Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Senin, 25 Juni 2012

June Bootids Meteor Shower 2012

 
Hujan meteor June Bootids (JBO), akan menjadi pertunjukan menarik di akhir bulan ini tepatnya Selasa malam 26-27 Juni 2012. June Bootids mulai menampakkan diri pada 22 Juni dan puncaknya akan terjadi pada 27 Juni serta berakhir 2 Juli. Shower ini memiliki radiant di Rasi Bootes yang berada di langit belahan Utara dimana ia sudah terbit saat menjelang malam dan akan terbenam lepas tengah malam. Dengan kecepatan entri yang hanya sekitar 18 km/detik kemunculan hujan meteor June Bootids terbilang meteor yang lambat geraknya.
Adalah Komet 7P/Pons-Winnecke yang mengorbit Matahari setiap sekitar enam tahun sekali dan terakhir pernah kembali mencapai titik terdekatnya dengan Matahari kita pada bulan September 2008 yang lalu inilah yang diyakini sebagai induk dari kemunculan hujan meteor June Bootids ini.
Pada tahun 1998 dan 2004 hujan meteor June Bootids ini sempat menghasilkan lebih dari 100 meteor setiap jamnya. Tetapi untuk tahun ini kita tentunya jangan berharap banyak itu akan terjadi lagi. Walaupun pengamat terbaik adalah mereka yang berada di daerah lintang Utara, namun demikian setidaknya ada beberapa hal akan sangat mendukung kegiatan pengamatan kita diantaranya kecenderungan langit kita yang cerah dalam beberapa hari ini karena memang kita sedang memasuki musim kemarau, juga tiadanya gangguan cahaya Bulan karena saat puncaknya nanti pada tanggal 27 Juni pagi itu Bulan telah terbenam menjelang tengah malam.

Sebagian orang percaya bahwa kareana komet induk dari hujan meteor ini melintas begitu dekat dengan Bumi pada 2008 maka tahun ini bisa menjdi tahun yang baik untuk pengamatan June Bootids. Setidaknya ratusan meteor akan menghujani Bumi setiap jamnya pada hari puncak, begitu harapan kita tentunya. Nah apa memang demikian halnya? untuk membuktikan itu satu-satunya cara adalah keluar dan lihatlah kemunculannya.

Bagi anda yang akan melakukan pengamatan hujan meteor ini disarankan mencari tempat yang gelap terbebas dari polusi cahaya misalnya di daerah pedesaan atau pantai. Tidak perlu menggunakan teleskop atau sejenisnya, karena cukup dengan mata telanjang. Tempat yang lapang dengan medan pandang luas adalah pilihan terbaik. Kenakan jaket dan sepatu untuk menghindari dingin, carilah tempat yang memungkinkan untuk berbaring secara rileks. Makanan dan minuman hangat juga bagus untuk dibawa, apalagi diiringi alunan musik klasik dari player yang kita bawa tentunya akan menambah sensasi saat observasi. Ajaklah teman-teman karena pengamatan secara bersama-sama ternyata lebih mengasyikkan. Waktu terbaik pengamatan adalah menjelang tengah malam sampai menjelang Subuh karena saat itu pengamatan sudah tidak lagi terganggu oleh cahaya Bulan. Jadi tunggu apa lagi segeralah menengadah ke langit Utara dan nikmati kemunculannya. Kalau anda melihat kelebat cahaya dari arah langit Utara maka itulah June Bootids.

Keep Your Head Up!
Clear skies,
Mutoha Arkanuddin

3 komentar:

  1. Wohoooo
    Keep Your Head Up!

    BalasHapus
  2. Malam ini 14 personil Tim Ekspedisi JBO Meteor Shower dilepas dari Markas Jogja Astro Club (JAC) Gejayan Yk. menuju Site Observation di Landasan Pacu Aeromoelling Pantai Depok. Direncanakan Tim akan melakukan pengamatan maraton selama 3 jam dari pukul 23.00 hingga 02.00. Kecuali 14 personil yang berkumpul di markas, beberapa anggota sudah berangkat duluan langsung menuju lokasi. kecuali meteor, target kegiatan kali ini adalah observasi Galaksi Bimasakti serta star hopping dan nampaknya cuaca cukup mendukug. Happy watching and clear skies all of you. Semoga lancar dan sukses.

    BalasHapus