Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Senin, 01 September 2008

Event Astronomi Indonesia - September 2008

The Growing Blackhole (Image by: NASA)

Menjelang penghujung kemarau di Indonesia kali ini, yang biasanya berakhir pada bulan September merupakan saat yang sebenarnya cukup bagus untuk melakukan observasi langit. Apalagi bulan ini bertepatan dengan Ramadhan sehingga sembari menunggu sahur kita dapat menengok langit sekedar melihat rasi-rasi bintang dan beberapa Planet yang nampak pada bulan ini. Namun sepertinya bulan September kali tidak banyak menjajikan event-event astronomi yang menarik. Kecuali hanya serangkaian event posisi Planet terhadap Matahari, bulan yang berdekatan dengan planet atau bintang serta kalender fase bulan, termasuk data kegiatan rukyat hilal penentuan awal bulan Syawwal 1429 H yang nampaknya tidak ada perbedaan antara kubu "Hisab" dan "Rukyat".
.
Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.

.
Senin, 1 September 2008

Moon - Venus - Mercury @ 18:00 WIB

Bulan sabit sore ini berada dekat dengan Planet Venus dan Merkurius di Langit Barat. Bulan sabit hari ke dua inipun berada pada ketinggian yg cukup sulit dilihat dengan mata telanjang, ia berada pada jarak sekitar 6° dari Venus. Pemandangan ini dapat disaksikan setelah matahari terbenam.

.

Rabu, 3 September 2008

Moon - Spica @ 18:00 WIB

Bulan sabit berdekatan dengan Spica bintang paling terang di Rasi Virgo. Langit Barat setelah Matahari terbenam.

.
Kamis, 4 September 2008
Saturn at Conjunction @ 08:49 WIB (Geosentris)
Planet Saturnus sedang mengalami fase konjungsi kali ini. Konjungsi adalah peristiwa dimana sebuah benda langit berada segaris lurus terhadap arah Matahari. Kita mengenal Konjungsi Inferior yaitu saat ia berada di depan Matahari seperti yang dialami oleh Bulan, Venus dan Merkurius serta konjungsi Eksterior yaitu saat ia berada di belakang Matahari dialami oleh Planet-planet luar seperti Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus

..

Minggu, 7 September 2008

Moon - Antares @ 19:00 WIB
Bulan sabit pada sore hari ini berdekatan dengan Antares bintang paling terang di Rasi Scorpius. Di atas kepala setelah Matahari terbenam.

.

Minggu, 7 September 2008

First Quarter Moon, 21:04 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
.
Minggu, 7 September 2008
Moon at Apogee @ 21:59 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404.209 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [
info ]
.
Selasa, 9 September 2008
Moon - Jupiter @ 19:00 WIB

Bulan fase seperempat malam ini berada dekat dengan Planet Jupiter yang terlihat di atas kepala selepas matahari terbenam. Pemandangan ini dapat disaksikan sore hari hingga malam. Kemunculan Bulan semakin menambah cantik penampilan Jupiter malam ini.
.
Kamis, 11 September 2008
Mercury Greatest Eastern Elongation @ 07:54 WIB (Geosentris)
Planet Merkurius pada posisi Elongasi Maksimum di sebelah Timur Matahari. Hari ini ini jarak sudut elongasi Merkurius terhadap matahari mencapai maksimum hampir sekitar 19°. Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Barat sore hari sesudah matahari terbenam.
..
Sabtu, 13 September 2008
Uranus at Opposition @ 08:55 WIB (Geosentris)
Planet Neptunus berada pada fase purnama atau sedang beroposisi. Planet berwarna kehijauan ini berada pada jarak paling dekatnya dengan Bumi. Sekarang adalah saat paling bagus untuk mengamati Uranus, namun ia hanya akan nampak sebagai titik cahaya berwarna biru kehijauan walau menggunakan teleskop yang kuat.
.
Senin, 15 September 2008
Full Moon @ 16:14 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Harvest Moon atau Fruit Moon sementara di India disebut Badrapad Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
..
Jumat, 19 September 2008
Moon - Pleiades @ 22:00 WIB
Malam ini kita dapat menyaksikan Bulan menjelang kuartal akhir yang berada sangat dekat dengan Gugus Pleiades (M45). Gugusan bintang yang sering diberi julukan "7 bidadari" ini memang terdiri atas 7 bintang yang cukup terang dengan latar ratusan bintang. Pleiades berada di Rasi Taurus dan berada tidak jauh dari rasi Orion. Pemandangan ini dapat disaksikan hingga menjelang Sahur.
.
Sabtu, 20 September 2008
Moon at Perigee @ 10:18 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi (368.888 km). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekatnya. [ info ].
.
Senin, 22 September 2008
Last Quarter Moon @ 12:05 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Selasa, 23 September 2008
Autumnal Equinox @ 04:19 WIB (Geosentris)
Adalah saat dimana posisi matahari tepat berada di garis ekuator melanjutkan gerak semu hariannya ke arah Selatan. Equinox terjadi dua kali selama setahun yaitu Maret Equinox dan September Equinox. Pada September Equinox matahari akan melanjutkan gerak semu hariannya ke arah Selatan. Hari ini panjang siang tepat sama dengan malam, tidak ada bayangan di katulistiwa saat tengah hari. Awal Musim Gugur (Autum/Falling) di belahan bumi Utara dan Awal Musim Semi (Spring) di belahan bumi Selatan.
.
Senin, 29 September 2008
New Moon @ 15:14 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Ramadhan 1429 H sekaligus awal Syawwal 1429 H dan merupakan lunasi astronomis ke 1061 serta lunasi Islam ke 17146. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan puasa kali ini. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
.
Senin, 29 September 2008

Rukyatul Hilal - Syawwal 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Syawwal 1429 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Syeh Bela-belu Parangkusumo. Kali ini JAC-RHI akan menurunkan Tim Rukyat bergabung bersama Tim Rukyat BHR Kanwil Depag DIY. Seperti biasanya JAC akan menyampaikan pemaparan terkait data rukyat kali ini. Pada sore ini posisi hilal di POB Parangkusumo masih sekitar -1° atau masih di bawah ufuk saat matahari terbenam. Pada ketinggian seperti ini secara astronomis mustahil hilal dapat disaksikan. Analisis dan prediksi awal Syawwal 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI)

.

Kegiatan Rukyatul Hilal di Yogyakarta

...
..
RASI BINTANG SEPTEMBER 2008
.
Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah masih terlihatnya Rasi Crux di Langit Selatan lepas matahari terbenam dengan empat buah bintangnya yang membentuk palang sehingga rasi ini sering dinamakan salib selatan (southern cros). Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang-layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan dua bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "the Pointer" yang menghiasi Langit Selatan.
.
Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) di atas kepala lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster dan Butterfly Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.
.
. Tiga rasi dominan di Langit Selatan, Scorpius, Centaurus dan Crux
....
.
POSISI.PLANET SEPTEMBER 2008
.
CLASICAL PLANET
.
.
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan planet ini mulai berada di Langit Barat dengan posisi agak rendah. Namun menjelang akhir bulan posisi semakin tinggi. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Virgo.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet sore di langit Barat. Posisinya yang semakin tinggi di awal bulan membuat planet ini mudah dilihat. Juga pada akhir bulan planet ini semakin lebih tinggi saja posisinya saat Matahari terbenam. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus pada awal bulan di Rasi Virgo..
..
Mars
Planet Mars Setelah beberapa lama Mars menjadi planet yang selalu nampak pada malam hari, kini Mars semakin memudar dan sulit dilihat walaupun sebenarnya planet ini masih berda di Langit Barat setelah Matahari terbenam dekat bersama Venus dan Merkurius. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini berada di Rasi Gemini.
...
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan lepas petang hari cukup tinggi di Langit Timur dengan cahayanya yang cukup terang dibandingkan bintang-bintang di sekitarnya. Ia akan nampak di atas kepala menjelang tengah malam. Jupiter menjadi benda langit paling terang kedua pada malam hari setelah Bulan. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.
.
..
Saturnus
Planet Saturnus Pada bulan ini hampir musrahil dapat melihat Saturnus dikarenakan ia sedang mengalami konjungsi di belakang Matahari. Saturnus berada di Rasi Leo. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini sempat menjadi idola para amatir pada bulan lalu karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik.
.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Pisces Langit Timur menjelang malam..
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius, Langit Timur menjelang malam.
.
.
DWARF PLANET (PLANET KERDIL) DAN PLUTOID
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
Belum berhenti sampai di sini. Pada 11 Juni 2008 kembali IAU mengubah status Pluto dan Eris bukan lagi kelompok Drawt Planet tapi masuk dalam kelompok Plutoid, yaitu obyek yang 'mirip Pluto" seperti halnya sebutan untuk 'terestrial' dan 'Jovian'. Sementara untuk Ceres masih berstatus Dwarf Planet. Pada Juli 2008 kembali IAU mengumumkan status 2005 FY9 salah satu KBO terbesar yang sudah ditemukan untuk masuk menjadi anggota Dwarf Planet dan diberi nama Makemake serta mengembaikan Pluto dan Eris menjadi Dwarf Planet lagi. Sehingga formasi terbaru Sistem Tata Surya kita sekarang seperti ini:
.

Mthr-Merk-Venus-Bumi-Mars-Cer-Jup-Satur-Uran-Nept-Pluto-Make2-Eris

  • 8 planet : Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
  • 4 dwarf planet : Ceres, Pluto, Makemake dan Eris
  • 165 bulan (satelit alam)
  • ribuan "small solar system bodies"
.
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Gemini, dekat dengan posisi Matahari.
.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, di atas kepala selepas senja.
.
.
Makemake
Makemake yang dulunya adalah 2005 FY9 salah satu dari benda KBO terbesar di tata Surya dan anggota Dwarf Planet terbesar ketiga. Planet ini juga hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Makemake kini sedang di sekitar Rasi Coma Berenices, Langit Barat setelah Matahari terbenam atau sekitar Utara posisi Mars.
...
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur menjelang tengah malam..
..
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
.
Links:






5 komentar:

  1. ilmu yang anda berikan sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. setiap bangun, aq lngsung nengok langit, tp beberapa minggu ni posisi bintang2 tetep aja, gmn tuh?

    BalasHapus
  3. bisa kah aq ngeliat rasi centaurus, jika q tinggal di jogja?
    mhn di jwb di blog q y^^

    BalasHapus
  4. mhon di kasih tau kalo ada kegiatan2 bareng ttg astronomi,

    BalasHapus
  5. saya di jakarta,kan kita ada di piringan milky way kan.. nah isa ga sy liat center from milky way itu ndiri ?

    BalasHapus