Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Rabu, 28 Agustus 2013

Planet Neptunus mencapai Oposisi

Posisi Planet Neptunus malam ini

Tahun ini secara geosentris Planet Neptunus beroposisi dengan Matahari terjadi pada 27 Agustus 2013 pukul 08:43 WIB. Sehingga pada setiap malam beberapa hari menjelang dan pasca oposisi, planet akan ini terbit bertepatan dengan Matahari terbenam dan terbenam saat Matahari terbit sehingga ia bisa terlihat sepanjang malam.



Sejak dilepasnya Pluto dari status planet dan diturunkan statusnya menjadi planet kerdil, Neptunus menjadi planet terakhir yang ditemukan yaitu pada 23 September 1846 secara visual oleh Johann Gottfried Galle seorang astronom Jerman.

Neptunus merupakan planet yang berjarak paling jauh dari Bumi yaitu sekitar 4.503.443.661 km membuat planet ini sangat redup sehingga membutuhkan teleskop yang kuat untuk melihatnya. Bahkan dengan bantuan teleskop yang kuat sekalipun ia hanya terihat sebagai sebuah bintik yang berwarna kehijauan yangg membedakannya dengan bintang. hal inilah yang menyebabkan Galileo mengira titik hijau itu hanyalah sebuah bintang saat dia mengamati beberapa kali sebelum penemuan resmi Neptunus yaitu pada 1612 dan 1613.

Gambar berikut merupakan hasil observasi yang saya lakukan semalam 27/8 saat sesi pengamatan Oposisi Neptunus sebagai bagian dari kampanye internasional pengamatan Oposisi Neptunus tahun ini. Peralatan yang digunakan adalah kamera Canon EOS350 D yang terpasang pada teleskop Vixen VMC200 dengan mounting penggerak otomatik Sphynx SXW.

2 komentar: