Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Jumat, 01 Agustus 2008

Event Astronomi Indonesia - Agustus 2008





Barangkali inilah bulan yang kita tunggu kedatangannya. Bulan dimana bangsa Indonesia dilahirkan 63 tahun yang lalu tepatnya 17 Agustus 1945. Bulan Agustus ini akan menyuguhkan dua event astronomi yang cukup menarik yaitu pertunjukan Hujan Meteor Perseids (Perseids Meteor Shower) dan Gerhana Bulan Sebagian pada menjelang dan pertengahan buan ini. Kecuali itu event bulan Agustus juga akan dihiasi oleh berkumpulnya beberapa obyek-obyek langit, bulan yang berdekatan dengan planet atau bintang serta kalender fase bulan, termasuk data kegiatan rukyat hilal penentuan awal bulan Ramadhan 1429 H.
.

Hujan Meteor Perseids yang akan terjadi nanti pada 12 Agustus pagi diharapkan akan menjadi tontonan spektakuler karena terjadi pada saat bulan Gibbous pertama (Waxing Gibbous). Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada 17 Agustus pagi sebelum matahari terbit juga sayang kalau dilewatkan.
.
Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.


.
Jum'at, 1 Agustus 2008

Total Solar Eclipse @ 17:21 WIB (Geosentris)

Gerhana Matahari Total (GMT) terjadi pada hari ini. Jalur gerhana total mulai dari Kanada Utara lalu bergerak melintasi Greenland, Siberia, Mongolia dan China. Sedangkan beberapa lokasi yang dapat melihat gerhana sebagian adalah Greenland, Eropa dan Asia Barat. Sedangkan dari Indonesia tidak dapat diamati. (
Informasi & Animasi
)
.
Jumat, 1 Agustus 2008
New Moon @ 17:14 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Rajab 1429 H sekaligus awal Syaban 1429 H dan merupakan lunasi astronomis ke 1059 serta lunasi Islam ke 17144. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan tersebut. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
.
Sabtu, 2 Agustus 2008

Rukyatul Hilal - Syaban 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Syaban 1429 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Parangkusumo. Seperti biasanya JAC-RHI akan menurunkan Tim Rukyat untuk mencoba memburu hilal awal bulan ini. Pada sore ini posisi hilal di POB Parangkusumo sudah cukup tinggi yaitu 11,48° saat matahari terbenam. Pada ketinggian seperti ini kemungkinan hilal dapat dirukyat dalam kondisi cuaca yg baik. Analisis dan awal Syaban 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI)

. .

Sabtu, 2 Agustus 2008

Moon - Venus @ 18:00 WIB

Bulan sabit sore ini berada dekat dengan Planet Venus di Langit Barat. Bulan sabit hari ke dua inipun berada pada ketinggian yg cukup sulit dilihat dengan mata telanjang, ia berada pada jarak sekitar 2° dari Venus. Pemandangan ini dapat disaksikan setelah matahari terbenam.

.

Minggu, 3 Agustus 2008

Moon - Saturn @ 18:00 WIB

Bulan sabit berdekatan dengan Planet Saturnus. Langit Barat setelah Matahari terbenam.

.

Senin, 4 Agustus 2008

Moon - Mars @ 18:00 WIB

Bulan sabit pada sore hari ini berdekatan dengan Planet Mars. Langit Barat setelah Matahari terbenam.

.

Sabtu, 9 Agustus 2008

First Quarter Moon, 03:20 WIB (Geosentris)

Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
.
Minggu, 10 Agustus 2008
Moon - Antares Occultation @ 19:00 WIB
Bulan Gibbous hari ke-9 sore ini mengunjungi Antares bintang terang di Rasi Scorpius. Duet ini akan terjadi hingga menjelang pagi. Okultasi, tertutupnya Antares oleh Bulan akan terjadi pada pukul 03:13 WIB hingga pukul 03:58 dan hanya terlihat di Afrika dan Amerika. Inilah saat bintang Antares mengalami "gerhana" pada pagi ini.
.
Senin, 11 Agustus 2008

Moon at Apogee @ 03:19 WIB (Geosentris)

Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 404.556 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling jauh. [
info ]
.

Senin-Selasa, 11-12 Agustus 2007 ( Best Event !! )

Perseids Meteor Shower @ 23.00 WIB - Subuh


Malam ini (Senin malam) 11 Agustus menjelang tengah malam hingga Selasa dinihari menjelang Subuh langit akan disuguhi tontonan spektakuler yaitu hujan meteor. Hujan meteor yang dikenal dengan nama
Perseids Meteor Shower iakan turut menyemarakkan HUT RI ke-63 tahun ini. Dinamakan Perseids karena meteor ini seolah berasal dari Rasi Perseus. Perseids merupakan salah satu fenomena hujan meteor terbesar setiap tahunnya. Asal meteor shower Perseids disebabkan oleh sisa-sisa debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang pertama kali teramati pada tahun 1862. Swift-Tuttle begitu legendaris karena pada 14 Agustus 2126 diramalkan bakal berbenturan dengan Bumi. Perseids dapat menampakkan 80 s.d. 100 meteor setiap jam saat 'peak' pada malam ini serta kecepatannya yang mencapai 60 km/detik menjadikan shower ini terlihat bergerak lebih cepat dibanding meteor lain. Shower ini juga dikenal dapat menghasilkan goresan cahaya yang panjang terutama jika ia berada cukup jauh dari radiantnya. Pandangalah ke arah area Langit Utara agak rendah sebab radiant shower ini berada di Rasi Perseus. Terbit di arah Timur Laut sekitar pukul 11 malam. Cahaya bulan kali ini memang cukup mengganggu kenampakan Perseids dikarenakan mendekati fase purnama. Namun jangan khawatir menjelang pukul 02:00 dinihari Bulan akan tenggelam di Langit Barat dan langit kembali akan gulita. Rasi Orion yang menawan di Timur akan menemani anda dalam pengamatan. Shower ini dapat disaksikan mulai pukul 22.00 malam sampai pagi sebelum langit terang.
Segera cari tempat gulita, berbaringlah rileks, konsentrasi dan nikmatilah pertunjukan Perseids kali ini. Jangan lupa hitung berapa meteor yang dapat anda saksikan malam ini. Teknik Observasi Meteor

.


...

Rabu, 13 Agustus 2008

Moon - Jupiter @ 19:00 WIB


Bulan menjelang purnama malam ini berada dekat dengan Planet Jupiter yang terlihat di Langit Timur. Pemandangan ini dapat disaksikan lepas sore hari hingga malam. Kemunculan Bulan semakin menambah cantik penampilan Jupiter malam ini.

.
Jumat, 15 Agustus 2008
Neptunes Opposition @ 14:22 WIB (Geosentris)
Hari ini Planet Neptunus berada pada posisi oposisi yaitu berlawanan dengan posisi matahari. Pada posisi seperti Neptunus sedang mengalami "purnama" terbit sore hari dan terbenam pagi hari. Walau demikian Neptunus tidak dapat terlihat tanpa peralatan teleskop yang kuat.
.
Minggu, 17 Agustus 2008
Full Moon @ 04:16 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Grain Moon atau Sturgeon sementara di India disebut Narali Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
.
Minggu, 17 Agustus 2008

Gerhana Bulan Sebagian (GBS) @ 02:00-04:00 WIB ( Nice Event..! )

Pagi ini kita dapat menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang dapat disaksikan oleh seluruh kawasan Indonesia di Langit Barat mulai Minggu dinihari. Gerhana mulai dapat disaksikan dengan mata telanjang adalah saat Bulan masuk bayangan umbra pukul 02:38 WIB sampai 05:42 WIB saat Bulan meninggalkan bayangan umra. Peta Gerhana
.

Penumbra Mulai (P1) = 01:27 WIB

Umbra Mulai (U1) = 02:38 WIB

Maksimum = 04:11 WIB

Umbra Berakhir (U4) = 05:42 WIB
Bulan Terbenam (Moonset) = 05:51 WIB

Penumbra Berakhir (P4)= 06:54 WIB
.
...
Senin, 18 Agustus 2008
Venus - Mercury - Saturn @ 18:00 WIB
Sore ini triplet Venus, Merkurius dan Saturnus berada di Langit Barat selepas matahari terbenam. Namun keberadaannya hanya beberapa derajat di atas horizon sehingga mungkin agak sulit disaksikan.
sd
Jumat, 22 Agustus 2008
Venus - Mercury @ 18:00 WIB
Lepas matahari terbenam sore ini Venus dan Merkurius berada pada jarak yang sangat dekat keduanya. Terlihat di Langit Barat dengan ketinggian sekitar 10°.
.



JAC-HAAJ Gathering di Planetarium Jakarta ( Doc. JAC )

.
Minggu, 24 Agustus 2008

Moon - Pleiades @ 02:00 WIB


Pagi ini kita dapat menyaksikan Bulan kuartal akhir yang berada sangat dekat dengan Gugus Pleiades (M45). Gugusan bintang yang sering diberi julukan "7 bidadari" ini memang terdiri atas 7 bintang yang cukup terang dengan latar ratusan bintang.
Pleiades berada di Rasi Taurus dan berada tidak jauh dari rasi Orion.
cc
Minggu, 24 Agustus 2008
Last Quarter Moon @ 06:50 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Selasa, 26 Agustus 2008

Moon at Perigee @ 10:45 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi (368.692 km). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekatnya. [ info ].
.
Kamis, 28 Agustus 2008
East Zodiacal Light @ 03:00 WIB
Mulai pagi ini dan sekitar 2 minggu ke depan setiap menjelang Subuh tiba kita dapat menyaksikan munculnya "Cahaya Zodiak". Cahaya Zodiak adalah fenomena cahaya remang sepanjang pita zodiac atau ekliptika yang disebabkan oleh pantulan cahaya Mahahari terhadap partikel-partikel debu antar planet yang berada di sepanjang jalur planet atau ekliptika. Dalam astronomi fenomena cahaya ini sering disebut dengan "fajar palsu" atau Fajar Kizib atau "false dawn". Berbeda dengan cahaya fajar yang arahnya mendatar maka cahaya zodiac ini arahnya vertikal muncul di atas horizon Timur mengikuti garis zodiak. Cahaya ini hanya terlihat sebentar menjelang cahaya fajar terlihat. Kondisi yang sama akan terjadi pada bulan Maret pada lepas Isya di Langit Barat.
. Zodiacal light yang termati sebelum fajar tiba di Langit Timur (Sky&Telescopes)



Minggu, 31 Agustus 2008
New Moon @ 03:00 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Syaban 1429 H sekaligus awal Ramadhan 1429 H dan merupakan lunasi astronomis ke 1060 serta lunasi Islam ke 17145. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan puasa kali ini. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
.
Minggu, 31 Agustus 2008

Rukyatul Hilal - Ramadhan 1429 Hijriyah @ sunset (Club Event)

Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1429 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Syeh Bela-belu Parangkusumo. Kali ini JAC-RHI akan menurunkan Tim Rukyat bergabung bersama Tim Rukyat BHR Kanwil Depag DIY. Seperti biasanya JAC akan menyampaikan pemaparan terkait data rukyat kali ini. Pada sore ini posisi hilal di POB Parangkusumo masih sekitar 5° saat matahari terbenam. Pada ketinggian seperti ini secara astronomis mustahil hilal dapat disaksikan walaupun kondisi cuaca yg cukup baik. Analisis dan prediksi awal Ramadhan 1429 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI)

.








.
.
RASI BINTANG AGUSTUS 2008
.
Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Crux di Langit Selatan lepas matahari terbenam dengan empat buah bintangnya yang membentuk silang sehingga rasi ini dinamakan salib selatan (Southern Cross) . Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang-layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "the Pointer" yang menghiasi Langit Selatan.
.

Langit Selatan dihiasi oleh rasi Centaurus dan Crux



Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) dilangit Timur lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.

.

Menjelang tengah malam konfigurasi bintang Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle- akan dapat disaksikan di Langit Timur. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang.

. Tiga rasi dominan di Langit Selatan, Scorpius, Centaurus dan Crux
....
.
POSISI.PLANET AGUSTUS 2008
.
CLASICAL PLANET
.
.
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan planet ini mulai berada di Langit Barat dengan posisi agak rendah. Namun menjelang akhir bulan posisi semakin tinggi. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Leo.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet sore di langit Barat. Posisinya yang rendah di awal bulan membuat planet ini sulit dilihat. Namun pada akhir bulan planet ini semakin lebih tinggi saja posisinya saat Matahari terbenam. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus pada awal bulan di Rasi Leo.
.
..
Mars
Planet Mars Setelah beberapa lama Mars menjadi planet yang selalu nampak pada malam hari, kini Mars berada di langit Barat hanya selepas petang hari. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini berada di Rasi Leo berkumpul bersama Merkurius, V enus dan Saturnus.
..
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan lepas petang hari cukup tinggi di Langit Timur dengan cahayanya yang cukup terang dibandingkan bintang-bintang di sekitarnya. Ia akan nampak di atas kepala menjelang tengah malam. Jupiter menjadi benda langit paling terang kedua pada malam hari setelah Bulan. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Sagitarius hingga akhir bulan.
.
..
Saturnus
Planet Saturnus dapat dilihat di Langit Barat selepas matahari terbenam. Saturnus berada di Rasi Leo dan terlihat paling terang diantara bintang yang ada di rasi ini. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini sempat menjadi idola para amatir pada bulan lalu karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik.
.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Pisces Langit Timur menjelang malam..
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Aquarius, Langit Timur menjelang malam.
.
.
DWARF PLANET (PLANET KERDIL) DAN PLUTOID
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
Belum berhenti sampai di sini. Pada 11 Juni 2008 kembali IAU mengubah status Pluto dan Eris bukan lagi kelompok Drawt Planet tapi masuk dalam kelompok Plutoid, yaitu obyek yang 'mirip Pluto" seperti halnya sebutan untuk 'terestrial' dan 'Jovian'. Sementara untuk Ceres masih berstatus Dwarf Planet. Pada Juli 2008 kembali IAU mengumumkan status 2005 FY9 salah satu KBO terbesar yang sudah ditemukan untuk masuk menjadi anggota Dwarf Planet dan diberi nama Makemake serta mengembaikan Pluto dan Eris menjadi Dwarf Planet lagi. Sehingga formasi terbaru Sistem Tata Surya kita sekarang seperti ini:
.

Mthr-Merk-Venus-Bumi-Mars-Cer-Jup-Satur-Uran-Nept-Pluto-Make2-Eris

  • 8 planet : Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus

  • 4 dwarf planet : Ceres, Pluto, Makemake dan Eris

  • 165 bulan (satelit alam)

  • ribuan "small solar system bodies"

.
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam golongan planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Gemini, dekat dengan posisi Matahari.
.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, di atas kepala selepas senja.
.
.
Makemake
Makemake yang dulunya adalah 2005 FY9 salah satu dari benda KBO terbesar di tata Surya dan anggota Dwarf Planet terbesar ketiga. Planet ini juga hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Makemake kini sedang di sekitar Rasi Coma Berenices, Langit Barat setelah Matahari terbenam atau sekitar Utara posisi Mars.

...
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur menjelang tengah malam..
.
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
.
Links:












1 komentar:

  1. Ceritakan lebih panjang lagi, tentang hujan meteor perseid bulan ini. Tepatnya kearah mana kita melihat ? Lokasi yang bagaimana yg cocok untuk mengamati meteor perseid ini ?

    BalasHapus