Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Sabtu, 01 Desember 2007

Astro Event Desember 2007

Ulysses NASA-ESA memulai eksplorasi kutub Utara matahari.
.
Langit malam hari-hari selama bulan Desember nampaknya akan kurang menguntungkan bagi para stargazer dan astromania di Indonesia. Sudah bisa ditebak bahwa bulan ini akan penuh hari-hari tanpa langit cerah. Namun demikian kita hanya bisa berharap ada cerah diantara awan dan mendung walau hanya beberapa saat. Dan biasanya justru cerah pasca hujan turun justru akan membuat langit semakin bersih dari polusi.
.
Berikut adalah Kalender Event Astronomi Indonesia untuk bulan Desember 2007. Ada beberapa event menarik misalnya peristiwa Hujan Meteor terindah tahun ini yaitu Geminids Meteor Shower serta kembali si Planet "Merah" Mars pada jarak terdekat dengan Bumi atau yang sering disebut dengan peristiwa oposisi. Kecuali itu juga ada event astronomi yang lain dari mulai perubahan fase bulan, konjungsi, okultasi, greatest elongation, perigee dan apogee bulan, serta peristiwa-peristiwa astronomi yang lain serta tidak ketinggalan adalah data Rukyatul Hilal Penentuan Awal Zulhijjah 1428 H yang akan menjadi pedoman penentuan kapan jatuhnya Idul Adha tahun ini.
...
Kalender Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi walaupun musim hujan sudah bersama kita. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.

.

Minggu, 2 Desember 2007
Bulan - Saturn, 1:00 WIB
Pagi ini di Langit Timur lepas tengah malam dapat disaksikan bulan tua yang pada usia 23 hari berada dekat dengan Saturnus, planet yang memiliki cincin indah itu.

.

Minggu, 2 Desember 2007
Last Quarter Moon @ 19:44 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

...

Kamis, 6 Desember 2007

Moon - Venus - Spica @ 03:00 WIB

Pagi dinihari ini terlihat bulan tua (Waning Crescent) menjelang akhir Zulhijjah di Langit Timur mendampingi Planet Venus di Sebelah Utara dan Spica bintang paling terang di Rasi Virgo berada di sebelah atasnya. Ketiganya mebnetuk sebuah segitiga dengan jarak hanya sekitar 7° diantaranya.
..

Kamis, 6 Desember 2007
Moon Apogee @ 23:55 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 406.234 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling jauh dari bumi. [ info ]

..

Senin, 10 Desember 2007

New Moon @ 00:42 WIB (Geosentris)

Bulan Baru kali ini merupakan akhir bulan Zulqaidah 1428 H sekaligus mengawali bulan Zulhijjah 1428 H. Bulan baru kali ini merupakan lunasi ke 1051. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk penanggalan lunar atau bulan seperti kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai. Akibatnya di seluruh dunia bisa saja terjadi perbedaan awal bulan bahkan sampai berselisih 4 hari.

...

Senin, 10 Desember 2007

Rukyatul Hilal - Zulhijjah 1428 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Zulhijjah 1428 Hijriyah dari POS Observasi Hilal Parangkusumo. Kali ini juga JAC benrencana menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal Zulhijjah. Pada hari pertama terjadinya ijtimak ketinggian hilal di Pos Parangkusumo menurut kalkulasi program Starrynight adalah 6°28' sebuah angka yang memungkinkan hilal dapat dirukyat.

Sementara Pemerintah melalui Badan Hisab Rukyat (BHR) melaksanakan rukyat justru pada Minggu, 9 Desember 2007. Hal ini disebabkan saat penentuan awal Zulqaidah lalu pemerintah menggunakan kriteria 2°. Sehingga tanggal 29 Zulqaidah akan jatuh pada hari tersebut. Analisis dan prakiraan 1 Zulhuijjah menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI). Rukyat penentuan awal Zulhijjah ini akan menjadi acuan kapan hari raya Idul Adha dilaksanakan.

..



Jumat, 14 Desember 2007
Puncak Meteor Shower Geminids, 23:45 WIB (Geosentris)

Mulai pukul 21 malam sampai menjelang pagi kita dapat menyaksikan puncak Hujan Meteor Geminids (GEM-IMO37) namun beberapa meteor dapat terlihat mulai tanggal 7 - 17 Desember. Radiant meteor ini berada di arah Timur-Laut tepatnya di Rasi Gemini. Rasi ini tampak di langit Timur mulai pukul 20:00 WIB waktu sore dan terus bergerak ke Barat hingga pagi. Geminids dapat menampakkan meteor sampai 120 kilatan setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 35 km/s. Meteor shower Geminids ini cukup spektakuler karena sering membuat goresan cahaya berwarna-warni. Geminids diyakini berasal dari debu sisa asteroid 3200/Phaethon. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah setelah radiant muncul sekitar pukul 20:00 WIB saat bulan sudah terbenam hingga pagi hari sebelum cahaya Timur merembang. Kali ini merupakan saat terbaik untuk pengamatan Geminids sebab tidak terganggu cahaya bulan dan waktu pengamatan dapat dilakukan mulai sore hari. ( Teknik Observasi Meteor )

.. ..

Senin, 17 Desember 2007

First Quarter Moon, 17:18 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit. Malam ini bulan berada di sisi atas Rasi Pisces. .

...

Senin, 17 Desember 2007
Mercury Superior Conjunction @ 22:26 WIB
Planet Merkurius berada paling jauh di belakang matahari untuk memulai kembali Planet ini menjadi Planet Sore setelah beberapa lama menjadi Planet yang muncul pada pagi hari. Nantinya Merkurius akan dapat disaksikan di Langit Barat pada sore setelah matahari terbenam pada akhir bulan.

..

Selasa, 18 Desember 2007

Mars at Perigee @ 22:26 WIB

Hari ini Planet Mars berada pada jarak paling dekat dengan bumi yaitu sekitar 88,2 juta km. Waktu ini adalah saat paling bagus mengamati Planet Mars dikarenakan cahayanya mencapai magnitude paling terang yaitu sekitar -1,5. Bualan tentang Mars sebesar bulan purnama adalah mustahil. Sebab pada jarak terdekat kali ini saja bulatan Mars hanya 1/1000 lebih dari bulatan bulan.

..

Kamis, 20 Desember 2007

Saturn Retrograde Motion Start @ 19:15 WIB (Geosentris)

Hari ini Planet Saturnus memulai gerak retrogradenya. Gerak retrograde adalah semu planet ke arah sebaliknya relatif terhadap posisi bintang yang terjadi akibat posisi gerak planet dan gerak bumi bumi. Masa retrograde Planet Saturnus berlangsung sekitar 138 hari dan terjadi setiap 12,4 bulan sekali.

..

Sabtu, 22 Desember 2007
Moon Perigee @ 17:12 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 360.816 km ). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling dekat dengan bumi [ info ]

...

Sabtu, 22 Desember 2007
December Solstice, 13:08 WIB (Geosentris)

December Solstice adalah saat dimana posisi matahari berada di titik balik Selatan atau sering disebut sebagai Tropic of Capricorn yaitu garis paralel 23ยบ 27’ di Selatan Katulistiwa (Ekuator) bumi. December Solstice menandai musim dingin di belahan Utara dan musim panas di belahan Selatan. Sebutan lain oleh orang Amerika/Eropa adalah Winter Solstice karena di tempat mereka sedang musim dingin. Namun di Australia sebutan ini menjadi Summer Solstice karena sedang musim panas. Coba perhatikan serta amati, posisi matahari akan mulai bergeser lagi ke Utara. Peristiwa Solstice merupakan bagian peristiwa akibat perputaran bumi mengelilingi matahari sementara sumbu bumi miring terhadap bidang edarnya.

...

Senin, 24 Desember 2007

Jupiter Conjuction @ 00:49 WIB (Geosentris)

Hari ini Jupiter berada pada posisi segaris tepat di belakang matahari. Berimpitnya posisi Jupiter dengan matahari ini menyebab mustahil dapat menyaksikan Jupiter saat ini karena Jupiter betul-betul tertutup oleh bulatan matahari. Selanjutnya Jupiter baru dapat disaksikan lagi sekitar sebulan yang akan datang di Langit Timur pada pagi sebelum matahari terbit.

...

Senin, 24 Desember 2007

Full Moon @ 08:16 WIB (Geosentris)

Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Oak Moon atau Cold Moon sementara di India disebut Margashirsha Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

..
Senin, 24 Desember 2007

Mars Opposition @ 02:437 WIB

Mars tepat berada pada fase purnama yaitu terlihat penuh seluruh permukaannya karena beroposisi terhadap posisi matahari. Terbit di Timur saat setelah matahari terbenam dan di atas zenih saat tengah malam. Fase oposisi merupakan saat paling bagus untuk mengamati planet ini. Gunakan teleksop dengan pembesaran di atas 100x untuk dapat menyaksikan detil muka planet. Sekilas planet ini terlihat berupa bintik warna merah terang. Saat ini Mars berada di Rasi Gemini dengan kecerlangan mencapai -1,6 pada skala magnitude...

..

Senin, 24 Desember 2007

Moon - Mars @ 23:00 WIB

Langit Timur lepas matahari terbenam bulan dekat dengan Planet Mars. Malam ini keduanya berada pada sudut elongasi sekitar 8°. Pemandangan yang cukup menariuk untuk disaksikan.

...

Jumat, 28 Desember 2007

Moon - Saturn @ 22:00 WIB

Malam ini duet antara Bulan dan Planet Saturnus dapat disaksikan mulai menjelang tengah malam. Peristiwa ini dapat diamati di Langit Timur menjelang tengah malam hingga menjelang pagi.

..

Senin, 31 Desember 2007
Last Quarter Moon @ 14:51 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

....

RASI BINTANG DESEMBER 2007

.

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Desember ini diantaranya adalah munculnya Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit Timur lepas tengah malam yang dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh para petani. Kenampakan Rasi Orion memang selalu pada awal musim penghujan yaitu awal Oktober sampai November. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berda pada jarak 8,6 tahun cahaya.

Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades atau sering disebut Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang ini mirip asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut..... ...




Klik untuk memperbesar


... .. ..

POSISI.PLANET DESEMBER 2007

.

CLASICAL PLANET.

..

..

Merkurius

Planet Merkurius selama bulan ini dapat disaksikan di Langit Timur sebelum matahari terbit. Dari awal bulan posisinya semakin naikl hingga pada akhir perempat bulan planet ini mengalami elongasi maksimum dari posisi matahari. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Virgo.

..

..

Venus

Planet Venus kini menjadi planet pagi yang menampakkan diri sebelum matahari terbit. Selama awal bulan ini di langit Timur kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Dan pada 28 Oktober yang lalu planet ini akan mencapai elongasi maksimumnya. Venus pada awal bulan di Rasi Leo.

..

..

Mars

Planet Mars berada di langit Timur menjelang tengah malam dan dinihari di Langit Timur berada dekat dengan Rasi Orion. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini masih berada di Rasi Taurus sebelah atas tangan Orion.

..
..
Jupiter

Planet Jupiter masih menjadi planet sore di Langit Barat selepas senja. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sampai akhir bulan nanti planet Jupiter berada di Rasi Ophiuchus bersebelahan dengan Rasi Scorpius dengan bintangnya Antares yang terlihat berwarna merah. Saat sore Jupiter makin lama makin ke arah Barat sehingga pada akhir bulan planet ini semakin sulit diamati.

..

..

Saturnus

Planet Saturnus berada di Langit Timur sebelum terbit matahari berada dekat-dekat dengan planet Venus yang terlihat terang. Ia posisinya semakin menaik menjauhi horison Timur saat pagi. Cahayanya yang tidak terlalu terang membuat planet ini sulit dibedakan dengan bintang. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Ups, tapi jangan sampai terlambat sebab menjelang akhir bulan planet ini berkonjungsi dengan matahari. Saturnus pada awal bulan ini masih berada di Rasi Leo.

..

..

Uranus

Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Timur, lepas senja hari.

..

..

Neptunus

Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur selepas senja hari.

.

..

DWARF PLANET


...
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

..

..

Ceres

Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Cetus, Langit Timur lepas tengah malam.

..

..

Pluto

Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, Langit Barat lepas senja hari.

..

..

Eris

Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, langit di atas kepala lepas senja hari.

..

..

..

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Plus Versi 6 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc

..Links Source:
http://space.com/
tttp://skymap.com
ttp://astronomy.com
ttp://skytonight.com

..

..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar