Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 07 Mei 2006

Astronomy Day 2006


Hari Astronomi untuk tahun 2006 ini jatuh pada tanggal 6 Mei. Peringatan Hari Astronomi ini dari tahun ke tahun jatuh pada tanggal yang berbeda. Hari Astronomi ditetapkan untuk diperingati tiap tahun pada tanggal tertentu antara pertengahan April sampai pertengahan Mei, yaitu pada hari Sabtu saat fase bulan sekitar atau sebelum seperempat awal (berumur sekitar tujuh hari). Untuk tahun 2006 ini, antara pertengahan April dan pertengahan Mei, fase bulan seperempat awal terjadi hari Sabtu tanggal 6 Mei. Dan hari itulah diperingati sebagai Hari Astronomi. 

Perayaan Hari Astronomi berawal dari kegiatan yang dilakukan oleh Doug Berger (mantan presiden Astronomical Association of Northern California) pada tahun 1973. Doug mengadakan kegiatan untuk memberi kesempatan kepada publik yang berada jauh dari observatorium, agar bisa ikut menikmati astronomi lewat pameran dan kegiatan astronomi. Alih-alih mengundang publik pada acara open house di observatorium, ia membawa astronomi langsung ke tempat dimana publik berada. Dengan begitu publik yang tinggal jauh dari observatorium dapat menikmati astronomi tanpa harus datang ke observatorium yang biasanya berlokasi jauh dari kota. 

Kegiatan yang dilakukan oleh Doug ini berdampak luas. Sejak saat itu, berbagai organisasi astronomi mengadakan kegiatan serupa. Seiring dengan berjalannya waktu, skala dan lingkup acara menjadi semakin besar. Dan saat ini, kegiatan yang dirintis oleh Doug telah menjadi gerakan arus bawah skala internasional yang secara resmi bertujuan mempromosikan semua kegiatan ilmiah astronomi, dan menyediakan informasi, sumber daya, dan dukungan pada semua aspek astronomi. Dalam kegiatan ini, astronom amatir dan profesional berkesempatan menunjukkan kepada publik apa yang menarik perhatian mereka dalam pengamatan dan penelitian astronomi. 

Tanggal 26-29 Juli 2005 tahun lalu Astronom Asia Pasifik kembali bertemu dalam Konferensi Regional Astronomi Asia-Pasifik (APRIM) yang berlangsung di Nusa Dua Bali. Dalam salah satu hasil Konferensi APRIM 2005 yang diikuti 34 negara tersebut adalah Keputusan mengenai Pendidikan dan Populerisasi astronomi di Indonesia dan negara-negara Asia Pasifik. Diharapkan dengan diselenggarakannya peringatan Hari Astronomi Tahun 2006 (Astronomy Day 2006) ini dapat menjadi sebuah media pendidikan dan media untuk mempopulerkan atronomi kepada para pelajar serta masyarakat umum.
 

Bertempat di Halaman Depan Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Jogja Astro Club (JAC) turut mengambil bagian dalam perayaan Hari Astronomi atau Astronomy Day 2006 tahun ini. JAC bersama klub astronomi binaannya yaitu Colombo After School Astronomy Club (CASAC) yaitu KIR astronomi SMA Kolombo Yogyakarta menggelar pameran pendidikan bertajuk Astronomi.

Pameran Pendidikan Astronomi ini adalah kali yang pertama diadakan oleh club ini dan barangkali juga merupakan yang pertama di kota gudeg Yogyakarta ini. Pameran berlangsung dari mulai pukul 10:00 WIB sampai pukul 22:00 malam. Di bawah tenda berukuran 8x5 meter dengan penerangan 6 buah lampu TL 40 watt menjadi andalan panitia untuk berteduh dari panas dan hujan serta gelapnya malam. Di sisi kanan juga berdiri sebuah tenda doom 3x3 yang didirikan khusus untuk menjaga barang-barang yang riskan serta istirahat panitia. Spanduk dan umbul-umbul sangat membantu panitia sehingga stand pameran mudah dikenali oleh masyarakat yang lewat.Pameran Astronomy Day 2006 menampilkan berbagai macam stand yaitu;
1. Video Astronomi yaitu Pemutaran film/movie dan video pendidikan bertema astronomi.
2. Slide Show Astrofotografi berupa foto-foto matahari, bulan, planet, komet, galaksi, nebula, pesawat luar angkasa dsb.
3. Pameran peralatan astronomi amatir meliputi teleskop, binokuler, CCD imaging, peralatan fotografi, peta bintang dsb.
4. Pameran buku dan majalah astronomi dalam bhs. Indonesia dan asing.
5. Simulasi Pertunjukan Planetarium menggunakan Starrynight Pro 5.8.2.
6. Observasi permukaan matahari, bulan dan planet dengan menggunakan teleskop dan video astronomi.
7. Astronomi untuk anak berupa kegiatan mewarna planet, kuis, dan puzzel.
8. Demonstrasi Water Rocket (roket air).
9. Poster-poster astronomi berbagai ukuran.

Stand saat baru dibuka

Refraktor 3"

Semenjak stand dibuka oleh Koordinator JAC dan diawali dengan doa bersama oleh seluruh panitia, sudah mulai menimbulkan rasa penasaran masyarakat untuk melihat stand ini. Apalagi JAC juga memamerkan beberapa teleskop besar yang dipamerkan di arena ini masing-masing teleskop newtonian dengan diameter 10" dan 6" serta sebuah refraktor 3" yang kesemuanya terpasang pada mountingnya masing-masing. Kecuali teleskop pameran juga menampilkan peralatan fotografi terkhusus astrofotografi berupa 2 buah kamera CCD yang dimodifikasi dari webcam, lensa-lensa foto, kamera SLR dan digital kamera, berbagai jenis tripod, kabel release serta beberapa karya hasil foto anggota JAC juga turut dipamerkan.

Dalam kesempatan tersebut beberapa pakar astronomi Jogja juga turut memberikan support dengan mengunjungi pameran dan bahkan turut memandu teknik penggunakaan teleskop baik saat pengamatan sunspot maupun saat observasi bulan dan planet Jupiter pada mala harinya. Diantara yang hadir adalah; Bapak Slamet MT, M.Pd. Kepala Lab. Astronomi UNY, Bapak Drs. HM. Muchlas, MT dari Pusat Studi Astronomi UAD dan bapak Drs. H. Sofwan Jannah, MAg. dari Pusat Studi Falak UII yang langsung turun di tengah-tengah pengunjung pameran.
Stand buku dan peralatan astronomi, Bola langit dan simulator planet
 
Diantara kegiatan pameran juga disediakan stand khusus untuk anak-anak atau astro kids. Di stand ini disediakan beberapa puzzle astronomi yaitu merangkai gambar planet dan galaksi, kuis dan pertanyaan seputar astronomi serta kegiatan mewarna planet. Di stand ini juga anak-anak diajarkan cara menggunakan binokuler yang benar untuk melihat bintang dan cara mengamati permukaan matahari mengunakan metode proyeksi untuk melihat bintik matahari (sunspot) serta diberitahu bahayanya jika melihat matahari menggukan binokuler maupun teleskop untuk melihat matahari langsung tanpa peralatan pengaman.
Stand peralatan astronomi amatir
 
Berdoa sebelum mulai memandu stand


Sejauh ini persiapan dianggap cukup...
 

Press release dengan wartawan KR
 
Tiga buah layar LCD digunakan untuk menampilkan gambar dari komputer/laptop agar lebih komunikatif. Masing-masing untuk menampilkan program komputer Simulator Planetarium menggunakan Starrynight, Pemutaran Film-film astronomi serta slide show astrofotografi yang cukup menarik perhatian pengunjung. Sementara poster-poster yang dipamerkan justru banyak ditawar mau dibeli. Ada 10 buah poster besar yang turut dipamerkan dan kesemuanya merupakan koleksi JAC.

Sore hari saat jadwal kegiatan untuk demonstrasi roket air (water rocket) yang terpaksa dibatalkan dikarenakan hujan mengguyur arena pameran hingga lepas maghrib. Hal ini sempat membuat panitia kewalahan untuk mengamankan barang-barang yang dipamerkan. Apalagi sore itu Koordinator JAC masih berada si Solo dalam rangka peringatan Hari Astronomi di PP Assalam sebagai pembicara dalam Seminar Astronomi sehingga panitia harus berinisiatif sendiri menghadapi masalah tersebut. Dan alhamdulillah menjelang isya hujan reda dan bahkan langit cukup cerah sehingga acara observasi langit malam dapat berlangsung.
Teleskop 10" itu (barang antik)..


 Bapak Slamet MT, MPd. tersenyum puas...

Setelah hujan reda, kembali pengunjung mulai berdatangan karena tertarik melihat 3 buah teleskop yang sengaja dibawa keluar untuk mengamati bulan. Merekapun rela antri untuk dapat melihat pemandangan yang mungkin baru pertama untuk mereka. Permukaan bulan saat fase seperempat pertama memang menjadi obyek yang menarik untuk diamati karena kawah-kawah di bulan sangat jelas kelihatan. Bersyukur para pemandu teleskop dari anggota JAC dengan trampil dapat mengarahkan teleskopnya untuk mengamati permukaan bulan walaupun sesekali bulan tertutup oleh mendung yang lewat. Dan kegiatan observasi malam berlangsung cukup meriah hingga larut walaupun kondisi agak basah setelah diguyur hujan.


Setia menunggu stand....

Reflektor Newtonian 6" Space
 
Menjelang pukul 10 malam saat stand akan ditutup masih terlihat beberapa pengunjung yang melihat-lihat stand pameran. Bahkan 3 buah teleskop masihdikerumuni para pengunjung yang baru datang yang sekedar ingin ikut melihat. Dan akhirnya setelah melalui beberapa pertimbangan pameran akhirnya ditutup pukul 22:30 menunggu pengunjung agak sepi.
Selama hampir 1 jam panitia mengemasi barang-barang dan perlengkapan yang dibawa untuk pameran. Dan khusus tenda doom dan sebuah teleskop yang 6" sengaja ditinggal karena selepas acara pameran masih ada acara observasi malam khusus anggota sampai pagi. Konon acara observasi malam tambahan ini berlangsung hingga subuh dan ternyata masih banyak juga para pengunjung yang kebetulan lewat ikut melihat dan mengintip bulan dan planet Jupiter dari lobang teleskop (sementara saya tertidur sampai pagi)...... dan Astronomy Day 2006 telah selesai.... Sampai jumpa tahun depan...
Terimakasih... kepada semua pihak yang telah mensupport kegiatan ini.... para relawan... para donatur... para sponsorship.... Sekali lagi terimakasih.


Seminar Islam & Astronomi di CASA PP Assalam - Solo
 


Berikut beberapa gambar yang sempat terekam oleh kamera....


Ketua Panitia ngintip bersama Punk... Bapak, Ibu & anak juga suka astronomi
 
Dapet bonus stiker lumayan.... Banjir.... banjir..... banjir....

Wis.... bubar..... Sampai jumpa tahun depan....

1 komentar: