Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Senin, 03 September 2007

Astro Event September 2007

Bulan September 2007 telah hadir. Setelah bulan lalu kita disuguhi beberapa event astronomi menarik diantaranya Gerhana Bulan Total dan pertunjukan hujan meteor Perseids, maka bulan ini nampaknya Event Astronomi Indonesia agak lesu. Yang akan berlaku hanya beberapa event diantaranya Aurigids Meteor Shower, Gerhana Matahari Sebagian yang terlihat hanya di Antartika, bulan yang berdekatan dengan planet atau bintang serta kalender fase bulan juga masih menghias event astronomi kita kali ini, termasuk data kegiatan rukyat hilal penentuan awal bulan Ramadhan 1428 H.
.
Kalender Event Astronomi Indonesia bulan ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
..

Perburuan Hilal oleh Tim Rukyat JAC.

....
Sabtu, 1 September 2007
Aurigids Meteor Shower @ 19:00 WIB Peak (Geosentris)
Malam Minggu ini pertunjukan Meteor Shower Aurigids mencapai puncaknya di Indonesia. Melihat waktu peaknya secara geosentris, Indonesai hanya peluang terbaik pada Minggu pagi menjelang Subuh. Sayang saat itu bulan separo masih bersinar benderang di Langit Barat sehingga akan mengganggu observasi. Aurigids yang konon dapat menampakkan hingga 200 meteor tiap jam ini kali ini diprediksi hanya 20 - 30 meteor. Shower ini diasebabkan oleh debu Komet Kiess yang termasuk "long period comet". Cobalah menengok keluar menjelang Subuh.
. .
Senin, 3 September 2007
Moon - Pleiades @ 02:00 WIB

Pagi ini Bulan separoh tua dekat-dekat dengan Gugus Pleiades di Langit Timur
. . Saksikan pemandangan ini, bangunlah sebentar untuk menengok fenomena astronomi menarik ini walau hanya sekejap.

.

Selasa, 4 September 2007
Last Quarter Moon @ 09:32 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

.

Sabtu, 8 September 2007

Moon - Beehive - Venus @ 04:30 WIB

Pagi ini Bulan - Beehive Cluster dan Planet Venus akan menghias langit Timur sebelum matahari terbit. Ketiga benda langit tersebut berada cukup rendah di atas horison langit.

.

Senin, 10 September 2007

Moon - Regulus - Saturn @ before Sunrise

Pagi ini Bulan, Bintang Regulus dan planet Saturnus berkumpul di langit Timur beberapa saat sebelum matahari terbit. Regulus adalah bintang paling terang di rasi Leo dengan kecerahan magnitude sebesar +1,34 membuat bintang ini cukup terlihat terang dengan hanya mata telanjang. Saturnus juga kini mulai nampak di pagi hari.

.

Senin, 10 September 2007

Uranus Oposition @ 10:00 WIB (Geosentris)

Planet Uranus kini sedang berada tepat membelakangi matahari. Planet ini mengalami fase Purnama saat tengah malam nanti. Walau demikian sangat sulit mengidentifikasi planet ini dikarenakan magnitude yang terlalu lemah (+5,7) sehingga sulit dilihat langsung menggunakan mata.

..

Selasa, 11 September 2007

New Moon @ 19:44 WIB (Geosentris)

Bulan Baru kali ini merupakan akhir bulan Sya'ban 1428 H sekaligus mengawali bulan Ramadhan 1428 H. Bulan baru kali ini merupakan lunasi ke 1048. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk penanggalan lunar atau bulan seperti kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai. Akibatnya di seluruh dunia bisa saja terjadi perbedaan awal bulan bahkan sampai berselisih 4 hari.

.

Selasa, 11 September 2007

Partial Solar Eclipse @ 19:31 WIB (Fase Maksimum)

Gerhana Matahari Sebagian hari ini terjadi di belahan bumi Barat sekitar Amerika Selatan dan Laut Antartika. Sementara di Indonesia tidak dapat teramati karena gerhana terjadi setelah matahari terbenam. (info).

..

Gubug Observasi Hilal di Pantai Parangkusumo DIY...

....

Rabu, 12 September 2007
Rukyatul Hilal - Ramadhan 1428 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1428 Hijriyah walaupun Rukyat Resmi Pemerintah dijadwalkan pada tanggal 11 September 2007. Bulan ini juga JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal bulan ini. Rencana perburuan akan dipusatkan di Bukit Bela-Belu Parangtritis Yogyakarta bersama Tim RHI dan Lajnah Falakiyah PWNU DIY sebuah lokasi yang nantinya akan berdiri Pos Observasi Bulan (POB) BHR DIY. Sore ini merupakan hari ke-2 pasca ijtimak sehingga ketinggian hilal saat sunset sebesar 7°35' angka ketinggian di atas limit Danjon yang memungkinkan hilal dapat dilihat. Sementara pada hari ijtimak (13/08) ketinggian hilal masih di bawah ufuk yaitu -2°58' sehingga mustahil dilakukan rukyat.

..

Ketinggian hilal ,asih di bawah ufuk di semua wilayah Indonesia
.

Minggu, 16 September 2007

Moon Apogee @ 04:07 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 405.644 km ). [ info ]

.

Selasa, 18 September 2007

Moon - Antares - Jupiter @ 19:30 WIB
Bulan berdampingan dengan bintang Antares di Rasi Scorpius. Sedangkan di sebelah Utaranya yang terlihat terang adalah planet Jupiter.

.

Rabu, 19 September 2007

First Quarter Moon, 23:48 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.

.

Minggu, 23 September 2007

September Equinox @ 16:51WIB (Geosentris)

Equinox adalah saat dimana posisi matahari tepat berada di garis Kalutistiwa (Ekuator). Equinox terjadi dua kali selama setahun yaitu Maret Equinox dan September Equinox. Pada September Equinox matahari akan melanjutkan gerak semu hariannya ke arah Selatan. Hari ini panjang siang tepat sama dengan malam, tidak ada bayangan di katulistiwa saat tengah hari. Awal Musim Gugur (Autum/Falling) di belahan bumi Utara dan Awal Musim Semi (Spring) di belahan bumi Selatan.

.

Minggu, 23 September 2007

Venus at Greatest Brilliant @ 19:00 WIB (Geosentris)

Hari ini planet Venus akan mencapai titik paling terang, namun ini akan terlihat pada pagi harinya karena planet ini sedang menjadi planet pagi di langit Timur.
.

Selasa, 27 September 2007

Full Moon @ 02:45 WIB (Geosentris)

Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Harvest Moon atau Fruit Moon sementara di India disebut Bhadrapad Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

.

Jum'at, 28 September 2007

Moon Perigee @ 04:07 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 359.419 km ). [
info ]

..

Sabtu, 29 September 2007

Mercury Greateat Elongation East @ 23:00 WIB (Geosentris)

Hari ini planet Merkurius mencapai jarak elongasi terbesar di Timur matahari sekitar 26°. magnitude +0.08 planet ini memungkinkan ia dapat teramati pada sore hari setelah matahari terbenam di langit Barat.

..

Minggu, 30 September 2007

Moon - Pleiades @ 22:00 WIB

Malam ini terlihat di Langit Timur bulan separo tua yang baru terbit berdampingan dengan Gugus Pleades atau "bintang tujuh".

.

.

.

RASI BINTANG SEPTEMBER 2007

.

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah masih terlihatnya Rasi Crux di Langit Selatan lepas matahari terbenam dengan empat buah bintangnya yang membentuk palang sehingga rasi ini sering dinamakan salib selatan (southern cros). Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang-layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan dua bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "the Pointer" yang menghiasi Langit Selatan.

.

Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) di atas kepala lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster dan Butterfly Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.

.

Menjelang tengah malam konfigurasi bintang Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle - akan dapat disaksikan di atas kepala agak ke Utara. Menjelang pagi akan kita saksikan lagi Rasi legendaris Orion atau "Waluku" menurut orang Jawa. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang.

..

..

POSISI.PLANET SEPTEMBER 2007

.

CLASICAL PLANET.

..

..

Merkurius

Planet Merkurius pada awal bulan ini dapat disaksikan di Langit Barat setelah matahari terbenam. Posisinya semakin naik hingga pada akhir bulan akan mencapai jarak elongasi terjauhnya dengan matahari. Merkurius kini berada di Rasi Leo.

..

..

Venus

Planet Venus kini menjadi planet pagi yang menampakkan diri sebelum matahari terbit. Selama awal bulan ini di langit Timur kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Pada 23 September bahkan planet ini akan mencapai kecerlangan maksimumnya. Venus sedang berada di Rasi Cancer.

..

..

Mars

Planet Mars berada di langit Timur saat menjelang Subuh dan berangsur-angsur naik menjauhi posisi matahari. Mulai awal bulan planet mulai dapat dilihat mulai pukul 1 dinihari di Langit Timur. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa, Mars mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Taurus.

..
..
Jupiter

Planet Jupiter masih menjadi planet sore di atas kepala selepas senja. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sampai akhir bulan nanti planet Jupiter berada di Rasi Ophiuchus bersebelahan dengan Rasi Scorpius dengan bintangnya Antares yang terlihat berwarna merah.

..

..

Saturnus

Planet Saturnus berada di Langit Timur sebelum terbit matahari berada dekat-dekat dengan planet Venus yang terlihat terang. Ia posisinya semakin menaik menjauhi horison Timur saat pagi. Cahayanya yang tidak terlalu terang membuat planet ini sulit dibedakan dengan bintang. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Ups, tapi jangan sampai terlambat sebab menjelang akhir bulan planet ini berkonjungsi dengan matahari. Saturnus kini masih berada di Rasi Leo.

..

..

Uranus

Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius sebelah Langit6 Timur, lepas senja hari.

..

..

Neptunus

Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur selepas tsenja hari.

..

..

..

DWARF PLANET


...
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

..

..

Ceres

Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Cetus, Langit Timur lepas tengah malam.

..

..

Pluto

Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, Langit Timur lepas senja hari.

..

..

Eris

Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, langit di atas kepala lepas senja hari.

..

..

Download Event 2007

..
Links Source:

http://space.com

tttp://skymap.com

ttp://astronomy.com

ttp://skytonight.com

...

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Plus Versi 6 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc

..

..

..





2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr wb

    kang mutoha, afwan nih...
    saya copy artikel astro event bulan agust-sept di blogs saya bintangjatuh31.blogs.friendster.com/my_blog karena kebetulan saya sangat suka astronomi, tapi tidak mendalami betul. Untuk bulan2 berikutnya, masih boleh saya copy artikel astro event-nya? sumbernya selalu saya tulis di bawahnya...

    terima kasih sebelumnya

    wassalam

    BalasHapus
  2. mas aq mo nanya, karena aq awam bgt dengan astronomi tapi aq sangat suka bgt ngeliat bintang.dan udah beberapa bulan ini aq ngeliat ada bintang yang ukurannya lebih besar dan cahayanya plg terang.apkah itu juga sama dgn bintang2 yg qta lihat?maaf aq selama ini ngeliatnya ngak dengan alat cmn dengan mata aja.terima kasih byk atas.

    BalasHapus