Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Selasa, 05 Mei 2009

JAC - Astronomy Day 2009


Memperingati Hari Astronomi Dunia tahun 2009, berbagai bentuk kegiatan telah diadakan di berbagai penjuru dunia baik oleh lembaga resmi yang bergerak dalam bidang astronomi seperti planetyariun da observatorium maupun kelompok-kelompok amatir yang bergelut dengan hobbi mengamati langit ini.
.
Perayaan Hari Astronomi berawal dari kegiatan yang dilakukan oleh Doug Berger seorang yang pernah menjabat sebagai ketua perkumpulan astronom amatir (Astronomical Association of Northern California) pada tahun 1973. Doug mengadakan kegiatan untuk memberi kesempatan kepada publik yang berada jauh dari observatorium, agar bisa ikut menikmati astronomi lewat pameran dan kegiatan astronomi. Daripada mengundang publik pada acara open house di observatorium yang lokasi biasanya cukup jauh, ia justru membawa astronomi langsung ke tempat dimana publik berada. Dengan begitu publik yang tinggal jauh dari observatorium dapat menikmati astronomi tanpa harus datang ke observatorium yang biasanya berlokasi jauh dari kota. Kegiatan yang dilakukan oleh Doug ini berdampak luas. Sejak saat itu, berbagai organisasi astronomi mengadakan kegiatan serupa.

.
Peringatan Hari Astronomi ini dari tahun ke tahun jatuh pada tanggal yang berbeda. Hari Astronomi ditetapkan untuk diperingati tiap tahun pada tanggal tertentu antara pertengahan April sampai pertengahan Mei, yaitu pada hari Sabtu saat fase bulan sekitar atau sebelum seperempat awal (berumur sekitar tujuh hari). Untuk tahun 2009 ini, antara pertengahan April dan pertengahan Mei, fase bulan seperempat awal terjadi hari Sabtu tanggal 2 Mei 2009 sehingga hari itulah diperingati sebagai Hari Astronomi. Bertempat di Kompleks Fak. Kehutanan UGM Jl. Gambir, Jogja Astro Club (JAC) turut mengambil bagian dalam perayaan Hari Astronomi atau Astronomy Day 2009 tahun ini.b
.
Berbagai atraksi ditampilkan selama kegiatan yang berlangsung dari jam 14.00 WIB sampai 22.00 WIB. Acaranya sendiri memang sempat mundur dari jadwal yang direncanakan yaitu pukul 10 pagi. Diantara acara yang cukup menarik adalah demo peluncuran roket air, daylight moon observation atau observasi Bulan di siang hari, solar observation atau pengamatan Matahari dan astro puzzles. Dalam peringatan Astronomy Day kali ini juga ditampilkan berbagai judul buku astronomi baik dari dalam maupun luar negeri, peta bintang, poster astronomi, berbagai peralatan astronomi seperti binokuler dan teleskop.
.
Pada malam harinya diputar beberapa judul film astronomi melalui layar LCD proyektor, juga tidak ketinggalan sesi observasi langit malam dengan target Bulan, planet Saturnus, bintang ganda Alfa Centauri, rasi Crux, rasi Orion dan jewel box kumpulan bintang warna-warni di dekat Crux. Saat yang paling seru adalah ketika permukaan Bulan ditayangkan ke layar besar menggunakan perangkat CCD imaging terlihat begitu jelas detil permukaannya yang kasar dan berlobang-lobang. Tidak lupa juga pengunjung mendapatkan souvenir berupa kartu kalender dan mini poster.
.
Berikut ini suasana kegiatan yang sempat tertangkap kamera.

.


3 komentar:

  1. waah...,,
    knapa pada tanggal tertentu...??
    knapa tglnya g pasti dan ga disebutkan ketetapanya...??
    tanya ma om google ah...
    :D

    BalasHapus
  2. wa baguss sekali om toha..:)

    BalasHapus
  3. good blog.
    my blog http://baraadam.blogspot.com

    BalasHapus