Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 01 April 2007

Astro Event April 2007

Memasuki bulan April 2007 yang merupakan bulan penghujung akhir musim hujan di Indonesia masih menjadi bulan yang kurang ideal untuk pengamatan langit. Seperti kebiasaan tahun-tahun sebelumnya April akan sering diguyur hujan lebat sehingga sehari-harinya langit Indonesia cenderung rata tertutup awan. Namun jangan pesimis sebab pasti ada cerah diantara mendung tersebut.
.
Bulan ini bakal menghadirkan serangkaian event-event astronomi menarik diantaranya adalah kembali nampaknya Lyrids Meteor Shower yaitu fenomena hujan meteor yang yang menampakkan diri pada setiap April dan merupakan fenomena yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu fenomena-fenomena berkait dengan bulan misalnya dekatnya bulan dengan obyek-obyek langit lain, perubahan fase bulan, informasi awal bulan Kalender Hijriyah serta kenampakan planet-planet masih mengisi daftar event astronomi bulan ini.
.
April kali ini juga merupakan bulan saat berlangsungnya astronomy week dan astronomy day sebuah perayaan budaya masyarakat astronomi dunia yang pada tahun 2007 ini jatuh pada bulan April. Kenapa tanggal 21 April 2007? Peringatan Hari Astronomi ini dari tahun ke tahun jatuh pada tanggal yang berbeda. Hari Astronomi ditetapkan untuk diperingati tiap tahun pada tanggal tertentu antara pertengahan April sampai pertengahan Mei hari-hari dimana Dough sang perintis astonomy day melakukan aktivitasnya. Hari Astronomi ditetapkan yaitu pada hari Sabtu saat fase bulan sekitar atau sebelum seperempat awal (berumur sekitar tujuh hari). Nah, untuk tahun 2007 ini, antara pertengahan April dan pertengahan Mei, fase bulan seperempat awal terjadi hari Sabtu tanggal 21 April. Apalagi pada tanggal tersebut saat puncak Hujan Meteor Lyrids. Maka tanggal tersebut dijadikan sebagai Hari Astronomi (Astronomy Day) dan tanggal 16 s.d 22 April dijadikan sebagai Minggu Astronomi (Astronomy Week).
.
Kalender event ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight Pro Versi 6 dan Generator Sky View Cafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky. Meteor Shower tahun 2001 oleh Tony Daphne Hallas dari California
.
Selasa, 3 April 2007

Bulan Purnama @ 00:15 WIB (Geosentris)

Bulan purnama kali ini dikenal sebagai Egg Moon atau Pink Moon sementara di India disebut Hanuman Jayanti. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap kebumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Bagaimana menurut anda?. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 21.00 saat ia tidak posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

.

Selasa, 3 April 2007
Bulan Apogee @ 15:39 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 406.326 km sudut angular 29' 25" ).

.

Selasa, 3 April 2007

Bulan - Bintang Spica @ 19.00 WIB

Langit Timur setelah matahari terbenam, saat bulan terbit bersebelahan dengan bintang Spica yaitu bintang paling terang di rasi Virgo.

.

Minggu, 8 April 2007

Bulan - Jupiter @ 23:30 WIB

Langit Timur menjelang tengah malam bulan terbit dan bersebelahan dengan planet terbesar kita Planet Jupiter yang cukup terlihat terang di sebelah kiri atasnya.

.

Selasa, 10 April 2007

Venus - Pleiades @ 18:30 WIB

Sore hari Langit Barat terlihat Planet venus bersebelahan dengan gugus Pleiades (Jw. Kemukus?) di Rasi Taurus.

.

Rabu, 11 April 2007

Bulan Kuartal Akhir @ 01:04 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan terbit pada tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

.

Sabtu, 14 April 2007

Bulan - Mars @ 04:00 WIB

Menjelang Subuh pagi ini Langit Timur akan dihiasi pemandangan Bulan yang berada hanya beberapa derajat tepat di atas Mars si planet merah.

.

Selasa, 17 April 2007

Bulan Baru @ 18:36 WIB (Geosentris)

Bulan Baru (New Moon) kali ini merupakan akhir bulan Rabiul Awal 1428 H sekaligus mengawali bulan Rabiul Akhir 1428 H. Bulan baru kali ini merupakan awal lunasi ke 1043.

.

Selasa, 17 April 2007

Rukyatul Hilal Rabiul Akhir 1428 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Rabiul Akhir 1428 Hijriyah. Seperti biasanya JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal bulan ini. Kegiatan rukyat kali ini JAC berencana menuju Semarang untuk melakukan rukyat dari menara Masjid Agung Semarang sekaligus mencoba peralatan rukyat termasuk teleskop rukyat terpandu komputer. Acara ini atas undangan BHR provinsi DIY dalam acara Studi Banding ke BHR Jawa Tengah. Adapun kegiatan rukyat diadakan pada Rabu, 18 April 2007 saat hilal sudah diatas horison. Sementara pada hari Selasa 17/04 tidak diadakan rukyat dikarenakan tinggi hilal minus pada hari saat terjadinya ijtimak.

.


Hilal masih berada di bawah horison saat hari terjadinya ijtimak Selasa 17/04

.

Selasa, 17 April 2007

Bulan Perigee @ 12:56 WIB (Geosentris)

hari ini bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 357.137 km dengan diameter angular 32' 85" )..

.
Jumat, 20 April 2007

Bulan - Venus @ 18:30 WIB

Sore ini di Langit Barat terlihat bulan sabit muda yang masih berusia 3 hari bersebelahan dengan Planet Venus.

.

Sabtu, 21 April 2007
ASTRONOMY DAY 2007 @ 09:00 - 22:00 WIB ( CLUB EVENT )

Bertempat di halaman gedung Mandala Bhakti Wanitama, hari ini JAC mengerahkan seluruh kekuatannya meneruskan perjuangan Dough Berger memasyarakatkan astronomi. Dengan tema "Bringing Astronomy to the People" JAC berencana menggelar pameran yang menampilkan berbagai hal yang berkaitan dengan astronomi. Poster, pertunjukan slide, pemutaran film, pameran buku astro, peralatan astro, games dan tidak ketinggalan demo water rocket akan digelar selama kegiatan Astronomy Day ini. JAC Astronomy Day 2006

.

Minggu, 22 April 2007

Meteor Shower Lyrids @ midnight sampai subuh ( best event..! )

Malam ini kita dapat menyaksikan fenomena hujan meteor Lyrids atau Lyrids Meteor Shower. Titik Radian meteor ini berasal dari rasi Lyra yang baru akan tebit menjelang tengah malam di langit sebelah Timur Laut. Sementara cahaya bulan yang dikhawatirkan dapat mengganggu observasi baru akan terbit menjelang pukul 02:00 dinihari sehingga waktu terbaik untuk pengamatan adalah tengah malam sampai sebelum munculnya bulan. Di Rasi Lyra terdapat bintang yang cukup terang yaitu bintang Vega yang dapat dijadikan panduan arah meteor ini. Saat puncaknya Lyrids dapat menampakkan meteor antara 10 hingga 20 meteor setiap jamnya. Tunggu apa lagi segera siapkan segala sesuatunya untuk menyambut event yang satu ini. Teknik Observasi Meteor.

.

Selasa, 24 April 2007

Bulan Kwartal Awal, 13:36 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenam bulan sudah terlihat menggantung di atas langit.

.

Rabu, 25 April 2007

Bulan - Saturnus @ 18:00 WIB

Sore hari selepas matahari terbenam kita dapat menyaksikan langit di atas kepala pemandangan menarik bulan yang masih fase kwartal awal bersebelahan dengan planet bercincin Saturnus. Fenomena yang cukup menarik seandainya pula dapat diabadikan dalam bentuk foto. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk menghasilkan gambar ini.

.

Senin, 30 April 2007

Bulan Apogee @ 17:58 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 406.208 km sudut angular 29' 42" ).


Rasi Orion terbit di Lynn Mountain, Elizabethton, USA. Foto diambil oleh Larry Souders menggunakan kamera Canon EOS 1D pada asa 400 pencahayaan 30 detik dan f 3.5
.

RASI BINTANG BULAN APRIL 2007

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan April ini diantaranya adalah munculnya Rasi Crux dilangit Selatan menjelang pukul 21:00 dengan empat buah bintangnya yang membentuk palang sehingga rasi ini sering dinamakan Salib Selatan. Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang-layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengaarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "Pointer".

Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan Maret ini diantaranya adalah Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit atas kepala lepas senja dengan bintangnya Betelgeuse yang berwarna merah dan Rigel. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Nebula Orion yang terkenal itu.

Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berada pada jarak 8,6 tahun cahaya. Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau Milkyway yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades atau sering disebut Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang ini mirip asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut. Pollux dan Castor juga nampak di Rasi Gemini. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang. [ DOWNLOAD PROGRAM PETA BINTANG ]


.

.
POSISI PLANET BULAN APRIL 2007

♣♣ CLASICAL PLANET ♣♣

▓ Merkurius ▓

Merkurius pada bulan ini agak sulit disaksikan dikarenakan posisinya yang terlalu rendah walau masih kemungkinan dapat disaksikan di Langit Timur sebelum matahari terbit. Merkurius kini berada di Rasi Aquarius.

.

.

▓ Venus ▓

Venus menjadi planet sore yang menampakkan diri setelah matahari terbenam. Mulai awal bulan di langit Barat kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Ketinggian planet ini ini saat matahari terbenam sekitar 29° dari horison. Venus sedang berada di Rasi Aries dan posisinya semakin naik setiap sore.

.

.

▓ Mars ▓

Bulan ini Mars berada di langit Timur saat pagi hari dan berangsur-angsur menjauhi posisi matahari. Mulai awal bulan planet mulai dapat dilihat pada pagi hari di langit timur sebelum matahari terbit. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa, Mars mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Aquarius.

.

.

▓ Jupiter ▓

Jupiter masih merjadi planet pagi di Langit Timur selepas tengah malam. Planet ini semakin menjauh elongasinya terhadap matahari sehingga mulai April ini mudah diamati. Sampai akhir bulan nanti planet ini berada di Rasi Ophiuchus.

.

.

▓ Saturnus ▓

Bulan ini Saturnus berada pada posisi di arah Timur mulai lepas petang hari. menjelang malam planet ini terlihat di langit atas kepala dengan cahayanya yang cukup terang. Saturnus terus naik posisinya sehingga lebih mudah diamati. Amat mudah sebenarnya membedakan cahaya planet dan cahaya bintang. Coba cari Saturnus dengan melihat cahayanya. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Bulan ini Saturnus sedang berada di Rasi Leo. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Saturnus kini berada di Rasi Cancer.

.

.

▓ Uranus ▓

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius, Langit Timur sebelum matahari terbit.

.

.

▓ Neptunus ▓

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur sebelum matahari terbit.

.

.

.

♣♣ DWARF PLANET ♣♣

.

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

.

.

▓ Ceres ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

.

.

▓ Pluto ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, sekitar posisi matahari.

.

.

.

▓ Eris ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, posisi di atas kepala setelah matahari terbenam.

.

.

.

Download Event 2007

.

Links Source:

http://space.com

http://skymap.com

http://astronomy.com

http://skytonight.com

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Plus Versi 6 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc


6 komentar:

  1. tanggal 21 juga ultahnya HAAJ pak.

    oh iya, kira2 bapak tau sejarahnya kenapa astronomy week and day dilaksanakan pada bulan april?


    makasih

    BalasHapus
  2. halo.....

    Saya pendatang baru nih, saya senang karena telah ada website yang berhubungan tentang astronomi. Saya baru tau nih... Saya dapat link ini dari google.

    Apa ada mailing list untuk web-web tentang astrononomi seperti ini?

    BalasHapus
  3. Saya mau tanya nich??

    Kapan yach bulan purnama terjadi tahun 2007?

    Dibulan Juli dan Agustus kira kira kapan yach, gimana tuh ngitungnya?

    BalasHapus
  4. hai........
    qu baru tau ternyata mendalami rasi bintang itu menarik setelah membaca sebuah novel...
    ada suatu bintang yang paling terang sekitar jam 9 malam apabila di lihat dari puncak, karena langit puncak sangat indah pada malam hari bintang itu ada 3 dengan membentuk segitiga, qu lupa namanya apa tapi qu yakin untuk para astrology pasti tahu....

    BalasHapus
  5. Pak saya punya, teleskop usang di rumah. Sayang, gak ngerti baca peta bintang...selama ini dipake iseng aja lihat bulan. Ada tutorialnya gak ya?

    BalasHapus
  6. ternyata menarik ngomongin soal rasi bintang coz aq juga pernah baca novel unik yang ngebahas banyak soal rasi gitu.menarik bnget

    BalasHapus