Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 27 Oktober 2016

Langit Fajar Oktober 2016


Musim hujan tentu tidak selamanya memberikan pesimisme para pecinta langit, ada kalanya justru setelah hujan kita akan mendapatkan langit yang sangat cerah yang justru tidak kita dapatkan saat musim kemarau. Nah, sekedar informasi bagi anda para pecinta langit, sambil menunggu keajaiban langit sore dan pagi yang cerah, selama beberapa hari berturut-turut besok akan dapat kita saksikan pemandangan menarik langit Indonesia.



Langit sore mulai 28 Oktober hingga 31 Oktober atau setelahnya akan kita saksikan cahaya terang di langit Barat. Ia adalah planet Venus yang dikenal sebagai 'bintang' Kejora yang akan menjadi "bintang sore" selama beberapa pekan, dan selama beberapa hari ini planet venus akan ditemani oleh bintang terang di rasi Scorpius yakni Antares. Saat beberapa benda langit berdekatan sering disebut sebagai peristiwa "konjungsi". Tidak kalah menariknya langit pagi selama dua hari berturut  Bulan sabit tua yang bertengger di Timur bersama planet Jupiter. 

Pemandangan tersebut akan kita saksikan pada 28 dan 29 Oktober fajar sebelum Matahari terbenam di seluruh kawasan Indonesia. Kecuali pemandangan Bulan dan planet, di langit Timur pagi itu terlihat beberapa bintang cukup terang diantaranya Porrima dekat dengan Jupiter dan Virgo ada di dekat ufuk. Kedua bintang tersebut merupakan bintang terang Rasi Virgo. Ada juga rasi Leo dengan bintang terangnya regulus, Denebola, Algieba dan Zosma. Alphard di Rasi Hydra akan terlihat di arah Timur agak tinggi, sementara ke arah Selatan agak rendah juga akan terlihat rasi Crux si bintang Layang-layang dengan bintangnya Acrux, Mimosa, Gacrux dan Deltacrux. Tak ada badai yang tak sirna, tak ada hujan yang tak reda, berharapkah pagi itu cerah. Selamat bangun pagi semoga langitmu cerah!

2 komentar: