Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Rabu, 01 Juli 2015

Grand Venus-Jupiter Conjunction 2015


Rabu, 1 Juli 2015. Lihatlah ke langit Barat beberapa saat setelah Matahari terbenam, anda akan dapatkan dua cahaya terang berhimpitan di atas cakrawala. Dua cahaya cemerlang itu adalah Planet Venus atau Kejora dan Jupiter atau Musytari. Venus berapa pada sisi sebelah kiri dengan cahayanya yang lebih terang sementara Jupiter berada di sebelahnya.

Selama beberapa hari sebelumnya keduanya memang semakin mendekat, dan sore ini memang sebuah kesempatan yang jarang terjadi dimana dua buah planet berada pada jarak elongasi yang sangat dekat, hanya 1/3 derajat, lebih dekat dari jarak tepi piringan Bulan sehingga dengan menggunakan teleskop kita masih biasa melihat keduanya dalam satu medan pandang. Peristiwa seperti ini dalam dunia astonomi sering dinamakankonjungsi yang artinya berkumpul. Kali ini Venus dan Jupiter berkumpul di Rasi Leo sang Singa, oleh sebab itu kita juga bisa menyaksikan bintang Regulus yaitu bintang terang di rasi ini berada dekat di sebelah atasnya.

Meskipun kali ini permukaan Venus hanya 1/3nya yang memantulkan cahaya Matahari namun planet ini nampak sangat terang karena ia lebih dekat dengan Bumi. Sementara Jupiter walaupun ukurannya bisa 12 lebih besar dari Venus namun karena jaraknya juga 12 kali lebih jauh maka cahayanya tidak seterang Venus. Pada saat ini skala kecerlangan Venus mencapai -4,6 dan Jupiter -1,8 yang sering disebut sebagai magnitudo.  

Kecuali duet Venus dan Jupiter yang menghias langit Barat sore ini, di langit Timur juga dapat kita saksikan Purnama yang baru saja terbit sehingga membuat langit semakin benderang. Sementara di tinggi di dekat meridian atas, planet Saturnus nampak dengan cahayanya yang sedikit lebih terang dan berbeda diantara bintang-bintang di sekitarnya di Rasi Scorpius si Kalajengking dengan bintang terangnya Antares yang berwarna kemerahan. Di langit Selatan kita juga masih bisa saksikan Crux, rasi yang membentuk imajinasi layang-layang dan dua bintang terang di sebelah timurnya yaitu Rigil Kentauri dan Hadar yang merupakan bagian dari rasi Centaurus.

3 komentar: