Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Sabtu, 13 Januari 2007

Komet McNaught


Posisi McNaught dilihat dari Indonesia selama beberapa hari

Komet McNaugt (C/2006 P1) diberi nama sesuai dengan nama penemunya Robert McNaught (Australia) dan diumumkan 7 Agustus 2006 lalu, memang merupakan komet paling terang setelah kemunculan Halley pada 1986 lalu. Komet ini mulai terlihat terang di belahan bumi Utara sejak awal Januari. Lalu kapan komet ini tampak dari Indonesia?
Bagi pengguna program Starrynight nampaknya akan lebih mudah menjejak lokasi komet 'Meknot' ini menggunakan data update komet terbaru. Saya juga sudah mencoba DL data komet dari Imaginova dan dari Indonesia tracking komet selama beberapa hari ke depan seperti gambar di atas. Nampak tidaknya dari Indonesia saya tidak tahu persis, tapi kayaknya agak sulit diamati dari Indonesia karena posisinya yg terlalu dekat matahari cuma setinggi sekitar 3 - 4 drjt dari horison saat sunset, tapi tdk ada salahnya kita coba hunting mulai 12 s.d. 21 Jan 2007 ini di langit Barat. Posisi Venus dan Merkurius untuk tgl 14 Jan. Data terakhir magnitude komet ini pada 12 Jan sekitar -2 (hampir secerah venus) dan pada 21 Jan menurun menjadi sekitar 1,5. Saat paling baik untuk pengamatan mungkin sekitar tgl. 14 - 20 Jan sebelum komet ini semakin pudar magnitudenya.
Menurut sebuah jurnal astronomi, pada siang hari bahkan sekitar tanggal 13-15 Januari dengan memblokir cahaya matahari menggunakan benda lain kita akan dapat menyaksikan titik putih di dekat matahari, itulah Mcnaught diperkirakan magnitudenya dapat mencapai -5 wah..wah..

McNaught hasil bidikan Jervold (USA) pada 6 Januari lalu di langit Timur

Demikian semoga membantu para pemburu2 komet dari Indonesia. Siapkan kamera dg long exposure...digital atau SLR oke2 aja yang jelas cari tempat yg tinggi ya... tapi jangan naik pohon... ntar jatuh kaya adam air. Ayo rame-rame memburu komet Meknot eh siapa tahu kesempatan yang langka ini dapat kita saksikan. Naik ke tempat yang tinggi biar bisa lihat horison Barat, tunggu setelah beberapa saat setelah matahari terbenam dan lihatlah komet itu hampir menyentuh horison Barat. Happy Comet Hunting. (Astroman)


1 komentar:

  1. Dear Astroman,

    mohon infonya, apakah komet ini bisa terlihat di langit Polandia, khususnya kota Warsawa?

    bila ya, apa juga di arah yang sama dengan letak matahari terbenam sore?

    trims ya infonya...

    -rita

    BalasHapus