Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Selasa, 01 Januari 2008

Event Astronomi Indonesia - Januari 2008

..
KLIK UNTUK EVENT ASTRONOMI TAHUN 2008
.
Di tengah isu pemanasan global (Global Warming) yang kini melanda dunia serta hebohnya pemberitaan mengenai berbagai bencana yang kini tengah menimpa negeri ini. Bencana yang disinyalir juga merupakan bagian dari efek pemanasan global tersebut juga tidak terlepas dari ulah manusia yang tidak lagi bersahabat dengan lingkungannya. Hal ini perlu mendapat perhatian tidak hanya dari para pengamat lingkungan namun juga merupakan tugas kita untuk turut membantu mengatasi penyakit yang kini tengah diderita oleh planet Bumi kita.
.
Memasuki tahun 2008 berbagai event astronomi telah menanti kita. Mulai bulan Januari ini kita dapat menyaksikan beberapa event yang cukup menarik diantaranya yang cukup spektakuler adalah kembalinya Quadrantids Meteor Shower yang akan menghias langit awal tahun ini. Kecuali itu juga ada event astronomi yang lain dari mulai dekatnya Bumi terhadap posisi Matahari (perihelion), perubahan fase bulan, konjungsi, okultasi, greatest elongation, perigee dan apogee bulan, serta peristiwa-peristiwa astronomi yang lain serta tidak ketinggalan adalah data Rukyatul Hilal penentuan Awal Muharram 1429 H yang sekaligus akan menjadi penentu awal Tahun Baru Hijriyah kali ini.
.
Kalender Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi walaupun musim hujan sudah bersama kita. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
..

Kamis, 3 Januari 2008
Earth at Perihelion, 07:00 WIB (Geosentris)
Pagi ini Bumi berada pada jarak paling dekat dengan Matahari untuk tahun 2008. Walau ini bukan bagian dari event yang bisa diamati namun perlu diketahui bahwa Bumi kadang berada paling dekat dan kadang paling jauh dari Matahari dikarenakan orbit Bumi berupa bingang elips. Pada tanggal ini jarak Bumi terhadap Matahari sekitar 147.097.000 km sedangkan pada bulan Juli nanti jaraknya sekitar 152.104.000 km yaitu saat Bumi berada paling jauh dari Matahari. Walau demikian jarak ini tidak banyak mempengaruhi musim di Bumi.

..


Kamis, 3 Januari 2008
Moon at Apogee @ 15:05 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 405.331 km - 29'29" ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [ info ]
.
Jumat, 4 Januari 2008
Quadrantids Meteor Shower Peak, 13:40 WIB (Geosentris)
Pagi dinihari kali ini kita dapat menyaksikan Puncak Hujan Meteor Quadrantids (QUA-IMO1). Beberapa meteor dapat terlihat mulai tanggal 1 - 5 Januari 2008. Radiant meteor ini berada di arah Timur-Laut tepatnya di Rasi Bootes. Dulunya rasi ini bernama Quadrant Muralis sebelum modernisasi peta langit pada 1922. Rasi ini tampak di langit Timur menjelang subuh. Quadrantid dapat menampakkan antara 40 hingga 60 meteor setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 41 km/s. Meteor shower Quadrantids ini sering membuat goresan cahaya yang panjang. Asal usul meteor ini hingga kini belum diketahui. Namun ada dugaan kuat berkaitan dengan gravitasi planet Jupiter yang menarik debu Komet Machholz hingga mendekati orbit Bumi. Dugaan lain datang dari NASA yang menyimpulkan bahwa shower ini berasal dari serpihan debu asteroid 2003 EH1 yang merupakan pecahan sebuah Komet yang pernah melintas di sekitar orbit Bumi 500 tahun yang lalu. Melihat singkatnya waktu pengamatan ditambah cahaya bulan sabit di Timur kita tidak berharap banyak dari kenampakan shower ini. Namun demikian bagi yang berminat menyaksikan bangunlah pukul 03:00 jika kebetulan langit cerah dan lihatlah ke arah langit Timur sebelum Subuh Waktu. Peta di bawah dapat dijadikan panduan. Siapa tahu ada beberapa Quadrantids dapat kita saksikan. ( Teknik Observasi Meteor )
.

Peta radiant Quadrantids pada pagi hari menjelang Subuh
..
Selasa, 8 Januari 2008

New Moon @ 18:38 WIB (Geosentris)

Bulan Baru kali ini merupakan akhir bulan Zulhijjah 1428 H sekaligus mengawali bulan Muharram 1429 H. Bulan baru kali ini merupakan lunasi ke 1052. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk penanggalan lunar atau bulan seperti kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai. Akibatnya di seluruh dunia bisa saja terjadi perbedaan awal bulan bahkan sampai berselisih 4 hari.
.
Rabu, 9 Januari 2008

Rukyatul Hilal - Muharram 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Muharram 1429 Hijriyah dari POS Observasi Hilal Parangkusumo. Kali ini juga JAC benrencana menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal awal tahu 1429 Hijriyah ini. Pada hari pertama terjadinya ijtimak (8/1) posisi hilal di Pos Parangkusumo menurut kalkulasi program Starrynight masih di bawah ufuk yaitu minus 0°30' sehingga mustahil dilakukan rukyat. Sementara pada H+1 ijtimak (9/1) posisi hilal cukup tinggi yaitu 9° 46' saat matahari terbenam. Analisis dan prakiraan 1 Muharram 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI).

.



.

Rabu, 16 Januari 2008

First Quarter Moon, 02:46 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
.
Jumat, 18 Januari 2008
Moon - Pleiades @ 19:006 WIB
Malam ini Bulan berada dekat dengan gugus Pleiades atau sering disebut "Seven Sisters" pada posisi di atas kepala. Kedua terpisah hanya pada sudut sekitar 4° sementara planet Mars berada di sebelah Timurnya.
.

Sabtu, 19 Januari 2007

Moon at Perigee @ 15:40 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 366.430 km - 32'37" ). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekat. [ info ].

.

Sabtu, 19 Januari 2008

Moon - Mars @ 21:00 WIB (Geosentris)

Hampir pada posisi di atas kepala pada lepas senja hari Bulan berada dekat dengan Planet Mars. Malam ini keduanya berada pada sudut elongasi sekitar 6°. Pemandangan yang cukup menarik untuk disaksikan.

..

Selasa, 22 Januari 2008

Mercury at Great Elongation East @ 11:57 WIB (Geosentris)

Planet Merkurius pada posisi Elongasi Maksimum di sebelah Timur Matahari. Hari ini ini jarak sudut elongasi Merkurius terhadap matahari mencapai maksimum hampir sekitar 19°. Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Barat sore hari sesudah matahari terbenam. Sore ini juga kecerlangan Planet Merkurius akan mencapai maksimum sehingga mencapai -0,55 pada skala magnitudenya.

.



Pemandangan Langit lepas petang hari di arah Timur.

..

Selasa, 22 Januari 2008

Full Moon @ 20:36 WIB (Geosentris)

Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Ice Moon, Moon After Yule, the Old Moon, atau Wolf Moon sementara di India disebut Paush Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

.

Selasa, 22 Januari 2008

Moon - Beehive Cluster @ 20:00 WIB

Bulan menjelang purnama berada dekat dengan Cluster bintang Beehive atau sering disebut Prasepe di Rasi Cancer yang terlihat di belahan Langit Timur.

.

Kamis, 24 Januari 2006

Moon - Saturn - Regulus Ocultation @ 19:00 WIB

Malam ini duet antara Bulan dan Planet Saturnus dapat disaksikan mulai lepas senja hari. Malam ini Bulan berada di atas Saturnus terpisah pada sudut sekitar 6°. Peristiwa ini dapat diamati di Langit Timur hingga menjelang pagi. Saat itu juga bintang Regulus tertutup oleh Bulan untukeberapa saat. Peristiwa ini disebut okultasi. Malam berikutnya Bulan berada di bawah Saturnus.

..

Rabu, 30 Januari 2008

Last Quarter Moon @ 12:04 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

..

Rabu, 30 Januari 2008

Mars Retrograde Motion End @ 19:15 WIB (Geosentris)

Gerak retrograde adalah gerak semu planet ke arah sebaliknya (mundur ke Barat) relatif terhadap posisi bintang. Peristiwa ini termasuk ilusi optik yang terjadi akibat posisi gerak planet dan gerak pengamat di bumi. Masa retrograde Planet Mars berlangsung sekitar 72 hari dan terjadi setiap 25,6 bulan sekali. Hari ini Planet Mars menyelesaikan gerak retrogradenya dan kembali ke gerak normal atau disebut "gerak prograde" ke Timur relatif terhadap bintang-bintang.

..

Kamis, 31 Januari 2008

Moon at Apogee @ 11:27 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404.531 km - 29'32" ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [
info ]

.

.
.
.
.
RASI BINTANG JANUARI 2008
.
Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Januari ini diantaranya adalah Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit Timur lepas tenpetang hari. Rasi ini masih dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh para petani. Kenampakan Rasi Orion memang selalu terjadi pada musim penghujan yaitu awal Oktober sampai akhir Februari. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berada pada jarak 8,6 tahun cahaya.
.
Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades yang berada di Rasi Taurus. Gugusan bintang ini sering disebut juga Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, sebagian orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang seolah dikerumuni asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut dapat kita saksikan selama bulan ini.
.
Lepas dinihari di langit arah Tenggara akan segera muncul Rasi Crux atau sering disebut Southern Cross, Salib Selatan. Rasi ini juga terkenal dengan sebutan Bintang Pari atau Layang-layang atau Gubug Penceng. Rasi ini begitu terkenal karena bisa dijadikan sebagai pemandu arah mata angin. Bersebelahan dengannya adalah Rasi Centaurus dengan bintangnya yang cukup terang Alpha Centauri atau Rigel Kentaurus yang termasuk jenis bintang ganda.
.
.
Komet Tuttle (8P) dan Komet Holmes (17P)
.
Sampai bulan ini perhatian masyarakat astronomi terutama dari kalangan amatir masih tertuju juga pada obyek si bintang berekor atau komet. Ada dua komet yang masih muncul pada bulan ini yaitu Komet 17P/Holmes yang berada di Rasi Perseid dimana beberapa waktu yang lalu sempat benderang secara tiba-tiba serta Komet 8P/Tuttle yang pada awal bulan ini berada di Rasi Aries.
. Posisi Komet Tuttle dan Komet Holmes pada awal bulan
...
..
.
POSISI.PLANET JANUARI 2008
C
CCLASICAL PLANET
.
Merkurius
Planet Merkurius selama bulan ini dapat disaksikan di Langit Barat setelah matahari terbenam. Dari awal bulan posisinya semakin naik hingga pada tanggal 22 planet ini mengalami elongasi maksimum dari posisi matahari. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Virgo.
.
.
Venus
Planet Venus kini menjadi planet pagi yang menampakkan diri sebelum matahari terbit. Selama awal bulan ini di langit Timur kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Karena posisinya semakin merendah dari hari kehari membuat kecerlangan planet mulai memudar. Venus pada awal bulan di Rasi Scorpius.
.
.
Mars
Planet Mars berada di langit Timur selepas petang hari di Langit Timur berada dekat dengan Rasi Orion. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini masih berada di Rasi Taurus sebelah atas tangan Orion.
.
.
▓ Jupiter
Planet Jupiter kembali menjadi planet pagi di Langit Timur sebelum matahari terbit. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah Bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Pada awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius dan menjelang akhir bulan nanti planet Jupiter berada di Rasi Ophiuchus bersebelahan dengan Planet Venus.
.
.
Saturnus
Planet Saturnus berada di Langit Timur menjelang tengah malam berada di Rasi Leo dan terlihat paling terang diantara bintang yang ada di rasi ini. Cahayanya yang tidak cukup terang membuat planet mudah dibedakan dengan bintang. Magnitudenya kali ini sekitar 0,5. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya.
.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Barat, lepas senja hari.
.
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Barat selepas senja hari.
.
.
Komet Tuttle (8P) saat melintas Galaksi M33 di Rasi Triangulum (Spaceweather)
.
.
DWARF PLANET (PLANET KERDIL)
..
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
.
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Cetus, Langit Timur lepas tengah malam.
.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, Langit Barat lepas senja hari.
.
.
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, langit di atas kepala lepas senja hari.
.
.
Generator Ephemeris :
..
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc http://space.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar