Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Jumat, 01 September 2006

Astro Event September 2006

Backyard Astronomy, berbagi dengan teman dan tetangga

Bulan September 2006 wilayah Indonesia masih cukup bagus untuk pengamatan langit khususnya malam hari. Apalagi di akhir bulan ini merupakan awal Ramadhan 1427 H. dimana pada bulan ini biasanya cenderung banyak masyarakat yang senang bangun malam untuk melaksanakan ibadah shalat malam dan sahur. Untuk itu jangan lupa juga manfaatkan kesempatan malam hari menikmati hamparan langit yang penuh dengan keajaiban yang tersembunyi di dalamnya. Event Astronomi Indonesia berikut di susun berdasarkan almanak astonomi dan berbagai sumber serta sudah dikonversi untuk lokasi dan waktu Indonesia. Anda juga bisa download Peta Bintang untuk September 2006. Happy skygazing. Clear & darksky to you...

Jumat, 1 September 2006
Planet Merkurius Super Konjungsi, 11:49 WIB (Geosentris)
Planet Merkurius sedang berada pda posisi membelakangi Matahari.

Jumat, 1 September 2006
Bulan Kwartal Awal, 05:56 WIB (Geosentris)
Terbit : 11:172 WIB ♣ Transit: 17:47 WIB ♣ Terbenam: 00:18 WIB
Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbitpun bulan sudah terlihat menggantung di atas langit.

Sabtu, 2 September 2006 (Club Event)
JAC Astronomy Road Show 2 @ 19.00 - 22.00 WIB
Kali ini event Roadshow berencana dipusatkan di Halaman Gd. Mandala Bhakti Wanitatama Yogyakarta. Menampilkan ♣ Lunar-Planetary Imaging & Viewing ♣ Video Astonomy by Screen ♣ Planetarium Software ♣ Astronomy Pictures Slide Show ♣ Sharing ♣

Senin, 4 September 2006 (Club Event)
HAAJ Astro Party di Pusat Kebudayaan Jepang, Jakarta.
Kerjasama Astronomi Jepang - Indonesia. Menghadirkan Dr. Hakim L Malasan (Dewan Pembina Gunma Observational Japan) dan Staf Ahli Planetarium Jakarta. Terbuka untuk Umum. Informasi dan pendaftaran
Vinsensius HP : 0856 156 3956.

Selasa, 5 September 2006
Planet Uranus Oposisi Maksimum 17:54 WIB (Geosentris)
Planet Uranus sedang mengalami oposisi (purnama). Dengan kecerlangan yang hanya sekitar magnitude 5,7 membuatnya sulit dilihat langsung dengan mata maupun bionokuler, kecuali menggunakan teleskop. Ia berada di Rasi Aquarius.

Rabu, 6 September 2006
Planet Venus Perihelion, 19:00 WIB (Geosentris)
Saat ini Venus sedang berada pada posisi paling dekat dari matahari.

Kenampakan bulan saat Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yad.

Kamis malam Jumat, 7- 8 September 2006 ( Jangan Lewatkan.!!!!!! )
Gerhana Bulan Sebagian, Maksimum 01:51 WIB (08 Sep.)
Gerhana Bulan Sebagian (GBS) adalah peristiwa tertutupnya muka bulan oleh sebagian bayang umbra (gelap) bumi sehingga muka bulan masih terlihat terang kecuali sedikit bagian yang tertutup umbra. Berikut jadwal peristiwa gerhana tsb.
P1, Penumbra Mula : 23:42 WIB
U1, Umbra Mula : 01:05 WIB
Max, Umbra Maksimum : 01:51 WIB
U2, Umbra Akhir : 02:37 WIB
P2, Penumbra Akhir : 04:00 WIB
Gerhana ini hanya bisa disaksikan oleh sebagian besar wilayah Asia termasuk Indonesia. Gunakan binokuler atau teleskop untuk pengamatan terbaik.

Jumat, 8 September 2006
Bulan Purnama, 01:42 WIB (Geosentris)
Terbit : 18:12 WIB ♣ Transit: 00:45 WIB ♣ Terbenam: 06:36 WIB
Malam ini Bulan Purnama, sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan secara keseluruhan. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting atau mirip gambar kelinci. Bagaimana menurut anda? Cobak keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka. Ei.., sambil lihat Gerhana lho..

Jumat, 8 September 2006
Bulan Perigee, 10:00 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dengan bumi sejauh 357175 km
.
Kamis, 14 September 2006
Bulan Kwartal Akhir, 18:15 WIB (Geosentris)
Terbit : 22:58 WIB ♣ Transit: 04:55 WIB ♣ Terbenam: 10:52 WIB
Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Timur, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung di langit.

Selasa, 19 September 2006

Bulan dan Planet Saturnus, 04:30 WIB
Fenomena cukup indah pagi ini adalah Bulan Sabit Tua di Langit Timur yang berada bersebelahan dengan Planet Saturnus hanya terpisah sekitar 4°.

Jumat, 22 September 2006
Bulan Apogee, 12:00 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi sebesar 406500 km
.
Jumat, 22 September 2006
Bulan Baru, 18:45 WIB (Geosentris)
Bulan Baru (New Moon) kali ini merupakan akhir bulan Sya'ban 1427 H sekaligus mengawali bulan Ramadhan 1427 H.

Jumat, 22 September 2006 (Alert!!!)
Rukyatul Hilal Ramadhan 1427 Hijriyah, @ sunset
Sore ini merupakan saat pelaksanaan
rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1427 Hijriyah. Pada hari ini Badan Hisab dan Rukyat (BHR) selutuh Indonesia melakukan kegiatan Rukyat Hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1427 H yang akan disahkan melalui Sidang Itsbat pada malam harinya. Tinggi hilal menurut perhitungan astronomis masih di bawah horison saat matahari terbenam sehingga bulan Sya'ban akan digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari sehingga Awal Ramadhan pada Minggu, 24 September 2006. JAC bersama Tim Hisab Rukyat dari Depag serta Mahasiswa dan Dosen FIAI UII akan menggelar kegiatan rukyat di Pantai Parangkusumo.

Jumat, 22 September 2006
Gerhana Matahari Cincin, 18:45 WIB (Geosentris)
Gerhana Matahari Cincin (GMC) adalah Gerhana Matahari dimana lebar piringan matahari lebih besar daripada piringan bulan yang menutupi sehingga saat maksimumnya piringan matahari akan terlihat seperti cincin. Pada peristiwa GMC kali ini wilyahan Indonesia tidak dapat menyaksikan karena terjadi di belahan bumi Barat.

Sabtu, 23 September 2006
Equinox, 05:23 WIB (Geosentris)
Equinox adalah saat dimana posisi matahari tepat berada di garis Kalutistiwa (Ekuator). Pada hari ini panjang siang tepat sama dengan malam, tidak ada bayangan di katulistiwa saat tengah hari. Musim Gugur (Autum/Falling) di belahan bumi Utara dan Musim Semi (Spring) di belahan bumi Selatan.

Minggu, 24 September 2006
Bulan dan Planet Merkurius, 18:30 WIB
Sore ini selepas matahari terbenam kita dapat menyaksikan Bulan Sabit Muda berda sangat dekat dengan Planet Merkurius di langit Barat.

Selasa, 26 September 2006
Bulan dan Planet Jupiter, 18:30 WIB
Sore ini selepas matahari terbenam kita dapat menyaksikan Bulan Sabit Muda berda sangat dekat dengan Planet Jupiter di langit Barat.
.
Sabtu, 30 September 2006
Bulan Kwartal Awal, 18:04 WIB (Geosentris)
Terbit : 11:02 WIB ♣ Transit: 17:33 WIB ♣ Terbenam: 23:46 WIB
Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbitpun bulan sudah terlihat menggantung di atas langit.


Pointing, mengincar Planet Jupiter perlu kesabaran dan keuletan


▓ Posisi Planet September 2006 ▓

Clasical Planet

Merkurius
Selama bulan September 2006 Planet ini amat sulit dilihat kecuali pada akhir bulan planet ini mulai beranjak naik di langit Barat pada sore hari selepas sunset. Merkurius kini berada di Rasi Virgo.

Venus
Venus masih menjadi planet yang menampakkan pada pagi hari selama awal bulan September sampai pertengahan bulan setelah itu ia berada di belakang matahari. Lihatlah ke arah Timur sebelum matahari terbit dan temukan cahaya Planet Venus yang cukup terang. Venus sedang berada di Rasi Virgo.

Mars
Bulan ini Mars semakin turun saja posisinya di langit Barat saat sore sehingga hampir mustahil dapat mengamati Mars disebabkan ketinggiannya yang yang terlalu dekat dengan Matahari Terbenam. Mars sedang berada di Rasi Virgo.

Jupiter
Selama bulan September 2006 Jupiter adalah planet yang selalu terlihat setiap malam dengan cahayanya yang cukup cemerlang. Jupiter menjadi benda langit paling terang selama bulan ini setelah Bulan dan Venus. ia berada di langit sebelah Barat dan terus posisinya semakin turun saat menjelang malam. Di akhir bulan, planet ini terbenam sekitar pukul 19.30 WIB. ia berada di Rasi Libra.

Saturnus
Bulan ini Saturnus sedang pada posisi di arah Timur pagi hari menjelang matahari terbit. Planet ini terus naik posisinya sehingga lebih mudah diamati. Kini Saturnus sedang berada di Rasi Leo.

Uranus
Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius.

Neptunus
Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus.

Baca Peta Bintang: Astronomi Tanpa Teleskop

Dwarf Planet
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planrt ke-9 serta Xena (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

Ceres
Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Piscis Austrinus sebelah selatan Capricornus.

Pluto
Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius.

2003UB313 "XENA"
Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi 2003UB313 kini sedang di sekitar Rasi Cetus.

Download Event 2006 versi PDF

Links Sourche:
http://space.com
http://skymap.com
http://astronomy.com

Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Versi 5.8.2 from
Imaginova Corp.
Sky View Cafe from Aladdin Systems, Inc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar