Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Rabu, 01 Oktober 2008

Event Astronomi Indonesia - Oktober 2008

.
Oktober biasanya menjadi bulan awal musim penghujan di sebagian besar wilayah Indonesia. Bulan dimana posisi Matahari mulai berada di Selatan Ekuator ini menjadi menyebab utama datangnya musim penghujan ini. Hujan dan awan memang menjadi musuh utama para pecinta langit malam. Kegelisahan para astronom di Indonesia memang dialami saat memasuki bulan Oktober dan sesudahnya. Ups, tapi jangan berburuk sangka dulu, sebab biasanya justru malam selama musim hujan akan memberikan langit yang lebih cerah terutama saat selesai hujan dan langit terbuka. Gangguan polusi udara yang biasanya terjadi selama pengamatan akan bersih akibat guyuran hujan.
.
Seperti halnya bulan-bulan yang lalu, event astronomi Indonesia pada bulan Oktober ini akan meyuguhkan serangkaian peristiwa astronomi mulai dari berdekatnya Bulan dengan obyek langit lain, kalender fase Bulan, posisi planet-planet, kenampakan Rasi Bintang dan tidak kalah menariknya adalah munculnya sekaligus dua meteor shower pada bulan ini yaitu Draconid Meteor Shower, dan Orionids Meteor Shower.
.
Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
.
Kamis, 2 Oktober 2008

Moon - Venus @ 18:00 WIB

Bulan sabit sore ini berada dekat dengan Planet Venus dan Merkurius di Langit Barat. Bulan sabit hari ke dua inipun berada pada posisi yang cukup mudah disaksikan, ia berada pada jarak sekitar 6° dari Venus. Pemandangan ini dapat disaksikan setelah matahari terbenam.

.

Sabtu, 4 Oktober 2008

Moon - Antares Occultation @ 18:00 WIB

Bulan sabit malam ini posisinya sangat dekat dengan Antares bintang paling terang di Rasi Scorpius yang berwarna kemerahan. Antares bahkan sempat tertutup oleh Bulan atau mengalami okultasi selama beberapa menit terlihat di beberapa lokasi. Pemandangan ni dapat disaksikan di Langit Barat setelah Matahari terbenam.

.
Minggu, 5 Oktober 2008

Moon at Apogee @ 17:35 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404.715 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [ info ]

.

Selasa, 7 Oktober 2008
Mercury Inferior Conjunction @ 03:50 WIB (Geosentris)
Planet Merkurius sedang mengalami fase konjungsi di depan Matahari kali ini. Konjungsi adalah peristiwa dimana sebuah benda langit berada segaris lurus terhadap arah Matahari. Kita mengenal Konjungsi Inferior yaitu saat ia berada di depan Matahari seperti yang dialami oleh Bulan, Venus dan Merkurius serta konjungsi Eksterior yaitu saat ia berada di belakang Matahari dialami oleh Planet-planet luar seperti Mars, Jupiter, Saturnus dan Neptunus. Peristiwa ini tidak dapat disaksikan.

..
Selasa, 7 Oktober 2008
Moon - Jupiter @ 18:00 WIB
Bulan sabit sore ini berada dekat seolah sedang menemani Planet Jupiter. Bulan menjelang fase seperempat ini berada pada posisi di atas kepala sore itu terpisah pada jarak sekitar 3° dari Jupiter. Pemandangan ini dapat disaksikan setelah matahari terbenam.

.

Selasa, 7 Oktober 2008

First Quarter Moon, 16:04 WIB (Geosentris)


Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
.
Rabu, 8 Oktober 2008
Draconids Meteor Shower @ 19:00 WIB
Meteor ini masih dalam kelompok minor yaitu hanya menghasilkan beberapa goresan cahaya setiap jamnya. Radiant Draconids berasal dari sekitar Rasi Draco yang nampak di arah Utara agak rendah. Shower ini kurang bagus disaksikan dari Indonesia karena radiant berada sangat dekat dengan horizon. Apalagi kenampakan Bulan juga cukup mengganggu.
.
Rabu, 15 Oktober 2008
Full Moon @ 03:02 WIB (Geosentris)

Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Harvest Moon atau Hunter Moon sementara di India disebut Kojagiri atau Sharad Poornima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
.
Jumat, 17 Oktober 2008
Moon at Perigee @ 13:07 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi (363.826 km). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekatnya. [ info ].
..
Sabtu, 17 Oktober 2008
Moon - Pleiades @ 21:00 WIB
Malam ini kita dapat menyaksikan Bulan selepas Purnama yang berada sangat dekat dengan Gugus Pleiades (M45). Gugusan bintang yang sering diberi julukan 7 bidadari ini memang terdiri atas 7 bintang yang cukup terang dengan latar ratusan bintang. Pleiades berada di Rasi Taurus dan berada tidak jauh dari rasi Orion. Pemandangan ini dapat disaksikan selepas Isya di Langit Timur.
.
Selasa, 21 Oktober 2008
Orionids Meteor Shower Peak @ 01:00 WIB - Subuh
Selasa pagi dinihari ini sampai sebelum fajar kita dapat menyaksikan puncak Hujan Meteor Orionids (ORI - IMO 27). Kenampakan meteor ini sebenarnya dapat terlihat mulai tanggal 2 Oktober sampai 7 November nanti. Radiant meteor ini berada di sisi bawah Rasi Orion atau "Waluku". Rasi ini tampak sangat dominan di langit Timur mulai lepas tengah malam. Orionid dapat menampakkan sampai 20 meteor setiap jam saat puncaknya dengan kecepatan mencapai 66 km/s. Meteor shower Orionid ini merupakan sisa dari debu Komet 1P/Halley. Namun sayang kenampakan Orionids kali ini akan terganggu oleh benderangnya cahaya Bulan malam itu. Namun tidak ada salahnya untuk coba mengamati siapa tahu ada fireball yang cukup terang malam itu. ( Teknik Observasi Meteor )
.

Selasa, 21 September 2008
Last Quarter Moon @ 18:56 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Rabu, 22 Oktober 2008
Mercury Greatest Western Elongation @ 12:32 WIB (Geosentris)
Planet Merkurius pada posisi Elongasi Maksimum di sebelah Barat Matahari. Hari ini ini jarak sudut elongasi Merkurius terhadap matahari mencapai maksimum hampir sekitar 19°. Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Timur sore hari sebelum matahari terbit..
.
Rabu, 29 Oktober 2008
New Moon @ 06:16 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Syawwal 1429 H sekaligus wal Zulqaidah 1429 H dan merupakan lunasi astronomis ke 1062 serta lunasi Islam ke 17147. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan puasa kali ini. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
.
Rabu, 29 Oktober 2008

Rukyatul Hilal - Zulqaidah 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)
Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Zulqaidah 1429 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Parangkusumo. Pada sore ini posisi hilal di POB Parangkusumo masih sekitar 2,5° atau masih di bawah limit Danjon yaitu batas visibilitas hilal. Pada ketinggian seperti ini secara astronomis mustahil hilal dapat disaksikan. Analisis dan prediksi awal Zulqaidah 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI)..



Jumat, 31 Oktober 2008
Moon - Antares @ 18:00 WIB

Bulan sabit malam ini posisinya sangat dekat dengan Antares bintang paling terang di Rasi Scorpius yang berwarna kemerahan.
Pemandangan ni dapat disaksikan di Langit Barat setelah Matahari terbenam.

.

..RASI BINTANG OKTOBER 2008.

.
Beberapa rasi bintang yang menarik dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) di Langit Barat lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah serta planet Jupiter yang terang berada di sebelahnya. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster dan Butterfly Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.
.
...
Konfigurasi bintang Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle - akan dapat disaksikan di atas kepala agak ke Utara. Lepas tengah malam akan bisa kita saksikan Rasi legendaris Orion atau The Hunter (Sang Pemburu) atau "Waluku" (Jw) dengan bentuknya yang khas serta mudah dikenali juga munculnya bintang paling terang Sirius di Rasi Canis Mayor atau Anjing Besar di Langit Timur . Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal rasi dan bintang-bintang.
.....

..
POSISI.PLANET OKTOBER 2008
.
CLASICAL PLANET
.
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan planet ini berada di Langit Barat dengan posisi sangat rendah. Posisi ini terus turun sehingga Merkurius berkonjungsi pada minggu pertama dan seterusnya akan menjadi Planet Pagi di Langit Timur. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Virgo.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet sore di langit Barat. Posisinya yang semakin tinggi di awal bulan membuat planet ini mudah dilihat. Juga pada akhir bulan planet ini semakin lebih tinggi saja posisinya saat Matahari terbenam. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus pada awal bulan di Rasi Libra..
.
Mars
Planet Mars Setelah beberapa lama Mars menjadi planet yang selalu nampak pada malam hari, kini Mars semakin memudar dan sulit dilihat walaupun sebenarnya planet ini masih berda di Langit Barat setelah Matahari terbenam. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini berada di Rasi Virgo.
...
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan lepas petang hari cukup tinggi di atas kepala dengan cahayanya yang cukup terang dibandingkan bintang-bintang di sekitarnya. Jupiter menjadi benda langit paling terang kedua pada malam hari setelah Bulan. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.
...
Saturnus
Planet Saturnus Pada bulan ini menjadi planet yang nampak pagi hari. Ia dapat disaksikan sebelum Matahari terbit di langit Timur. Saturnus berada di Rasi Leo. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini sempat menjadi idola para amatir pada bulan lalu karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Pisces Langit Timur menjelang malam..
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius, Langit Timur menjelang malam.
.
.

DWARF PLANET (PLANET KERDIL) DAN PLUTOID
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
Belum berhenti sampai di sini. Pada 11 Juni 2008 kembali IAU mengubah status Pluto dan Eris bukan lagi kelompok Drawt Planet tapi masuk dalam kelompok Plutoid, yaitu obyek yang 'mirip Pluto" seperti halnya sebutan untuk 'terestrial' dan 'Jovian'. Sementara untuk Ceres masih berstatus Dwarf Planet. Pada Juli 2008 kembali IAU mengumumkan status 2005 FY9 salah satu KBO terbesar yang sudah ditemukan untuk masuk menjadi anggota Dwarf Planet dan diberi nama Makemake serta mengembaikan Pluto dan Eris menjadi Dwarf Planet lagi. Sehingga formasi terbaru Sistem Tata Surya kita sekarang seperti ini:

Mthr-Merk-Venus-Bumi-Mars-Cer-Jup-Satur-Uran-Nept-Pluto-Make2-Eris

  • 8 planet : Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
  • 4 dwarf planet : Ceres, Pluto, Makemake dan Eris
  • 165 bulan (satelit alam)
  • ribuan "small solar system bodies"
.
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Gemini, dekat dengan posisi Matahari.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, di atas kepala selepas senja.
.
Makemake
Makemake yang dulunya adalah 2005 FY9 salah satu dari benda KBO terbesar di tata Surya dan anggota Dwarf Planet terbesar ketiga. Planet ini juga hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Makemake kini sedang di sekitar Rasi Coma Berenices, Langit Barat setelah Matahari terbenam atau sekitar Utara posisi Mars.
...
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur menjelang tengah malam..

..


Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
Links:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar