Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Jumat, 22 Mei 2015

Okultasi Asteroid Julietta - Delta Sagitarii


 Peristiwa astronomi spesial kembali akan terjadi di Indonesia di bulan Mei ini. Informasi yang saya terima dari Dr. David Dunham founder International Occultation Timing (IOTA) serta software Occult Watcher menyatakan bahwa akhir Mei ini akan terjadi dua peristiwa tertutupnya sebuah bintang oleh asteroid atau bisa diistilahkan "gerhana bintang" dimana kedua peristiwa tersebut ternyata dapat disaksikan dengan mata telanjang.

Peristiwa yang juga sering disebut sebagai okultasi ini yang pertama adalah terjadinya okultasi bintang Regulus, bintang paling terang di Rasi Leo akan tertutup oleh asteroid (1669) Dagmar yang berukuran 43 km pada tanggal 24 Mei 2015 jam 23.50 WIB yang diprediksi akan terlihat di sekitar Sumatera Selatan dan pantai barat Bengkulu dengan posisi obyek berada beberapa derajat di atas ufuk sebelum terbenam dengan lama ketertutupan atau durasi sentral sekitar 2,4 detik.


Peristiwa okultasi kedua akan terjadi hanya dua malam kemudian dalam kondisi yang jauh lebih baik, yaitu ketika asteroid berukuras 42 km yang bernama (1285) Julietta akan menutup bintang Delta Sagittarii atau yang dikenal dengan nama Kaus Meridianalis di Rasi Sagitarius pada 26 malam atau 27 Mei 2015 dinihari pukul 02:18 WIB dengan jalur ketertampakan di sekitar Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Jalur okultasi juga melewati selatan Sulawesi, Maluku, dan Papua Barat pada 2 sampai 4 menit sebelumnya. Pada saat peristiwa okultasi terjadi, posisi bintang cukup tinggi sekitar 65 derajat di atas ufuk langit Selatan atau sedikit di Utara ekor Rasi Scorpius (Kalajengking) dengan durasi sentral diperkirakan 6 detik. Saat okultasi terjadi kita akan melihat selama beberapa detik seolah cahaya bintang tersebut hilang lenyap begitu saja dan beberapa saat kemudian akan muncul kembali.

Bagi astronom peristiwa okultasi bintang oleh asteroid tentu sangat penting artinya karena dengan rangkaian observasi yang simultan di beberapa lokasi secara bersamaan akan didapatkan informasi yang lebih tepat mengenai ukuran, komposisi, orbit, perioda maupun rotasinya. Untuk itulah maka saat terjadinya peristiwa okultasi Delta Sagitarii yang akan terjadi pada 27 Mei dinihari yang akan datang, Dr. Dunham sudah merencanakan akan mengadakan observasi di beberapa titik lokasi yang menjadi jalur okultasi ini. Beliau sudah menyiapkan 7 unit teleskop mini yang dilengkapi dengan alat perekam digital yang akan ditempatkan di 7 lokasi yang disebut sebagai stasiun. Stasiun-stasiun yang dipilih oleh Dr. Dunham tentu sudah memperkirakan mewakili data secara lengkap sehingga akan menghasilkan data yang nantinya bisa diolah untuk mendapatkan informasi tentang asteroid Julietta ini. Beberapa titik yang menjadi stasiun tersebut diantaranya di Yogyakarta 2 titik yaitu Imogiri dan Sleman, 2 titik di Magelang dan 2 titik di Ambarawa dan 1 titik di Semarang.

Untuk melaksanakan kegiatan observasinya Dr. Dunham akan memasang sendiri semua peralatannya yang sudah dilengkapi dengan timer sehingga bisa menyala dan mati sendiri. Ia juga sudah menjalin kerjasama dengan tim dari Observatorium Bosscha dan komunitas lokal. Beliau juga berharap Jogja Astro Club (JAC) dapat membantu observasi ini dengan menghendel salah satu stasiun tersebut. Namun demikian secara mandiri Jogja Astro Club akan melakukan pengamatan dari markasnya di Jalan Affandi pada saat okultasi berlangsung dan direncanakan akan dilakukan live streaming.  

2 komentar:

  1. Obat Vimax Pills adalah produk suplemen herbal asli Canada yang bermanfaat untuk menambah ukuran penis menjadi lebih besar dan panjang, meningkatkan kemampuan seksual pria agar lebih bertenaga dalam aktivitas hubungan intim. Vimax aslicanada merupakan penemuan terbaik perpaduan bahan herbal berkualitas no. 1 yang berasal dari seluruh dunia yang terbukti khasiatnya untuk memperbesar penis dan atasi semua masalah kesehatan seksual pria yang mencakup keperkasaan di ranjang. Formula alami kaya akan manfaat yang terdapat dalam Obat vimax bekerja melancarkan peredaran darah dengan pasokan yang cukup pada ruang penis, sehingga mampu memperbesar jaringan ereksi penis yang di sebut Corpora Cavernosa, dengan meningkatnya volume aliran darah menjadikan penis lebih besar dan panjang saat ereksi. Sementara pembesaran yang dihasilkan akan terlihat setelah pemakaian Vimax Pills secara rutin dan bertahap pertumbuhan penis menjadi lebih besar dan panjang, kualitas ereksi lebih keras dan besar, meningkatkan massa otot penis dan lebih tahan lama saat berhubungan intim.

    BalasHapus