Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Senin, 30 Juli 2007

Astro Event Agustus 2007

Chuck Hunt mengambil gambar langit alam ini dari Mansfield, Ohio pada 12 Agustus 2006. Menurutnya goresan cahaya itu adalah bagian dari Perseids Meteor Shower yang berhasil dia abadikan pada sekitar pukul 22 malam.
.
Inilah bulan yang kita tunggu kedatangannya. Bulan kelahiran bangsa Indonesia Agustus 2007 ini akan menyuguhkan beberapa event astronomi menarik diantaranya Gerhana Bulan Total (GBT) dan pertunjukan hujan meteor spektakuler Perseids Meteor Shower. Berkumpulnya beberapa obyek-obyek langit, bulan yang berdekatan dengan planet atau bintang serta kalender fase bulan juga masih menghias event astronomi kita kali ini, termasuk data kegiatan rukyat hilal penentuan awal bulan Sya'ban 1428 H.
.
Hujan Meteor Perseids pada 13 Agustus malam diharapkan akan menjadi tontonan spektakuler karena terjadi pada saat bulan baru. Gerhana Bulan Total (GBT) pada 28 Agustus selepas matahari terbenam juga sayang kalau dilewatkan.
.
Kalender Event Astronomi Indonesia bulan ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu EfemerisNASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
.
Sabtu, 4 Agustus 2007
Moon Perigee @ 06:53 WIB (Geosentris)
Hari ini bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 368.891 km ) [ info ]
.
Senin, 6 Agustus 2007
Last Quarter Moon @ 04:20 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
. Langit malam lepas senja pada awalbulan Agustus ini.
...

Selasa, 7 Agustus 2007

Jupiter Prograde Motion @ 12:58 WIB (Geosentris)

Hari ini Jupiter balik kanan (prograde) setelah melakukan gerak mundur (retrograde) semenjak bulan April lalu. Kita akan melihat dari hari ke hari Jupiter akan semakin berada ke Timur terhadap Rasi Ophiuchus walaupun relatif posisinya semakin ke Barat terhadap matahari.

.

Selasa, 7 Agustus 2007
Moon - Pleiades - Mars @ 03:00 WIB

Pagi ini konfigurasi segitiga antara Bulan sabit tua - Gugus Pleiades - Mars akan menghiasi Langit Timur
. . Saksikan pemandangan ini, bangunlah sebentar untuk menengok fenomena astronomi menarik ini walau hanya sekejap.

.

Radiant Perseids terlihat menjelang tengah malam

...

Minggu-Senin, 12-13 Agustus 2007 ( Best Event !! )

Perseids Meteor Shower @ 23.00 WIB - Subuh

Malam ini (Minggu malam) 12 Agustus menjelang tengah malam hingga Senin dinihari juga Senin malam 13 Agustus hingga Selasa dinihari menjelang Subuh langit akan disuguhi tontonan spektakuler yaitu hujan meteor. Hujan meteor yang dikenal dengan nama Perseids Meteor Shower akan turut menyemarakkan HUT RI kali ini. Perseids merupakan salah satu fenomena hujan meteor terbesar pada tahun ini, disebabkan oleh sisa-sisa debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang pertama kali teramati pada tahun 1862. Swift-Tuttle begitu legendaris karena pada 14 Agustus 2126 diperkirakan komet ini bakal berbenturan dengan Bumi(!!!???). Perseids dapat menampakkan 80 s.d. 100 meteor setiap jam saat 'peak' serta kecepatannya yang mencapai 60 km/detik menjadikan menjadikan shower ini sayang untuk dilewatkan. Pandangalah ke arah Langit Utara sebab radiant shower ini berada di Rasi Perseus. Terbit di arah Timur Laut sekitar pukul 11 malam. Cahaya bulan kali ini tidak akan mengganggu kenampakan Perseids ini sebab kali ini bulan sedang pada fase 'bulan baru'. Rasi Orion yang menawan di Timur akan menemani anda dalam pengamatan. Shower ini dapat disaksikan mulai pukul 22.00 malam sampai pagi sebelum langit terang. Teknik Observasi Meteor

.

Senin, 13 Agustus 2007

New Moon @ 06:02 WIB (Geosentris)

Bulan Baru kali ini merupakan akhir bulan Rajab 1428 H sekaligus mengawali bulan Sya'ban 1428 H. Bulan baru kali ini mengawali lunasi ke 1047. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk penanggalan lunar atau bulan seperti kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai. Akibatnya di seluruh dunia bisa saja terjadi perbedaan awal bulan bahkan sampai berselisih 4 hari.

.

Selasa, 14 Agustus 2007
Rukyatul Hilal - Syaban 1428 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Syaban 1428 Hijriyah. Bulan ini juga JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal bulan ini. Sore ini merupakan hari ke-2 pasca ijtimak sehingga ketinggian hilal saat sunset sebesar 15°37' angka ketinggian di atas limit Danjon yang memungkinkan hilal dapat dilihat. Sementara pada hari ijtimak (13/08) ketinggian hilal di bawah limit danjon yaitu 4°54' sehingga mustahil dilakukan rukyat.

.

Visibilitas hilal Sya'ban 1428 H masih dibawah limit Danjon
.

Kamis, 16 Agustus 2007

Mercury Super Conjunction @ 02:56 WIB (Geosentris)

Planet Merkurius berada paling jauh di belakang matahari untuk memulai kembali Planet ini menjadi Planet Sore setelah beberapa lama menjadi Planet Pagi. nantinya Merkurius akan dapat disaksikan di Langit Barat pada sore setelah matahari terbenam.

.

Sabtu, 18 Agustus 2007

Venus Inferior Conjunction @ 10:41 WIB (Geosentris)

Planet Venus kini berada paling dekat di depan matahari untuk memulai kembali planet ini menjadi Planet Pagi setelah sekitar 8 bulan menjadi planet yang nampak pada sore hari. Sebelumnya akan nampak Venus semakin dekat dan semakin rendah posisinya mendekati matahari.

.

Minggu, 19 Agustus 2007

Moon Apogee @ 10:29 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404.620 km ). [ info ]

.

Selasa, 21 Agustus 2007

First Quarter Moon, 06:54 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.

.

Selasa-Rabu, 21 & 22 Agustus 2007

Moon - Antares - Jupiter @ 19:30 WIB

Bulan berdampingan dengan bintang Antares di Rasi Scorpius. Sedangkan di sebelah Utaranya yang terlihat terang adalah planet Jupiter. Segitiga Bulan-Antares-Jupiter ini akan dapat disaksikan selama 2 malam berturut-turut.
.

Rabu, 22 Agustus 2007

Saturn Conjunction @ 06:28 WIB (Geosentris)

Planet Saturnus berada paling jauh di belakang matahari, dan tak perlu mencoba dilihat.

.

Sabtu-Minggu, 25-26 Agustus 2007 ( Jangan Lewatkan..)

Southern Sky Star Party 2007, @ Jadwal Acara

Dalam rangka memperkenalkan dan memasyarakatkan astronomi secara luas kepada khalayak, maka Tim Rig-K dan HIMASTRON ITB bersama-sama mengadakan acara pertemuan dalam bentuk star party untuk para skywatcher, fotografer yang suka motret langit dan semua orang yang tertarik untuk mengenal astronomi.
Starparty adalah tempat yang tepat bagi pengunjung yang ingin berbagi pengetahuan tentang antariksa. Pengunjung juga bisa memasang teleskopnya di sana. Berbagi ilmu memakai teleskop, peta langit, membidik galaksi, nebula atau objek deep-field lainnya bisa juga dilakukan.
[ informasi ]

. ..
Selasa, 28 Agustus 2007

Full Moon @ 17:35 WIB (Geosentris)

Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Grain Moon atau Sturgeon sementara di India disebut Narali Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang. .

.

Selasa, 28 Agustus 2007

Gerhana Bulan Total (GBT) @ sunset - 20:00 WIB ( Great Event..! )

Sore ini kita akan menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) yang dapat disaksikan di Langit Timur segera setelah matahari terbenam. Saat bulan muncul di Langit Timur masih dalam bayang umbra bumi sehingga terlihat masih gelap. Menjelang pukul 18:30 WIB perlahan bulan mulai nampak terang dan akan terang penuh pada menjelang pukul 20:00 WIB. Peluang observasi untuk sekitar wilayah Indonesia adalah saat bulan terbit sampai menjelang umbra berakhir. Peta Gerhana.

Penumbra Mulai (P1) = 14:54 WIB

Umbra Mulai (U1) = 15:51 WIB

Total Mulai (T1) = 16:52 WIB

Bulan Terbit (Moonrise) = 17:36 WIB

Total Berakhir (T2) = 18:22 WIB

Umbra Berakhir (U2) = 19:24 WIB

Penumbra Berakhir (P2) = 20:21 WIB

..

Gerhana Bulan Total (GBT) yang dapat disaksikan dari Indonesia

....

RASI BINTANG AGUSTUS 2007

.

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah munculnya Rasi Crux di Langit Selatan lepas matahari terbenam dengan empat buah bintangnya yang membentuk palang sehingga rasi ini sering dinamakan salib selatan (southern cros) . Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang-layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "the Pointer" yang menghiasi Langit Selatan.

.
Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) di atas kepala lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster dan Butterfly Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.

Menjelang tengah malam konfigurasi bintang Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle - akan dapat disaksikan di Langit Timur. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang.

.

Posisi Bulan selama beberapa hari di Langit Timur pada pagi hari

.

..

POSISI.PLANET AGUSTUS 2007

.

CLASICAL PLANET.

.

Merkurius

Planet Merkurius pada awal bulan ini dapat disaksikan di Langit Timur sebelum matahari terbit. Posisinya semakin rendah sebelum pada pertengan bulan mencapai konjungsinya dengan matahari. Merkurius kini berada di Rasi Gemini.

.

Venus

Planet Venus menjadi planet sore yang menampakkan diri setelah matahari terbenam. Selama awal bulan ini di langit Barat kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus kini sedang pada posisi menjelang konjungsi inferior sehingga bentuknya menjadi seperti bulan sabit jika dilihat menggunakan teleskop. Menjelang akhir bulan planet ini semakin rendah dan mencapai konjungsi pada pertengahan bulan. Venus sedang berada di Rasi Leo.

.

Mars

Planet Mars berada di langit Timur saat menjelang Subuh dan berangsur-angsur naik menjauhi posisi matahari. Mulai awal bulan planet mulai dapat dilihat mulai pukul 1 dinihari di Langit Timur. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa, Mars mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Aries.

.

Jupiter

Planet Jupiter masih menjadi planet di Langit Timur agak tinggi selepas senja. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sampai akhir bulan nanti planet Jupiter berada di Rasi Ophiuchus bersebelahan dengan Rasi Scorpius dengan bintangnya Antares yang terlihat berwarna merah.

.

Saturnus

Planet Saturnus berada di Langit Barat lepas petang hari berada dekat-dekat dengan planet Venus yang terlihat terang. Ia posisinya semakin rendah mendekati horison Barat saat petang. Cahayanya yang tidak terlalu terang membuat planet ini sulit dibedakan dengan bintang. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Ups, tapi jangan sampai terlambat sebab menjelang akhir bulan planet ini berkonjungsi dengan matahari. Saturnus kini masih berada di Rasi Leo.

.

Uranus

Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius sebelah Barat Mars, Langit Timur lepas tengah malam.

.

Neptunus

Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur selepas tengah malam.

..

.

DWARF PLANET

.

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

.

Ceres

Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Cetus, Langit Timur lepas tengah malam.

.
Pluto

Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, Langit Timur lepas matahari terbenam.

.

Eris

Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur lepas tengah malam.

.

Download Event 2007

.

.

Links Source:

http://space.com

tttp://skymap.com

ttp://astronomy.com

ttp://skytonight.com

.

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Plus Versi 6 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar