Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 02 Agustus 2012

Event Astronomi Indonesia - Agustus 2012


Barangkali inilah bulan yang kita tunggu kedatangannya. Bulan dimana bangsa Indonesia dilahirkan 67 tahun yang lalu tepatnya tanggal 17 Agustus 1945. Bulan Agustus ini akan menyuguhkan dua event astronomi yang cukup menarik yaitu pertunjukan Hujan Meteor Perseids (Perseids Meteor Shower) dan peristiwa Okultasi Planet Jupiter oleh Bulan. Kecuali itu event bulan Agustus juga akan dihiasi oleh berkumpulnya beberapa obyek-obyek langit, bulan yang berdekatan dengan planet atau bintang serta kalender fase bulan, termasuk data penentuan awal bulan Syawwal 1433 H.
 
Hujan meteor Perseis yang tahun ini mencapai puncaknya pada 12 Agustus pagi nanti diharapkan akan menjadi tontonan yang spektakuler karena tejadi pada saat bulan tua dan bersamaan dengan peristiwa astronomi yang cukup langka juga yaitu tertutupnya Planet Jupiter oleh wajah Bulan yang disebut sebagai okultasi. Hebatnya lagi peristiwa tersebut benar-benar bisa menjadi suguhan malam Minggu anda.

Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu, Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe Kita berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear and Dark Sky.
 
Setiap sore, 1-31 Agustus 2012
Evening Triangle @ after Sunset
( Saturn - Mars - Spica )
Setiap hari selama bulan Agustus 2012 ini kita bisa menyaksikan pemandangan 'evening triangle' yaitu berkelompoknya Planet Saturnus, Planet mars dan bintang Spica di Langit Barat. Cek it out.
  
Pemandangan langit Barat setelah Matahari terbenam

 Kamis, 2 Agustus 2012
Full Moon @ 10:28 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Grain Moon atau Sturgeon sementara di India disebut Narali Purnima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
 
Jumat, 10 Agustus 2012
Moon - Pleiades @ 2:00 WIB
Pagi ini kita bisa dapat menyaksikan Bulan kuartal akhi rberdampingan dengan Gugus Pleiades (M45). Gugusan bintang yang sering diberi julukan 7 bidadari ini memang terdiri atas 7 bintang yang cukup terang dengan latar ratusan bintang. Pleiades berada di Rasi Taurus dan berada tidak jauh dari rasi Orion. Pemandangan ini dapat disaksikan selepas tengah malam di Langit Timur.
   
Jumat, 10 Agustus 2012
Last Quarter Moon @ 1:56 WIB (Geosentris)
Hari ini Bulan memasuki fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik juga untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Binokuler atau teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan permukaan bulan. Saat Matahari telah terbit pun Bulan masih terlihat menggantung di langit atas.

Jumat, 10 Agustus 2012
Moon Apogee @ 17:53 WIB (Geosentris) 
Hari ini Bulan pada posisi terjauh dari Bumi ( 404.124 km ; sudut 29,6' ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling jauh dari Bumi. [ info ]


Sabtu-Minggu, 11-12 Agustus 2012
Perseids Meteor Shower @ 23.00 WIB - Subuh
Malam Minggu  ini menjelang tengah malam hingga Minggu dinihari menjelang Subuh langit akan disuguhi tontonan spektakuler yaitu hujan meteor. Hujan meteor yang dikenal dengan nama Perseids Meteor Shower akan turut menyemarakkan HUT RI ke-67 tahun ini. Dinamakan Perseids karena meteor ini seolah berasal dari Rasi Perseus. Perseids merupakan salah satu fenomena hujan meteor terbesar setiap tahunnya. Asal meteor shower Perseids disebabkan oleh sisa-sisa debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang pertama kali teramati pada tahun 1862. Swift-Tuttle begitu legendaris karena pada 14 Agustus 2126 diramalkan bakal berbenturan dengan Bumi. Perseids dapat menampakkan 80 s.d. 100 meteor setiap jam saat 'peak' pada malam ini serta kecepatannya yang mencapai 60 km/detik menjadikan shower ini terlihat bergerak lebih cepat dibanding meteor lain. Shower ini juga dikenal dapat menghasilkan goresan cahaya yang panjang terutama jika ia berada cukup jauh dari radiantnya. Pandangalah ke arah area Langit Utara agak rendah sebab radiant shower ini berada di Rasi Perseus. Terbit di arah Timur Laut sekitar pukul 11 malam. Cahaya bulan kali ini memang cukup mengganggu kenampakan Perseids dikarenakan pada fase bulan tua sehingga masih menyisakan cahaya selepas tengah malam.  Namun jangan khawatir menjelang pukul tengah malam hingga menjelang pukul 02.00 dinihari langit akan cukup gelap untuk bisa menyaksikan Perseids. Rasi Orion yang menawan di Timur akan menemani anda dalam pengamatan. Shower ini dapat disaksikan mulai pukul 22.00 malam sampai pagi sebelum fajar. Segera cari tempat gulita, berbaringlah rileks, konsentrasi dan nikmatilah pertunjukan Perseids kali ini. Jangan lupa hitung berapa meteor yang dapat anda saksikan malam ini. 



Minggu, 12 Agustus 2012
Moon Occult Jupiter @ 2:15 WIB
Pagi ini Planet Jupiter terokultasi atau tertutup oleh permukaan Bulan. Peristiwa itu sendiri sebenarnya mulai terjadi pada pukul 01:11 WIB saat Jupiter mulai tertutup oleh Bulan. Namun untuk kawasan Indonesia Barat peristiwa tersebut belum bisa bisa disaksikan karena bulan baru terbit sehingga masih sangat rendah. hampir selama 1 jam Jupiter akan berada di balik Bulan dan baru akan terlihat kembali pada pukul 2:15 WIB di sisi atas Bulan atau sisi gelapnya pada saat posisinya setinggi 2 kepalan tangan di Langit Timur 

.

Selasa, 14 Agustus 2008
Moon - Venus @ 03:00 WIB
Bulan sabit sore ini berada dekat dengan Planet Venus di Langit Timur. Bulan sabit tua hari ke dua puluh lima inipun berada pada ketinggian yg cukup mudah dilihat dengan mata telanjang, ia berada pada jarak sekitar 2° dari Venus. Pagi ini pula Venus sedang berada pada jaraknya sudut terjauhnya dari Matahari. Pemandangan ini dapat disaksikan sampai setelah matahari terbenam. Kecuali kedekatan Bulan dengan Venus, pagi ini di arah yang sama kita juga dapat menyaksikan planet Jupiter, gugus bintang Pleiades dan rasi yang cukup menarik yaitu rasi Irion.

Selasa, 14 Agustus 2008
Venus Greatest Western Elongation @ 13:36 WIB (geosentris)
Planet Venus pada posisi Elongasi Maksimum di sebelah Barat Matahari. Hari ini jarak sudut elongasi Venus terhadap Matahari mencapai maksimum hampir sekitar 46°. Saat paling bagus menyaksikan planet ini di Langit Timur pagi hari sebelum Matahari terbit.


Kamis, 16 Agustus 2008
Mercury Greatest Western Elongation @ 21:16 WIB (Geosentris)
Hari ini Planet Merkurius berada pada posisi paling jauh sudut elongasinya terhadap Matahari. Merkurius berada maksimum di sebelah Barat matahari sejauh 19
° . Posisi tersebut membuat planet paling dekat Matahari ini akan mudah disaksikan pagi hari sebelum Matahari terbit di Langit Timur. Bangun pagi dan carilah planet Merkurius ini.

Kamis, 16 Agustus 2008
Moon - Mercury @  04:00 WIB
Pagi ini Bulan sabit tua berdampingan dengan Planet Merkurius
di Langit Timur ditemani juga oleh planet Venus dan Jupiter serta Rasi Orion. Cek it out.
   
Kamis, 16 Agustus 2008
Great Morning Planetary  @ 04:00 WIB
(Moon - Jupiter - Venus - Mercury - Pleades - Aldebaran - Orion)
Pagi ini sederetan benda langit mulai dari Bulan sabit tua, Planet Jupiter, Planet Venus, Planet Merkurius, gugus bintang Pleiades dan bintang terang Aldebaran serta Rasi Orion mendominasi pemandangan Langit Timur dalam sebuah konfigurasi yang menarik dapat kita saksikan di pagi hari sebelum matahari terbit. Ayo segera bangun pagi di hari Minggu dan tengoklah ke arah Timur jika cuaca cerah dan anda akan menyaksikan pemandangan yang sangat cantik. jangan lupa abadikan moment ini cukup hanya menggunakan poket kamera digital dengan setting pencahayan malam.

Jumat, 17 Agustus 2012
Rukyat Hilal Tua @ 05:00  WIB
Pagi hari selepas Subuh di Langit Timur kita berkesempatan melakukan rukyat Hilal Tua akhir akhir bulan Ramadhan 1433 H sebelum Matahari terbit. Data rukyat untuk Yogyakarta : Matahari terbit 05:28 WIB, tinggi Bulan saat Matahari terbit 8°51' dan sebelumnya Bulan terbit pada pukul 05:07 WIB.


Jumat, 17 Agustus 2012
New Moon @ 22:56 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir bulan Ramadhan memasuki bulan Syawwal 1433 H memasuki lunasi astronomis ke 1109 dan lunasi Islamis ke 17193. Bulan baru (new moon) secara astronomis berbeda dengan bulan baru (new month) yang dipergunakan untuk kalender Hijriyah. Istilah lain newmoon adalah ijtimak atau konjungsi. Kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini akan menjadi tanda mulainya awal bulan Hijtiyah. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
Sabtu, 18 Agustus 2012
Rukyatul Hilal - Syawwal 1433 H @ sunset (Club Event)
Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Syawwal 1433 H karena bertepatan dengan 29 Ramadhan sesuai hasil rukyat sebelumnya. Data ketinggian hilal hari ini untuk wilayah sebagian besar wilayah Indonesia sudah di atas 7°. Pada ketinggian ini kemungkinan besar hilal dapat dirukyat walau harus menggunakan alat bantu optik.. Oleh sebab itu sangat besar kemungkinan 1 Syawwal kali ini akan dirayakan bersamaan. Analisis dan prediksi awal Syawwal 1433 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI).
Peta Ketinggian hilal di dunia

Ketinggian hilal pada hari rukyat
Rabu, 22 Agustus 2012
Evening Conjunction  @ 18:00 WIB  (Moon - Saturn - Mars - Spica)
Sore ini setelah Matahari terbenam kita dapat menyaksikan Bulan sabit awal Syawwal berdekatan dengan obyek langit lain yaitu 'evening triangle' yang sedang terjadi pada bulan ini meliputi planet Saturnus, Planet Mars dan bintang Spica.

Jumat, 24 Agustus 2012
Moon at Perigee @ 2:40 WIB (Geosentris)
Bulan pada posisi terdekat dari bumi (jarak 369.730 km sudut 32.3'). Pe
rigee adalah titik dimana sebuah benda langit yang mengorbit bumi berada pada jarak paling dekatnya. [info].


Jumat, 24 Agustus 2012
First Quarter Moon @ 20:54 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat yang terlihat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Binokuler atau teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan permukaan bulan. Saat Matahari terbenam pun Bulan sudah terlihat menggantung di langit atas.

Selasa, 28 Agustus 2012
East Zodiacal Light @ 04:00 WIB
Mulai pagi ini dan sekitar 2 minggu ke depan setiap menjelang Subuh tiba di Langit Timur kita dapat menyaksikan munculnya "Cahaya Zodiac". Cahaya Zodiac adalah fenomena cahaya remang sepanjang pita zodiac atau ekliptika yang disebabkan oleh pantulan cahaya Matahari terhadap partikel-partikel debu antar planet yang berada di sepanjang jalur planet atau ekliptika. Dalam astronomi fenomena cahaya ini sering disebut dengan "fajar palsu" atau Fajar Kizib atau "false dawn". Berbeda dengan cahaya fajar yang arahnya mendatar maka cahaya zodiac ini arahnya vertikal muncul di atas horizon Timur mengikuti garis zodiak. Cahaya ini hanya terlihat sebentar menjelang cahaya fajar terlihat. Kondisi yang sama akan terjadi pada bulan Maret pada lepas Isya di Langit Barat.

Cahaya Zodiac atau fajar Kadzib hasil karya Kris Namibia

  
Jumat, 31 Agustus 2012
Full Moon @ 20:59 WIB (Geosentris)
Bulan purnama kedua yang terjadi pada bulan kali ini dikenal sebagai Blue Moon sebuah kejadian yang termasuk langka. Sehingga muncul ungkapan "once in blue moon" yang artinya "sekitar 3 tahunan" yaitu periodisasi munculnya 2 purnama dalam satu bulan. Hal ini disebabkan lunasi Bulan yang lamanya sekitar 29,5 hari sedangkan jumlah hari dalam satu bulan kalender matahari ada yang 31 hari. Blue moon sendiri bukan bermakna bulannya berwarna biru namun sejarah mencatat ketika kebetulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan asap kebakaran membuat wajah bulan berwarna biru sehingga orang menghubungkan dengan kejadian langka tersebut. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 21.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang. Saksikan BLUE MOON kali ini apakah juga berwarna biru???

 RASI BINTANG BULAN AGUSTUS 2012 

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Crux di Langit Selatan lepas matahari terbenam dengan empat buah bintangnya yang membentuk silang sehingga rasi ini dinamakan salib selatan (Southern Cross) . Orang Jawa mengatakan sebagai "Gubug Penceng" atau layang-layang atau "Pari". Rasi ini sering digunakan terutama oleh para nelayan untuk pedoman arah Selatan hingga sekarang. Di dekatnya ada Rasi Centaurus dengan bintangnya yang paling terang Rigil Kentauri serta Hadar di dekatnya yang seolah seperti mata panah yang mengarah ke Rasi Crux sehingga sering disebut sebagai "the Pointer" yang menghiasi Langit Selatan.

Tiga rasi dominan di Langit Selatan, Scorpius, Centaurus dan Crux




Beberapa rasi bintang yang menarik juga dapat kita saksikan selama bulan ini diantaranya adalah Rasi Scorpius (kalajengking) dilangit Timur lepas senja dengan bintangnya Antares yang berwarna merah. Dengan menggunakan binokuler kita dapat menyaksikan beberapa obyek menarik di rasi ini diantaranya adalah Gugusan bintang di ekor Scorpius yaitu Ptolemy Cluster yang sangat indah jika dilihat menggunakan binokuler atau teleskop.

Langit pagi di arah Timur selama bulan Agustus
 
Menjelang tengah malam konfigurasi bintang Vega-Deneb-Altair yang dikenal sebagai "segitiga musim panas" - summer triangle- akan dapat disaksikan di Langit Timur. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal bintang-bintang. Menjelang pagi hari di arah langit Timur mulai muncul Rasi Orion dengan beberapa bintang terangnya yaitu Betegeuse, Bellatrix, Rigel dan Saiph serta di tengahnya ada Alnitak, alnilam dan Mintaka.
 


POSISI PLANET TAMPAK MATA TELANJANG

Merkurius
Planet Merkurius selama bulan Agustus berada di Langit Timur menjadi planet pagi. Mencapai elongasi terjauhnya dengan matahari pada tengah bulan dan berangsur menurun posisinya menjelang akhir bulan. Planet Merkurius selama bulan Agustus berada di Rasi Cancer.

Venus
Planet Venus selama bulan Agustus menjadi planet pagi di langit Timur. Posisinya yang sudah cukup tinggi di awal bulan membuat planet ini mudah dilihat. bahkan pada tengah bulan planet ini paling tinggi posisinya. Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus selama bulan Agustus ini berada di Rasi Gemini.

Mars
Planet Mars selama bulan ini berada di langit Barat selepas petang hari. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars kini sedang berada di Rasi Virgo bersama Saturnus dan pada akhir bulan posisinya semakin ke Barat.
 
▓ Jupiter
Planet Jupiter dapat disaksikan mulai pagi  hari sebelum Subuh di Langit Timur. Ia akan nampak terus di Timur pada pagi hari selama bulan ini. Jupiter menjadi benda langit paling terang ketiga  pada malam hari setelah Bulan dan Venus. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Taurus bersama hingga akhir bulan. Sebuah pemandangan menarik Jupiter akan terjadi saat ia terokultasi oleh Bulan pada tanggal 12 Agustus pagi.
   
Saturnus
Planet Saturnus dapat dilihat di Langit sekitar Zenit selepas matahari terbenam. Selama bulan ini Saturnus berada di Rasi Virgo bersama Mars. Bintang terang di selatannya adalah Spica bintang paling terang di rasi Virgo. Cahayanya yang cukup terang membuat planet mudah dibedakan dengan bintang. Magnitudenya kali ini sekitar 0,7. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet iniyang hanya bisa terlihat menggunakan teleskop. Planet ini menjadi idola para amatir pada bulan ini karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik. Segera cari dan arahkan teleskop untuk melihatnya. Bulan-bulan ini masih merupakan saat yang bagus mengamati planet ini. Pemandangan 'evening triangle' antara Saturnus, Mars dan Spica akan menjadi hiasan langit Barat selama bulan Agustus.


Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.42 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 5.62 from Aladdin Systems, Inc

Sumber Link Terkait:

5 komentar:

  1. nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

    Kami menyediakan informasi agen rental mobil dan sewa mobil Paket sewa mobil harian, mingguan dan bulanan. nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

    waralaba / franchise bimbel - peluang usaha modal kecil hasil maksimal

    BalasHapus
  2. Hallo gan, selamat berpuasa ...

    BalasHapus