Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 18 Agustus 2013

Observasi Nova Delphinus 2013




Hari ini 17 Agustus 2013, dengan semangat juang 45... dengan persiapan semenjak siang hari melakukan seting teleskop, alhamdulillah Nova Delphinus 2013 yang sedang menjadi perbincangan para astronom di seluruh dunia berhasil kami dapatkan. Beberapa gambar Matahari difoto saat alignment teleskop sore harinya, juga Bulan yang menemani pengamatan tidak luput dari bidikan teleskop. beberapa obyek langit juga sempat menjadi buruan observasi pada malam hari ini. Si kembar Albireo-Beta Cygni, Antares, Vega, Deneb, Altair juga Alfa Centauri.

Berita :


Sebuah ledakan bintang baru, yang disebut nova, telah bercahaya di langit malam, dan itu cukup mudah dilihat dengan telskop - dan berpotensi bahkan dengan mata telanjang - oleh pengamat  dengan cuaca cerah dan langit gelap. Anda bahkan dapat melihat nova baru ini secara online lewat tayangan webcast dari beberapa observatorium dunia.
 Ia dinamakan Nova Dephinus 2013, sebuah nova atau ledakan bintang baru ditemukan Rabu, 14 Agustus 2013 oleh astronom amatir Koichi Itagaki dari Yamagata, Jepang, pada jam 02:00 waktu setempat (1800 GMT) di konstelasi Delphinus di lumba-lumba. Itagaki menggunakan kamera CCD menempel pada teleskop refraktor 7". Nova adalah letusan kuat dari sebuah bintang, tetapi tidak sekuat supernova, yang merupakan ledakan bencana dari tanda kematian bintang.

Jika cuaca memungkinkan, Anda dapat melihat bintang ledakan webcast pada SPACE.com setiap malam, juga teleskop online milik Slooh. Webcast ini akan dimulai pukul 7 pm EDT (2300 GMT) dan menampilkan pemandangan Nova Delphinus 2013 dari Kepulauan Canary di lepas pantai Afrika Barat. Posisi yang tepat dari nova ini adalah RA 20h23m31s, Dec 20°46' terletak di Rasi Delphinus.














5 komentar: