Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 16 November 2017

Hujan Meteor Leonids 2017


Leonids Meteor Shower akan menjadi tontonan paling mengasyikkan di akhir pekan ini Sabtu malam Minggu, 19 November 2017 dinihari. Di seluruh wilayah Indonesia fenomena ini dapat disaksikan mulai tengah malam hingga menjelang fajar.
Segera cari tempat yang gelap dengan langit yang cerah. Layangkan pandangan mata ke arah Langit Timur di mana radiant Leonids berada. Radiant ini berada di kepala Rasi Leo yang baru akan terbit menjelang pukul 02.00 WIB. Jika beruntung, anda dapat menyaksikan meriahnya meteor yang berjatuhan. NASA memprediksikan Leonids kali ini dapat menghasilkan cukup banyak meteor saat ‘peak’ atau puncaknya pada cuaca yang cerah. Prediksi ini didasarkan pada kondisi observasi yang menguntungkan karena tidak terganggu cahaya bulan serta posisi bumi berada pada jarak yang sangat dekat dengan ‘sarang meteor’. Berharaplah cuaca cerah dari mulai hingga akhir pengamatan. Saksikan atau menunggu setahun lagi.”

Apa itu Leonids Meteor Shower? 
Meteor shower adalah puncak kenampakan meteor paling banyak pada suatu periode yang sering disebut juga hujan meteor. Leonids merupakan salah satunya. Dinamakan Leonids karena hujan meteor ini berasal dari daerah langit di sekitar Rasi Leo. Titik asal meteor-meteor ini dinamakan “radiant”. Pada hari-hari biasa terlihatnya meteor merupakan suatu faktor kebetulan, namun pada malam puncak hujan meteor kita dapat menyaksikan kilatan cahaya meteor antara 5 sampai 100 meteor atau bahkan pada lebih setiap jamnya. Bahkan saat Leonids tahun 2001 terdeteksi lebih 3000 meteor setiap jam sehingga para astronom menyebutnya sebagi badai meteor atau 'meteor storm'. Penamaan hujan meteor ini umumnya didasarkan pada rasi atau gugus bintang tempat asal meteor tampak. Selama setahun paling tidak akan terjadi 8 kali puncak peristiwa hujan meteor yaitu; Quadrantids 3 Januari di rasi Bootes, Lyrids 21 April di rasi Lyra, Eta Aquarids 5 Mei di Rasi Aquarius, Southern Delta Aquarids 28 Juli di Rasi Aquarius, Perseids 12 Agustus di Rasi Perseus, Orionids 21 Oktober di Rasi Orion, Leonid 17 November di rasi Leo dan Geminids 13 Desember di Rasi Gemini. 

Dari mana asalnya? 
Setiap 33 tahun sekali Komet Tempel-Tuttle melintas mendekati orbit Bumi dari pengembaraannya mengarungi tata surya. Lawatan terakhirnya adalah pada tahun 1998 hingga tahun 2002 yang lalu dan meninggalkan debu ekornya di sekitar orbit bumi. Namun jangan membayangkan debu komet seperti debu yang ada di sekitar kita. Debu komet berupa runtuhan bebatuan angkasa yang dalam istilah astronomi disebut meteoroid dan jumlahnya tak terhitung dengan ukuran bervariasi dari sebesar butiran beras hingga kepalan tangan atau lebih. Meteoroid juga dapat berasal dari pecahan asteroid. Pada setiap pertengahan November, saat Bumi mengelilingi Matahari dan menyeberang jalur debu komet tersebut, maka banyak diantaranya yang tertarik oleh gravitasi Bumi. Saat memasuki atmosfer Bumi, Leonids dapat mencapai kecepatan hingga 70 km/detik dan kebanyakan habis terbakar sebelum mencapai permukaan bumi. Penyebab terbakarnya meteor adalah bukan akibat gesekan dengan udara seperti kebanyakan orang mengira. Fenomena ini disebut ‘ram pressure’ yaitu pemanasan udara yang diakibatkan oleh tumbukan meteor yang dapat mencapai suhu hingga 3000˚ C akhirnya memanaskan meteor itu. Suhu yang sangat panas itu membuat kebanyakan meteor habis terbakar menghasilkan fenomena yang kita sebut ‘bintang jatuh’. Beberapa meteor memiliki ukuran yang cukup besar sehingga menghasilkan cahaya yang sangat terang. Fenomena ini dinamakan ‘fireball’ dan biasanya disertai bunyi dentuman yang dapat terdengar dan terlihat hingga radius 60 km. 

Kapan ada Leonids? 
Fenomena Leonids kali ini puncak maksimum kenampakan meteor terjadi pada 19 November 2017 setelah tengah malam sampai subuh. 

Bagaimana Tips Observasi Meteor Shower? 
Untuk mengamati Leonids Meteor Shower yang akan mencapai puncaknya pada Sabtu malam Minggu,19 November 2017 nanti kita cukup menggunakan mata telanjang tanpa perlu peralatan teleskop maupun binokuler, namun ada baiknya kedua peralatan tersebut juga dibawa. Jika kita memiliki kamera baik kamera digital maupun kamera video nampaknya perlu juga kita persiapkan menjaga kemungkinan terjadi peristiwa yang bagus untuk direkam. Carilah tempat yang gelap dan tidak membahayakan. Yang perlu dipersiapkan adalah perlengkapan pribadi seperti baju hangat atau jaket, sepatu, penutup kepala dan kaos tangan karena pengamatan dilakukan pada tengah malam untuk menjaga hawa dingin. Alas tidur yang nyaman untuk berbaring, kursi lipat, bisa juga digunakan sleeping bag atau tikar. Minuman hangat dan makanan kecil bagus untuk menjaga kantuk. Juga musik lewat radio atau MP3 player dapat digunakan untuk menemani saat pengamatan. Ajaklah orang lain agar suasana dapat dinikmati bersama. Jangan sering-sering menghidupkan senter atau mengjidupkan hape karena menyulitkan mata berakomodasi. Gunakan senter yang telah dilapis plastik warna merah. Berbaringlah dengan rileks dengan pandangan mata ke Langit Timur di sekitar Rasi Leo. Hitunglah berapa meteor yang dapat disaksikan malam itu. Awas jangan sampai tertidur. Radiant Leonids akan terbit di Langit Timur 02:00 WIB sehingga selama sebelum terbit fajar kita dapat melakukan pengamatan. Untuk mempermudah dalam menentukan orientasi pengamatan kita dapat menggunakan panduan bintang Regulus di Rasi Leo yang bersinar cukup terang di Langit Timur. Selamat berburu Leonids semoga cerah langitmu secerah hatimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar