Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Sabtu, 20 Oktober 2012

Hujan Meteor Orionids 2012


Malam Minggu 21-22 Oktober 2012 dinihari ini sampai sebelum fajar kita dapat menyaksikan puncak Hujan Meteor Orionids (ORI - IMO27). Kenampakan meteor ini sebenarnya mulai terlihat mulai tanggal 2 Oktober lalu sampai 7 November nanti. Radiant atau pusat lesatan meteor ini berada di sisi bawah Rasi Orion Sang Pemburu atau orang Jawa menyebutnya "Lintang Waluku" tepatnya di Utara bintang merah Betelgeuse. Rasi ini tampak sangat dominan di langit Timur mulai lepas tengah malam.

Orionids dapat menampakkan 15 hingga 20 meteor setiap jam pada saat puncaknya. Kebanyakan dari meteor ini terlihat melesat dengan cepat di langit. Itu karena kecepatan meteor saat memasuki atmosfer Bumi dapat mencapai 60 km per detik lebih. Meteor shower Orionids merupakan sisa debu Komet 1P/Halley atau yang dikenal sebagai Komet Halley yang pernah melintas dekat orbit Bumi kala itu.

Waktu terbaik untuk pengamatan adalah menjelang tengah malam sekitar pukul 23 malam hingga beberapa jam berikutnya menjelang fajar menyingsing. Pertunjukan Orionids tahun ini sebenarnya cukup bagus karena tidak terganggu oleh kenampakan Bulan karena ia sudah terbenam. Namun, kendala pengamatan justru dikhawatirkan datang akibat wilayah kita sedang mulai memasuki musim penghujan sehingga awan dan mendung bahkan huja akan menjadi ancaman. akan tetapi bukan berarti tanpa harapan, karena di saat musim penghujanpun langit sering terlihat cerah, apalagi saat melintas meteor yang cukup besar (fireball) ia akan terlihat walaupun langit mendung dan akan menjadi pemandangan yang tak terlupakan.

Tips Pengamatan Hujan Meteor:
- Berdoalah langit malam itu cerah
- Cari tempat yang gelap, lapang dan aman (bagus daerah pantai)
- Bawa beberapa atau banyak teman-teman anda agar suasana semarak
- Sebaiknya kenali sebelumnya nama rasi-rasi dan bintang yang nampak malam itu lewat software planetarium seperti Stellarium, Starrynight dsb.
- Bawa perlengkapan senter, jaket, alas tidur, makanan-minuman, mp3 player, lotion anti nyamuk dsb.
- Kamera astrofoto dan tripod bagi anda yang menyukai astrofotografi
- Tidak perlu teleskop maupun binokuler alias cukup mata telanjang tapi kalau ada peralatan tsb bisa juga dibawa.
- Boleh berteriak sekerasnya saat anda menyaksikan kelebatnya meteor! (asal jangan di telinga kawannya loh!)
- Jangan lupa juga hitung berapa cacah meteor yang dapat anda saksikan malam itu dengan melakukan counting selama waktu tertentu.

Selamat berburu Orionids...and make your wish!

5 komentar:

  1. udah ada yg liat belon meteornya? nyamuknya udah kenyang semua nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyamuk? makanya pake lotion.. dah dibilang.
      Malam ini brangkat lagi

      Hapus

  2. KUNJUNGI FILM-FILM BIOSKOP TERLENGKAP DAN TERPOPULER YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI:

    http://layarkaca21indo.com/
    http://139.99.119.236/
    http://www.minion99.com/

    BalasHapus