Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 31 Januari 2008

Konjungsi Jupiter - Venus

Konjungsi Venus-Jupiter pada 1 Feb dan 2 Feb di Langit Timur Pagi hari.
(Grafis by: SNP6.20)
..
Yang ini jangan dilupakan. Besok pagi (Jum'at Pagi 1/2) dan pagi berikutnya (Sabtu Pagi 2/2) sebuah fenomena langit yang cukup spektakuler dapat kita saksikan di Langit Timur pada pagi hari sebelum matahari terbit. Duet planet yang terkenal cukup terang Planet Venus dan Planet Jupiter akan menghias langit selama beberapa hari mulai 1/2 dan 2/2 dan 3/2. Bahkan pada pagi berikutnya (Senin 4/2) duet ini akan menjadi triplet karena Bulan sabit tua menyusul di atas posisi planet Jupiter sehingga nampaklah di langit segitiga Bulan-Jupiter-Venus.
..
Triplet Bulan-Venus-Jupiter pada 4 Feb di Langit Timur Pagi hari.
(Grafis by: SNP6.20)

.
Walaupun nampak sangat dekat, sebenarnya kedua planet terpisah pada jarak yang cukup jauh. Venus berada pada jarak 1,3 AU dari Bumi ( 1 AU=jarak Bumi-Matahari=149.680.000 km) sedangkan planet Jupiter berada pada jarak 6,03 AU. Sedangkan jarak Venus - Jupiter saat itu sekitar 0,163 AU.
.
Selama pagi hari di awal Februari ini kedua planet akan selalu berada di Langit Timur dengan cukup dominan cahayanya. Jupiter akan nampak cemerlang dengan magnitude -1,9. Pun ini hanya sekitar 1/7 kecerahan planet Venus yang mencapai magnitude -4,0. Dan pada pada 1 Feb. keduanya berdekatan pada jarak elongasi 49 menitbusur atau sekitar 0,8° sementara pada pagi berikutnya 2 Feb. keduanya hanya berjarak 44 menitbusur atau sekitar 0,7° ( bandingkan dengan bulatan bulan yang memiliki lebar sudut angular sebesar 30 menit busur atau 0,5°).
.
Peristiwa astronomis dekatnya dua obyek langit yang terang seperti ini sering diistilahkan juga dengan peristiwa "konjungsi". Dalam sejarah kehidupan manusia peristiwa konjungsi seperti ini sering dicatat oleh para astronom kala itu. Bahkan sebuah peristiwa sejarah yaitu saat Nabi Isa AS. dilahirkan diduga Bintang Betlehem yang terlihat oleh para saksi dan disebut-sebut mengiringi peristiwa tersebut adalah peristiwa konjungsi Jupiter-Venus yang terjadi pada 12 Agustus 3 SM. Saat itu jarak keduanya hanya 11 menitbusur atau 0,2°.
.

Jadi, cobalah untuk tidak bermalas-malasan bangun pagi selama beberapa hari ke depan. Dan saksikan fenomena yang cukup langka ini. Ingat, peristiwa konjungsi Jupiter-Venus baru akan dapat kita saksikan lagi nanti pada 11 Mei 2011 pada pagi hari di Langit Timur dan 16 Maret 2012 sore hari di Langit Barat. Happy Gazing.

1 komentar:

  1. Artikel yg berkualitas
    Boleh saya pajang di blog saya..?

    tenang aja saya paham betul masalah HAK CIPTA

    Blog saya
    http://ufonesia.wordpress.com

    BalasHapus