagi hari dan berangsur-angsur menjauhi posisi matahari. Mulai awal bulan planet mulai dapat dilihat pada pagi hari di langit timur sebelum matahari terbit. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa, Mars mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Capricornus.

.

▓ Jupiter ▓

Jupiter masih merjadi planet pagi di Langit Timur sebelum matahari terbit. Planet ini semakin menjauh elongasinya terhadap matahari sehingga mulai awal Februari ini mudah diamati. Sampai akhir bulan nanti planet ini berada di Rasi Ophiuchus.

.

▓ Saturnus ▓

Bulan ini Saturnus berada pada posisi di arah Timur mulai lepas petang hari. Sekitar pukul 20 malam planet ini terlihat di Timur dengan cahayanya yang cukup terang. Saturnus terus naik posisinya sehingga lebih mudah diamati. Amat mudah sebenarnya membedakan cahaya planet dan cahaya bintang. Coba cari Saturnus dengan melihat cahayanya. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Bulan ini Saturnus sedang berada di Rasi Leo. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Saturnus kini berada di Rasi Leo.

.

▓ Uranus ▓

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

▓ Neptunus ▓

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.
.

DWARF PLANET

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

.

▓ Ceres ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

▓ Pluto ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, sekitar posisi matahari.

.

▓ ERIS ( nama baru untuk XENA-2003UB313 ) ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, posisi di atas kapala setelah matahari terbenam.
.

.

.

Download Event 2007

.

Links Sourche:

http://space.com

http://skymap.com

http://astronomy.com

http://skytonight.com

.

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Plus Versi 6 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc





Tidak ada komentar:

Posting Komentar