Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Rabu, 21 Januari 2009

Gerhana Matahari Cincin 2009

Tahapan GMC (Image: Robert Allen)


Peristiwa alam langka Gerhana Matahari kembali akan terjadi nanti pada Senin, 26 Januari 2009 yang akan datang. Gerhana yang secara kebetulan bersamaan dengan libur Perayaan Imlek ini merupakan tipe Gerhana Matahari Cincin atau Gerhana Matahari Anular. Saat itu daerah yang dilewati jalur gerhana akan menyaksikan Matahari berbentuk cincin dengan lobang gelap di tengahnya karena tertutup oleh Bulan. Saat gerhana terjadi nanti hanya sekitar 8% saja wajah Matahari yang terlihat sehingga suasananya akan nampak lebih gelap. Seluruh kawasan Indonesia dapat menyaksikan peristiwa ini walaupun di beberapa tempat hanya berupa gerhana sebagian.


Jalur GMC kali ini akan dimulai pagi hari dari kawasan Lautan Atlantik Selatan kemudian menuju Samudra Hindia hingga siang hari. Menjelang sore hari jalur gerhana akan melewati Propinsi Lampung, sebagian Sumatera Selatan, Selat Sunda, Propinsi Banten, Pulau Bangka-Belitung, Laut Jawa dan melintasi Pulau Kalimantan hingga akhirnya berujung di Laut Sulawesi saat Matahari terbenam. Titik Puncak Gerhana yaitu saat seluruh piringan Bulan menutup permukaan Matahari paling lama akan terjadi di tengah Samudera Hindia yaitu selama 7 menit 54 detik pada pukul 07.58 GMT. Gerhana Matahari Cincin kali ini juga akan menjadi istimewa karena hanya akan melewati daratan Indonesia saja. Jalur Gerhana
.
Cara aman menyaksikan gerhana
.
Di Pulau Jawa sendiri kecuali di sekitar Banten, proses gerhana hanya akan dapat disaksikan berupa Gerhana Matahari sebagian yang artinya piringan Matahari tertutup sebagian oleh piringan Bulan sehinga bentuknya menyerupai sabit. Di Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Solo, Semarang serta beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur akan dapat menyaksikan gerhana mulai sekitar pukul 15.30 WIB saat kontak awal yaitu ketika piringan Bulan mulai menyentuh piringan Matahari. Saat maksimum gerhana terjadi pada sekitar pukul 16.40 WIB dan gerhana akan berakhir pada sekitar pukul 17.45 saat kontak akhir yaitu piringan Bulan meninggalkan piringan Matahari.
.

Gerhana Matahari 26 Januari 2009 terlihat dari Yogyakarta
[Untuk daerah lain dapat dilihat di sini ]
.
Bagi umat Islam saat gerhana terjadi disunahkan mendirikan shalat gerhana dan masyarakat umum yang berminat menyaksikan seluruh tahapan Gerhana Matahari Cincin ini harus berhati-hati. Jangan sekali-kali menatap Matahari secara langsung karena dapat membutakan mata. Untuk menyaksikan harus menggunakan peralatan khusus yang dapat melindungi mata. Penggunaan kacamata filter khusus Matahari sangat disarankan, namun jika tidak ada bisa menggunakan kacamata las, klise film, cakram disket, atau keping VCD bekas sebagai alternatif penapis cahaya. Penggunaan pantulan air tidak disarankan. Cara yang paling aman adalah menggunakan metode proyeksi yaitu melewatkan cahaya Matahari melalui lobang kecil pada kertas dan menangkap bayangannya.
.
Gerhana Matahari Cincin kali ini merupakan seri Saros 131 anggota ke-50. Selama tahun 2009 sendiri di seluruh dunia hanya akan terjadi 2 kali Gerhana Matahari dan 4 kali Gerhana Bulan. Gerhana matahari berikutnya adalah total terjadi pada 22 Juli 2009 yang akan melewati daratan India, Nepal, Bhutan dan Tiongkok.
.
.

TIM EKPEDISI GERHANA
.
Rapat Tim Ekspedisi GMC di Kantor RHI
.
Menyambut GMC kali ini Rukyatul Hilal Indonesia (RHI) dan Jogja Astro Club (JAC) telah membentuk Tim Ekspedisi yang diberi nama EKSPEDISI "RING OF FIRE"yang diketuai oleh Sdr. Marufin Sudibyo beranggotakan 5 personel yang siap diberangkatkan ke Pantai Anyer (Propinsi Banten) untuk melakukan observasi Gerhana Matahari Cincin (GMC) langsung dari kawasan yang termasuk jalur gerhana ini bersama dengan Tim dari daerah lain bahkan negara lain.
.
Tshirt Team GCM 2009
.e
Kerja Tim akan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Observers yang bertugas melakukan observasi menggunakan perlengkapan yang dibawa dan mengabadikan moment-moment gerhana serta melakukan pencatatan terhadap perubahan lingkungan akibat peristiwa gerhana, termasuk perilaku makhluk hidup, perubahan suhu udara maupun perubahan kecerahan langit. Kelompok lainnya bertugas melayani masyarakat yang berminat ikut melihat moment-moment gerhana dengan peralatan yang telah disiapkan berupa solar viewer, filtered binokuler dan solar projection. Bahkan Tim berencana melakukan "Live Broadcast" via internet di channel LIVE GMC 2009 yang dapat diakses secara global via internet. Kegiatan yang juga masih ada kaitannya dengan Tahun Astronomi Internasional 2009 (IYA2009) ini murni swadaya alias tanpa sponsor dengan modal "bondho nekat" alias BONEX. Minta doa restunya ya.. mas mbak.. semoga sukses.












11 komentar:

  1. This site is..wow..
    I'll use this site a lot

    BalasHapus
  2. ass.
    thanks atas setiap informasinya tentang astronomi.
    boleh nggak klo saya mohon untuk di kirimi tentang informasi astro terkini ke www.andrylight.webs.com??
    makasi om mutoha....
    wass.

    BalasHapus
  3. wah langit solo mendung nih gmana dong

    BalasHapus
  4. sudah jam empat lewat malah tambah mendung gmn jogja mendung gak om mutoha

    BalasHapus
  5. mungkin aja belum i izinkan nih ama pencipta kasian mba ira tuh yang udah pasang kaca mata dari pagi, nunggu moment gerhana malahan mendung

    BalasHapus
  6. gmn mba ira wah makin sore malah tambah gelap oi mba aris juga tuh dah pasng kuda-kuda mo liat gerhana malah tambah gelap langit solo trus mas roe yang lagi di sondokoro malah kehujanan klo ngak buru-buru pulang

    BalasHapus
  7. solo mendung ni Om....minta file rekaman GMC-nya donk Om ...!!! boleh ngk???
    tolong dikirim ke www.andrylight.webs.com ya Om...!!!
    makasih...

    BalasHapus
  8. iya nih tolong juga minta rekaman atau foto GMC di tempat observasi om mutoha sayang banget kita-kita yang disini solo gak bisa lihat apa-apa lanit gelap dari habis ashar sampai maghribpun langit terus gelap tolong dikirim ke : http//www.al1ibnu.webs.com ya om please soalnya nunggu lama lagi ada GMC.ato kirim ke email : eldurra.kompt1@gmail.com makasih banyak ya om wassalam.

    BalasHapus
  9. gemana om kok belum ada komen dari om om mutoha observasi di mana apakah di anyer kita d sini nunggu kiriman hasil observasinya nih

    BalasHapus
  10. aslkum,..,
    sip,
    tolong kirimi info astronomi ke areev.maoda@yahoo.com
    trims.,.,

    BalasHapus
  11. om update meteor yg katanya mau lewat di indonesia donk om. . . sklian fotonya. . . thx. .. .

    BalasHapus