Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Selasa, 01 Mei 2007

Astro Event Mei 2007

Observatorium Bosscha ... kapan punya teman.???

Bulan yang membawa harapan bagi para peminat langit malam adalah mulai Mei 2007 ini. Posisi matahari yang semakin ke Utara menjauh dari Katulistiwa membawa dampak perubahan ke musim Kemarau di Indonesia. Inilah mula bulan yang sangat ditunggu-tunggu para skygazer...
.
Tidak terlalu menarik memang event astronomi di bulan Mei ini kecuali hanya peristiwa kedekatan bulan dengan obyek langit lain yang dianggap sebagai fenomena cukup menarik barangkali. Selain itu fase-fase bulan, visibilitas planet dan informasi awal bulan hijriyah masih menjadi menu pada astro event bulan ini. Namun harap dicatat... bahwa pada bulan Mei ini terjadi suatu fenomena yang disebut "istiwa a'zam" yaitu posisi matahari tepat di atas Ka'bah. Nah bagi para pengelola masjid atau musholla fenomena ini dapat dipergunakan untuk mengoreksi arah kiblat dengan metode bayangan.
.
Astro event ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu EfemerisNASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
.

Rasi Orion dan Planet Venus sore ini setelah matahari terbenam (foto: Jefferson)
.
Rabu, 2 Mei 2007

Bulan Purnama @ 17:09 WIB (Geosentris)

Bulan purnama kali ini dikenal sebagai Milk Moon atau Flower Moon sementara di India disebut Buddha Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 21.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.

.

Jumat, 4 Mei 2007
Bulan - Antares @ 20:00 WIB
Langit Timur, saat bulan terbit bersebelahan dengan Antares yaitu bintang paling terang di Rasi Scorpius. Bintang Antares berwarna merah.

.

Sabtu, 5 Mei 2007

Bulan - Jupiter @ 21.00 WIB

Langit Timur, saat bulan terbit bersebelahan dengan planet Jupiter.

.

Sabtu, 5 Mei 2007

Meteor Shower Eta Aquarids @ midnight sampai subuh

Malam ini kita dapat menyaksikan fenomena hujan meteor Eta Aquarids. Titik Radian meteor ini berasal dari rasi Aquarius yang baru akan tebit menjelang tengah malam di langit sebelah Timur. Cahaya bulan yang baru lepas purnama menjadi halangan observasi shower Eta Aquarids kali ini. Tapi cobalah tengok siapa tahu masih ada meteor yang dapat terlihat...

.

Kamis, 10 Mei 2007

Bulan Kuartal Akhir @ 11:27 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan terbit pada tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.

.

Sabtu, 12 Mei 2007

Bulan - Mars @ 04:00 WIB

Menjelang Subuh pagi ini Langit Timur akan dihiasi pemandangan Bulan sabit tua yang berada hanya beberapa derajat tepat di atas Mars si planet merah.

.

Selasa, 15 Mei 2007

Bulan Perigee @ 22:11WIB (Geosentris)

Hari ini bulan pada posisi terdekat dengan bumi ( 359.392 km )

.

Kamis, 17 Mei 2007

Bulan Baru @ 02:27 WIB (Geosentris)

Bulan Baru (New Moon) kali ini merupakan akhir bulan Rabiul Akhir 1428 H sekaligus mengawali bulan Jumadil Awal 1428 H. Bulan baru kali ini merupakan awal lunasi ke 1044.

.

Kamis, 17 Mei 2007

Rukyatul Hilal Jumadil Awal 1428 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Jumadil Awal 1428 Hijriyah. Seperti biasanya JAC akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal bulan ini. Kegiatan rukyat kali ini hanya akan dicoba dari Tribun Atas GOR UNY. Dengan posisi hilal yang hanya 4,7° di atas horison saat matahari terbenam akan sangat sulit dapat menyaksikan hilal kali ini.

.

Posisi hilal pada saat hari terjadinya ijtimak Kamis 17/05

.

Minggu, 20 Mei 2007

Bulan - Venus @ 18:00 WIB

Sore ini di Langit Barat terlihat bulan sabit muda yang masih berusia 4 hari bersebelahan dengan Planet Venus.

.

Selasa, 22 Mei 2007
Bulan - Saturnus @ 18:00 WIB

Sore hari selepas matahari terbenam kita dapat menyaksikan langit Barat pemandangan menarik bulan yang masih fase kwartal awal bersebelahan dengan planet bercincin Saturnus. Fenomena yang cukup menarik seandainya pula dapat diabadikan dalam bentuk foto. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk menghasilkan gambar ini.

.

Kamis, 24 Mei 2007

Bulan Kwartal Awal, 04:03 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenam bulan sudah terlihat menggantung di atas langit.

.

Minggu, 27 Mei 2007

Bulan Apogee @ 22:02 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 406.208 km ).

.

Senin, 28 Mei 2007

Istiwa A'zam @ 16:18 WIB ( Menentukan Arah Kiblat !! )

Sore ini Matahari berada tepat di titik Zenit kota Mekkah pada 28 Mei 2007 pukul 09.18 GMT atau 12.18 Waktu Makkah (GMT+3) atau 16.18 WIB (GMT+7). Saat paling tepat untuk menentukan arah kiblat ke Ka'bah di Mekah. selengkapnya

.



.

RASI BINTANG BULAN MEI 2007

.

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Mei ini diantaranya adalah munculnya Rasi Crux dilangit Selatan lepas matahari terbenam dengan empat buah bintangnya yang membentuk palang sehingga rasi ini sering dinamakan Salib Selatan. Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang-layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "the Pointer" yang menghiasi Langit Selatan.

.

Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan Mei ini diantaranya adalah Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit Barat lepas senja dengan bintangnya Betelgeuse yang berwarna merah dan Rigel. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Nebula Orion yang terkenal itu.

.

Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berada pada jarak 8,6 tahun cahaya. Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau Milkyway yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti.

.

Menjelang tengah malam Rasi Scorpius nampak mendominasi langit Timur berdampingan dengan Jupiter. Di rasi ini bintang merah Antares akan mudah dikenali. Menjelang pagi konfigurasi Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle- akan dapat disaksikan di Langit Timur. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang.

[ DOWNLOAD PROGRAM PETA BINTANG ]


.

.
POSISI PLANET BULAN MEI 2007

♣♣ CLASICAL PLANET ♣♣

.

▓ Merkurius ▓

Merkurius pada awal bulan ini agak sulit disaksikan dikarenakan posisinya yang terlalu rendah. Namun pada akhir bulan planet ini planet ini akan mudah dilihat di Langit Barat setelah matahari terbenam. Merkurius kini berada di Rasi Taurus.

.

▓ Venus ▓

Venus menjadi planet sore yang menampakkan diri setelah matahari terbenam. Mulai awal bulan di langit Barat kita akan dapat menemukan planet ini dengan mudah dikarenakan magnitudenya paling cerah. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Ketinggian planet ini ini saat matahari terbenam sekitar 35° dari horison. Venus sedang berada di Rasi Taurus dan posisinya semakin naik setiap sore.

.

▓ Mars ▓

Bulan ini Mars berada di langit Timur saat menjelang Subuh dan berangsur-angsur menjauhi posisi matahari. Mulai awal bulan planet mulai dapat dilihat mulai pukul 3 pagi di Langit Timur. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa, Mars mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Aquarius.

.

▓ Jupiter ▓

Jupiter masih merjadi planet di Langit Timur selepas pukul 21.00. Planet ini semakin menjauh elongasinya terhadap matahari sehingga mulai Mei ini mudah diamati. Jupiter menjadi benda langit paling terang kedua pada malam hari setelah bulan. Sampai akhir bulan nanti planet ini berada di Rasi Ophiuchus.

.

▓ Saturnus ▓

Bulan ini Saturnus berada pada posisi di arah Zenith mulai lepas petang hari. Saturnus cukup terang cahayanya sehingga mudah diamati. Amat mudah sebenarnya membedakan cahaya planet dan cahaya bintang. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Saturnus kini berada di Rasi Cancer.

.

▓ Uranus ▓

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius dekat dengan Mars, Langit Timur sebelum matahari terbit.

.

.

▓ Neptunus ▓

Planet ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Timur sebelum matahari terbit.

.

.

.

♣♣ DWARF PLANET ♣♣

.

Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).

.

.

▓ Ceres ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Aquarius, Langit Barat setelah matahari terbenam.

.

.

▓ Pluto ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, sekitar posisi matahari.

.


▓ Eris ▓

Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, posisi di atas kepala setelah matahari terbenam.

.

.

Download Event 2007

.

Links Source:

http://space.com

http://skymap.com

http://astronomy.com

http://skytonight.com

.

Generator Ephemeris :

Starrynight Pro Plus Versi 6 from Imaginova Corp.

Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc



5 komentar:

  1. Wah cakep dech! pingin ngikut nih.. boleh ngga gabung?

    BalasHapus
  2. keren..keren dech.....

    hmm.. delicious....

    minta gambar rasi bintang yang lainya dunksss...

    BalasHapus
  3. Keren banget. Aku sih ingin ke luar angkasa banget. Aku kan suka IPBA.

    BalasHapus
  4. Bintang hidupku di
    http://www.1khalifah.wordpress.com

    BalasHapus