Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Jumat, 01 Desember 2006

Astro Event Desember 2006

Geminids shower tahun 2004 hasil bidikan kamera long exposure

[ DOWNLOAD PETA BINTANG DESEMBER 2006 (180KB) ]

..

Langit malam hari-hari selama bulan Desember nampaknya akan kurang menguntungkan bagi para stargazer dan astromania di Indonesia. Sudah bisa ditebak bahwa bulan ini akan menjadi awal musim penghujan yang nampaknya tahun ini agak datang terlambat. Biasanya sih pada Oktober hujan sudah mulai mengguyur disemua wilayah Indonesia. Namun hingga hari ini nyatanya hujan hanya mengguyur beberapa tempat saja pun hanya sebentar. Namun berharap saja ada cerah diantara mendung walau hanya beberapa saat. Dan biasanya justru cerah pasca hujan turun justru akan membuat langit semakin bersih dari polusi. Berikut adalah Kalender Event Astronomi Indonesia untuk bulan Desember 2006. Ada beberapa event menarik misalnya peristiwa Hujan Meteor terindah tahun ini yaitu Geminids Meteor Shower. Kecuali itu juga ada event astronomi yang lain dari mulai perubahan fase bulan, konjungsi, okultasi, greatest elongation, perigee dan apogee bulan, serta peristiwa-peristiwa astronomi yang lain. Kalender ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight Pro Versi 5.8.2 dan Generator Efemeris Sky View Cave serta beberapa sumber. Kita berharap langit cerah diantara musim hujan kali ini. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.

.

Sabtu, 2 Desember 2006

Bulan @ Perigee, 07:05 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 365.923km dengan diameter angular 2' 39" )

.

Selasa, 5 Desember 2006

Bulan Purnama, 07:25WIB (Geosentris)

Terbit : 18:09 WIB ♣ Transit: 00:06 WIB ♣ Terbenam: 06:04 WIB

Bulan purnama kali ini di Benua Eropa mendapat julukan Cold Moon menandai puncak musim salju di benua itu. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap kebumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Bagaimana menurut anda?. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah sekitar pukul 21.00 saat ia tidak posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

.

Minggu, 10 Desember 2006

Bulan di sebelah Saturnus, 23:00 WIB

Malam ini di Langit Timur menjelang tengah malam dapat disaksikan bulan tua yang pada usia 21 hari berada dekat dengan Saturnus, planet yang memiliki cincin indah itu.

.

Senin, 11 Desember 2006

Konjungsi Merkurius-Mars-Jupiter, 04:00 WIB

Pagi ini di langit Timur sebelum fajar menyingsing akan dapat disaksikan pemandangan menarik berkumpulnya tiga planet; Merkurius, Mars dan Jupiter berkumpul dalam radius tidak kurang dari 1°.

.

Selasa, 12 Desember 2006
Bulan Kwartal Akhir, 21:32 WIB (Geosentris)

Terbit : 23:44 WIB ♣ Transit: 05:52 WIB ♣ Terbenam: 12:01 WIB

Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Timur, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

.

Kamis, 14 Desember 2006

Bulan @ Apogee, 20:06 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404,418 km sudut angular 29' 33" ).

.

Peta Radiant Geminids Meteor Shower 14/12 @ 21:00 WIB di arah Timur

.

Kamis, 14 Desember 2006

Puncak Meteor Shower Geminids, 15:19 WIB Geosentris (Spectacular !!!)

Mulai pukul 21 malam sampai tengah malam kita dapat menyaksikan puncak Hujan Meteor Geminids (GEM-IMO37) namun beberapa meteor dapat terlihat mulai tanggal 7 - 17 Desember. Radiant meteor ini berada di arah Timur-Laut tepatnya di Rasi Gemini. Rasi ini tampak di langit Timur mulai pukul 20:00 WIB. Geminids dapat menampakkan meteor sampai 60 buah setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 35 km/s. Meteor shower Geminids ini cukup spektakuler karena sering membuat goresan cahaya berwarna-warni. Geminids diyakini berasal dari debu sisa asteroid 3200/Phaethon. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah setelah radiant muncul sekitar pukul 20:00 WIB sampai sebelum bulam terbit pukul 00:19 WIB. Kali ini merupakan saat terbaik untuk pengamatan Geminids sebab tidak terganggu cahaya bulan dan waktu pengamatan relatif masih sore. ( Teknik Observasi Meteor )

.
Rabu, 20 Desember 2006

Bulan Baru, 05:18 WIB (Geosentris)

Bulan Baru (New Moon) kali ini merupakan akhir bulan Zulqaidah 1427 H sekaligus mengawali bulan Zulhijjah 1427 H. Bulan baru kali ini merupakan awal lunasi ke 1039.

..

Rabu, 20 Desember 2006

Rukyatul Hilal Zulhijjah 1427 Hijriyah, @ sunset

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Zulhijjah 1427 Hijriyah. Seperti biasanya JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal Zulhijjah dari Pantai Parangkusumo Yogyakarta. Data dari Pos Observasi Hilal Parangkusumo menunjukkan bahwa saat matahari terbenam ketinggian hilal masih dibawah ufuk (-2º 38') sedangkan ijtimak baru terjadi pada pukul 21:01 WIB. Penetapan awal bulan Zulhijjah akan menjadi pedoman penetapan Hari Raya Idul Adha 1427 H tahun ini. Oleh karena itu Pemerintah melalui Dept. Agama juga akan menyelengarakan kegiatan rukyat yang dikordinir oleh BHR dari tiap provinsi dan kabupaten.

.

Jumat, 22 Desember 2006
Winter Solstice, 07:25 WIB (Geosentris)
Winter Solstice adalah saat dimana posisi matahari berada di titik balik Selatan atau sering disebut sebagai Tropic of Capricorn yaitu garis paralel 23º 27’ di Selatan Katulistiwa (Ekuator) bumi. Dan perhatikan serta amati, terbit/terbenamnya matahari akan mulai bergeser lagi ke Utara. Peristiwa Solstice merupakan bagian peristiwa akibat perputaran bumi mengelilingi matahari sementara sumbu bumi miring terhadap bidang edarnya.

.

Visibilitas hilal Zulhijjah 1427 H untuk wilayah Yogyakarta, tinggi hilal masih minus

.

Selasa, 27 Desember 2006

Bulan Kwartal Awal, 21:48 WIB (Geosentris)

Terbit : 11:14 WIB ♣ Transit: 17:24 WIB ♣ Terbenam: 23:33 WIB

Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbitpun bulan sudah terlihat menggantung di atas langit.

.

Kamis, 28 Desember 2006
Bulan @ Perigee, 09:19 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 370.323 km dengan diameter angular 32' 16" )
.

Minggu, 31 Desember 2006

Bulan di sebelah Pleiades, 19:00 WIB

Sore ini kita menyaksikan bulan tua (waxing gibbous) berada dekat dengan Pleiades si Tujuh Bidadari di Rasi Taurus. Posisi bulan hampir di atas kepala saat itu. Dengan binokuler tujuh bintang di Pleiades akan bisa nampak dengan jelas.

.

.

Rasi Bintang Desember 2006

.

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Desember ini diantaranya adalah munculnya Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit Timur lepas tengah malam yang dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh para petani. Kenampakan Rasi Orion memang selalu pada awal musim penghujan yaitu awal Oktober sampai November. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berda pada jarak 8,6 tahun cahaya. Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades atau sering disebut Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang ini mirip asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut.

.

Formasi baru Sistem Tata Surya dengan 8 planet dan 3 planet kerdil

.
Posisi Planet November 2006

.

Clasical Planet

.

Merkurius

Merkurius mulkai turun dari posisi elongai maksimumnya, namun demikian planet ini masih dapat diamati pada pagi hari di Langit Timur sebelum matahari terbit. merkurius kini berada di Rasi Scorpius..

.

Venus

Venus menjadi planet sore yang menampakkan diri setelah matahari terbenam. Mulai pertengahan bulan di langit Barat kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah. Venus sedang berada di Rasi Sagitarius dan posisinya semakin naik menjauhi matahari.

.

Mars

Bulan ini Mars berada di langit Timur saat pagi hari dan berangsur-angsur menjauhi posisi matahari hingga pada pertengahan bulan mulai mudah dilihat. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa, Mars mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Ophiuchus.

.

Jupiter

Jupiter mulai terlihat kembali di Langit Timur pada pagi sebelum matahari terbit. Planet ini semakin posisinya terhadap matahari sehingga mulai Desember ini mudah diamati. Pertengahan bulan planet ini berada di rasi Scorpius.

.

Saturnus

Bulan ini Saturnus berada pada posisi di arah Timur mulai lepas tengah malam. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Saturnus terus naik posisinya sehingga lebih mudah diamati. Kini Saturnus sedang berada di Rasi Leo. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya.

.

Uranus

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

Neptunus

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

Konjungsi tiga planet Merkurius-Mars-Jupiter pada 12/12 pagi

.

Dwarf Planet

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

.

Ceres

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

Pluto

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, sekitar posisi matahari.

.

ERIS ( nama baru untuk XENA-2003UB313 )

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, posisi di atas kapala setelah matahari terbenam.
.

.

.

Download Event 2006 versi PDF

.

Links Sourche:

http://space.com

http://skymap.com

http://astronomy.com

.

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Versi 5.8.2 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe from Aladdin Systems, Inc



Tidak ada komentar:

Posting Komentar