Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Senin, 01 Desember 2008

Event Astronomi Indonesia - Desember 2008

Senja akhir tahun di Parantritis (Foto: koleksi pribadi)
.
Bulan Desember tlah tiba. Mendung dan hujan tentunya tidak bisa dipisahkan dari nama bulan ini. Desember kata orang Jawa 'gede-gedene sumber' yang artinya pada bulan ini isi sumur pas lagi penuh-penuhnya. Memang demikian yang biasa kita alami selama bulan di akhir tahun ini.
.

Tapi jangan pesimis dulu astromania, tidak selamanya mendung dan hujan akan menghias langit malam Desember ini. Pasti ada sisi-sisi cerahnya yang bisa kita gunakan untuk menikmati langit malam. Dan tentu kita berharap saat cerah tersebut adalah saat dimana event menarik sedang terjadi. Bulan ini ada beberapa event yang cukup menarik diantaranya triple konjungsi Bulan-Jupiter dan Venus yang akan mengawali langit bulan ini. Disusul konjungsi Mars terhadap Matahari, kemunculan Hujan Meteor Geminids dan beberapa event menarik lainnya. Kalender kali ini masih menayangkan kalender fase bulan terutama data awal bulan komariyah yang bulan ini bertepatan dengan awal Tahun Baru 1430 Hijriyah.

Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
.
Senin, 1 Desember 2008

Moon - Venus - Jupiter @ 18:00 WIB

Jangan lewatkan sore ini sebuah pemandangan yang spektakuler dapat kita saksikan di Langit Barat setelah Matahari terbenam. Bulan, Planet Venus dan Planet Jupiter akan berkumpul dekat-dekat dalam radius hanya 3°. Bulan yang pada fase sabit hari ke-3 akan menambah eksotik pemandangan sore ini. Venus dan Jupiter seolah bagai sepasang mata dengan bibir senyum Bulan sabit muda.

.

.

Sabtu, 6 Desember 2008

First Quarter Moon @ 06:12 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
.
Sabtu, 6 Desember 2008
Mars Conjunction @ 04:28 WIB (Geosentris)
Hari ini Planet Mars berada pada posisi konjungsi dengan Matahari. Planet ini kini berada jauh di belakang Matahari membuat ia mustahil dapat disaksikan dari Bumi. Pasca konjungsi ini Mars akan menjadi planet pagi yang dapat disaksikan di Langit Timur beberapa hari mendatang. Konjungsi adalah peristiwa berkumpulnya beberapa benda langit seperti terlihat dari Bumi.
.
Sabtu, 6 Desember 2008
Puppid-Velids Meteor Shower Peak @ 21:00 WIB sampai Subuh
Malam Minggu ini hingga pagi hari diperkirakan terjadi puncak kenampakan Meteor Shower Puppid-Velids (PUP) dari radiant sekitar Rasi Vela dan Puppis yang berada di belahan Langit Selatan. Meteor shower yang masuk dalam katalog IMO 34 ini sebenarnya mulai dapat disaksikan pada awal Desember dan akan berakhir pada pertengahan Desember. Saat puncaknya nanti diperkirakan 5 hingga 10 meteor setiap jam dapat kita saksikan. Meteor yang rata-rata berkecepatan 40 km per detik ini sejauh ini belum diketahui asalnya. Mweteor ini memang tidak populer karena hanya bisa disaksikan oleh pengamat di belahan Bumi Selatan.
.
Kamis, 11 Desember 2008
Moon - Pleiades @ 20:00 WIB
Malam ini kita dapat menyaksikan Bulan menjelang Purnama berdampingan dengan Gugus Pleiades (M45). Gugusan bintang yang sering diberi julukan 7 bidadari ini memang terdiri atas 7 bintang yang cukup terang dengan latar ratusan bintang. Pleiades berada di Rasi Taurus dan berada tidak jauh dari rasi Orion. Pemandangan ini dapat disaksikan selepas Maghrib di Langit Timur.
..
Jumat, 12 Desember 2008
Full Moon @ 23:38 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Oak Moon atau Could Moon sementara di India disebut Margashirsha Poornima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
..
Sabtu, 13 Desember 2008
Moon at Perigee @ 04:38 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi (356.567 km). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekatnya. [
info ].
.
Sabtu, 13 Desember 2008
Geminids Meteor Shower Peak @ 11:00 WIB - Subuh

Malam Minggu ini juga mulai pukul 21 malam sampai menjelang pagi kita dapat menyaksikan puncak Hujan Meteor Geminids (GEM-IMO37). Sebenarnya beberapa meteor Geminids dapat terlihat mulai tanggal 7 - 17 Desember. Radiant meteor ini berada di arah Timur-Laut tepatnya di Rasi Gemini. Rasi ini tampak di langit Timur mulai pukul 20:00 WIB waktu sore dan terus bergerak ke Barat hingga pagi. Geminids dapat menampakkan meteor sampai 120 kilatan setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 35 km/s. Meteor shower Geminids ini cukup spektakuler karena sering membuat goresan cahaya berwarna-warni. Geminids diyakini berasal dari debu sisa asteroid 3200/Phaethon. Waktu terbaik untuk pengamatan adalah setelah radiant terbit sekitar pukul 20:00 WIB di Langit Timur. Kali ini observasi Geminids tidak akan bisa maksimal dikarenakan malam akan ditemani oleh bulan purnama yang tentunya sangat mengganggu kenampakan cahaya meteor. namun demikian tidak ada salahnya mencoba kita saksikan malam ini, barangkali ada meteor besar (fireball) yang lewat. ( Teknik Observasi Meteor )

...

Radiant Geminids Meteor Shower terbit lepas Isya di Timur

===
Jumat, 19 Desember 2008
Last Quarter Moon @ 17:30 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Senin, 22 Desember 2008
Ursids Meteor Shower @ menjelang pagi
Sepanjang pagi ini sebenarnya terjadi juga rangkaian meteor shower yang diberi nama Ursids karena berasal dari Rasi Ursa Minor atau Rasi Beruang Kecil di Langit Utara. Namun sayang bagi pengamat di Indonesia kesulitan menyaksikansikan sebab ia jauh di kutub Utara langit. Ursids (URS-IMO39) diduga berasal dari reruntuhan Komet Tuttle. Dengan kecepatan 33 km per detik membuat meteor ini terlihat bergerak lebih perlahan dibanding meteor lainnya. Sampai saat ini Ursid masih bisa menampakkan sekitar 10 meteor per jam saat puncaknya.
.
Minggu, 21 Desember 2007
December Solstice, 19:04 WIB (Geosentris)
December Solstice adalah saat dimana posisi matahari berada di titik balik Selatan atau sering disebut sebagai Tropic of Capricorn yaitu garis paralel 23ยบ 27’ di Selatan Katulistiwa (Ekuator) bumi. December Solstice menandai musim dingin di belahan Utara dan musim panas di belahan Selatan. Sebutan lain oleh orang Amerika/Eropa adalah Winter Solstice karena di tempat mereka sedang musim dingin. Namun di Australia sebutan ini menjadi Summer Solstice karena sedang musim panas. Coba perhatikan serta amati, posisi matahari akan mulai bergeser lagi ke Utara. Peristiwa Solstice merupakan bagian peristiwa akibat perputaran bumi mengelilingi matahari sementara sumbu bumi miring terhadap bidang edarnya.
.
Senin, 22 Desember 2008
Pluto Conjunction @ 16:18 WIB (Geosentris)
Hari ini si Planet Kerdil Pluto berada pada posisi konjungsi dengan Matahari. Planet ini kini berada jauh di belakang Matahari. Pasca konjungsi ini Pluto akan menjadi planet pagi yang berada di Langit Timur beberapa hari mendatang. Konjungsi adalah peristiwa berkumpulnya beberapa benda langit seperti terlihat dari Bumi.
.
Sabtu, 27 Desember 2008
Moon Apogee @ 00:51 WIB (Geosentris)
Hari ini Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 406.6004 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling jauh dari bumi. [ info ]
.
Sabtu, 27 Desember 2008
New Moon @ 19:24 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Zulhijjah 1429 H sekaligus awal Tahun Baru 1430 Hijriyah dan merupakan lunasi astronomis ke 1064 serta lunasi Islam ke 17149. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan puasa kali ini. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
.
Minggu, 28 Desember 2008
Rukyatul Hilal - Muharram 1430 Hijriyah @ sunset (Club Event)
Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Muharram 1430 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Parangkusumo. Pada Minggu sore (28/12) untuk wilayah Yogyakarta data observasi hilal menyebutkan: Matahari terbenam pada pukul 17:57 WIB pada azimuth 246,40° - Bulan terbenam 18:40 WIB pada azimuth 245,5°. Tinggi bulan saat Matahari terbenam 8,5° tepat di atas posisi Matahari. Analisis dan prediksi awal Murarram 1430 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI)..
.
Posisi hilal awal Tahun Baru 1430 Hijriyah dilihat dari Yogyakarta
..
Senin, 29 Desember 2008
Moon - Jupiter @ 18:00 WIB
Sore ini sebuah pemandangan yang spektakuler dapat kita saksikan kembali di Langit Barat setelah Matahari terbenam. Duet Bulan dan Planet Jupiter pada jarak yang sangat dekat dalam radius hanya 1/10°. Dan agak sedikit ke kiri-bawah planet Merkurius turut menemani duet ini. Bulan yang pada fase sabit hari ke-2 ini tepat berada di atas planet Jupiter. Mereka akan menjadi obyek yang menarik untuk penggemar astrofotografi tentunya jadi jangan lewatkan.
. .
.

.

..RASI BINTANG DESEMBER 2008.

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Desember ini diantaranya adalah munculnya Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit Timur lepas tengah malam yang dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh para petani. Kenampakan Rasi Orion memang selalu pada awal musim penghujan yaitu awal Oktober sampai November. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius. Bintang ini merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berda pada jarak 8,6 tahun cahaya.
.
Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades atau sering disebut Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang ini mirip asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal rasi dan bintang-bintang.
...

.

POSISI.PLANET DESEMBER 2008
.
.
CLASICAL PLANET
..
..
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan planet ini sudah berada di Langit Barat dengan posisi sangat rendah. Posisi ini terus naik sehingga Merkurius semakin mudah dilihat di akhir bulan. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Ophiuchus.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet sore di langit Barat. Posisinya yang semakin tinggi di awal bulan membuat planet ini mudah dilihat. Juga pada akhir bulan planet ini semakin lebih tinggi saja posisinya saat Matahari terbenam. Pada awal bulan ini Venus membuat heboh dengan posisinya yang berkumpul bersama Jupiter dan Bulan. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus pada awal bulan di Rasi Sagitarius..
.
Mars
Planet Mars Setelah beberapa lama Mars menjadi planet yang selalu nampak pada malam hari, kini Mars semakin memudar dan sulit dilihat walaupun sebenarnya planet ini masih berda di Langit Barat setelah Matahari terbenam. Namun menjelang pertengahan bulan Mars berkunjungsi tanda ia akan segera menjadi planet yang nampak pagi hari di Langit Timur. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini berada di Rasi Ophiuchus.
.
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan lepas petang hari condong di Langit Barat dengan cahayanya yang masih cukup terang dibandingkan bintang-bintang di sekitarnya. Saat ini Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga pada malam hari setelah Bulan dan Venus. Pada awal Bulan planet ini berkumpul bersama Venus dan Bulan. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.
.
Saturnus
Planet Saturnus Pada bulan ini menjadi planet yang nampak pagi hari. Ia dapat disaksikan sebelum Matahari terbit di langit Timur. Saturnus berada di Rasi Leo. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini sempat menjadi idola para amatir pada bulan lalu karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Atas lepas Matahari terbenam..
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Atas lepas Matahari terbenam.

.

DWARF PLANET (PLANET KERDIL) DAN PLUTOID
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
Belum berhenti sampai di sini. Pada 11 Juni 2008 kembali IAU mengubah status Pluto dan Eris bukan lagi kelompok Drawt Planet tapi masuk dalam kelompok Plutoid, yaitu obyek yang 'mirip Pluto" seperti halnya sebutan untuk 'terestrial' dan 'Jovian'. Sementara untuk Ceres masih berstatus Dwarf Planet. Pada Juli 2008 kembali IAU mengumumkan status 2005 FY9 salah satu KBO terbesar yang sudah ditemukan untuk masuk menjadi anggota Dwarf Planet dan diberi nama Makemake serta mengembaikan Pluto dan Eris menjadi Dwarf Planet lagi. Sehingga formasi terbaru Sistem Tata Surya kita sekarang seperti ini:
.
Matahari-Merk-Venus-Bumi-Mars-Ceres-Jup-Satur-Uran-Nept-Pluto-Makemake-Eris

  • 8 planet : Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
  • 4 dwarf planet : Ceres, Pluto, Makemake dan Eris
  • 165 bulan (satelit alam)
  • ribuan "small solar system bodies"
    ..
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam kelompok Planet Kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Leo, Langit Timur sebelum Matahari terbit.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, di Langit Barat selepas senja.
.
Makemake
Makemake yang dulunya adalah 2005 FY9 salah satu dari benda KBO terbesar di tata Surya dan anggota Dwarf Planet terbesar ketiga. Planet ini juga hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Makemake kini sedang di sekitar Rasi Coma Berenices, Langit Barat setelah Matahari terbenam.
.
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur lepas sore hari..
..
.
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
Links:






2 komentar:

  1. NUMPANG NANYA...
    klo ngitung jarak bulan saat perigee dan apogee gmn sih??
    klo bisa,,sekalian am ngitung jarak matahari saat perigee dan apogee juga..
    makasih....

    BalasHapus
  2. mas, minta info.
    tolong posin jadwal hujan meteor selama 1 tahun beserta detailnya dari jumlah, posisi, frekuensi waktu dll. aku pernah punya jadwalnya dari majalah, tapi sekarang hilang. rasanya seneng kalo bisa liat hujan meteor. apa lagi pada frekuansi hujan >100 x/jam.
    thank's

    BalasHapus