Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Minggu, 01 Februari 2009

Event Astronomi Indonesia - Februari 2009

Komet Lulin yg sedang mengunjungi Bumi pada bulan ini (Credit: NASA)
.
Bulan Februari 2009 telah tiba, seperti kita ketahui ini adalah bulan yang cukup menjengkelkan tentunya tentunya bagi para penggemar langit malam. Bagaimana tidak, jangankan melihat langit malam yang cerah, melihat matahari saja barangkali cukup sulit karena selalu tertutup awan dan bahkan hujan. Kecewa? Tentu tidak, siapa tahu kita masih bisa menyaksikan cerahnya langit malam walau hanya diantara awan-awan dan mendung.
.
Memasuki bulan Februari kali ini event astronomi akan dibuka dengan Gerhana Bulan Penumbral. Menyusul beberapa event posisi planet dari mulai moon closest, conjunction maupun great elongation. Fase-fase Bulan tetap akan menjadi menu bulanan kali ini. Apogee dan perigee termasuk data posisi Hilal awal bulan Jumadil Awal 1430 H dapat juga anda dapatkan. Dan event menarik di akhir bulan Februari ini adalah munculnya Komet Lulin si "HIJAU" menjelang akhir bulan.

Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Akhirnya kita hanya bisa berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing, Clear & Dark Sky.
.

Selasa, 3 Febuari 2009

First Quarter Moon @ 06:14 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.
.
Rabu, 4 Februari 2009
Moon - Pleiades @ 20:00 WIB
Malam ini kita dapat menyaksikan Bulan Gibbous menjelang purnama berdampingan dengan Gugus Pleiades (M45). Gugusan bintang yang sering diberi julukan 7 bidadari ini memang terdiri atas 7 bintang yang cukup terang dengan latar ratusan bintang. Pleiades berada di Rasi Taurus dan berada tidak jauh dari rasi Orion. Pemandangan ini dapat disaksikan selepas Maghrib di atas kepala.
.
Minggu, 8 Februari 2009
Moon Perigee @ 03:09 WIB (Geosentris)
Hari ini Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 361.486 km ). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling dekat dari bumi. [ info ]
.
Senin, 9 Februari 2009
Penumbral Lunar Eclipse @ 21:38 WIB saat Maksimum
Gerhana Bulan Penumbra terjadi malam ini. Gerhana ini merupakan rangkaian musim gerhana setelah Gerhana Matahari Cincin (GMC) setengah bulan yang lalu. Sesuai siklus setelah terjadi gerhana Matahari akan diikuti oleh gerhana bulan 15 hari berikutnya. Gerhana Bulan Penumbral terjadi saat
seluruh bagian Bulan berada di bagian penumbra atau bayangan samar Bumi. Sehingga bulan masih dapat terlihat terang dengan warna yang suram di salah satu sisinya. Sayangnya saat gerhana penumbral terjadi dengan mata telanjang kita hampir tidak bisa menyaksikan secara jelas fase-fase gerhana. Hanya pada saat maksimum yaitu sekitar pertengahan gerhana kira-kira pukul 21:00 - 22.00 WIB mungkin kita bisa melihat wajah Bulan yang agak gelap di salah satu sisinya, tentunya dalam kondisi langit yang bagus. Kontak Awal Penumbra terjadi pada pukul 19:38 WIB, saat mencapai Maksimum pada pukul 21:38 WIB dan Kontak Akhir Penumbra akan terjadi pada pukul 23:38 WIB sekaligus mengakhiri tahapan gerhana. [ Peta Gerhana ] [ Artikel Gerhana ]
.
Pemandangan Bulan saat Gerhana Penumbra (Credit: Spaceweather)
.
Senin, 9 Februari 2009
Full Moon @ 21:50 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Hunger Moon, Storm Moon, Candles Moon sementara di India disebut Magh Poornima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
..
Kamis, 12 Februari 2009
Neptune Conjunction @ 19:44 WIB (Geosentris)
Hari ini Planet Neptunus mengalami konjungsi yaitu tepat di belakang Matahari. Peristiwa ini tentunya bukan untuk disaksikan karena memang tidak bisa disaksikan dari Bumi.
.
Sabtu, 14 Februari 2009
Mercury Greatest Western Elongation @ 07:32 WIB (Geosentris)
Hari ini Planet Merkurius berada pada posisi paling jauh sudut elongasinya terhadap matahari. Merkurius berada maksimum di sebelah Barat matahari. Posisi tersebut membuat planet paling dekat matahari ini akan mudah disaksikan pagi hari sebelum matahari terbit di Langit Timur. Bangun pagi dan carilah planet Merkurius ini.
..
Kwartet konjungsi pada 23 Februari 2009 pagi di Langit Timur
.
Selasa, 17 Februari 2009
Last Quarter Moon @ 04:38 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Jumat, 20 Februari 2009
Moon Apogee @ 00:01 WIB (Geosentris)
Hari ini Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 405.129 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling jauh dari bumi. [
info ]
.
Senin, 23 Februari 2009
Kwartet Conjunction @ lepas Subuh
Pagi ini kembali sederetan benda langit berkumpul bersama, Bulan sabit tua - Merkurius - Jupiter dan Mars dapat disaksikan di Langit Timur selepas Subuh. Bagi anda pemilik kamera digital jangan lupa abadikan peristiwa ini.
.
Selasa, 24 Februari 2009
Jupiter - Mercury Conjunction @ lepas Subuh - Rukyat Hilal Tua
Pagi ini juga kembali Jupiter dan Merkurius terlihat sangat berdekatan. Pagi hari selepas Subuh di Langit Timur juga kesempatan menyaksikan Hilal Tua akhir akhir bulan Shafar. Data ketinggian hilal menunjukkan 12°44' saat Matahari terbit pukul 05:43 WIB di Yogyakarta.
.
Selasa, 24 Februari 2009
Closest Approach Lulin Comet @ tengah malam
Malam ini sebuah Komet yang diberi nama "Lulin" akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi yaitu sekitar 0,41 AU. Akibatnya kecerlangan komet ini diperkirakan akan mencapai magnitude 5 yang artinya dalam kondisi langit cerah komet ini dapat terlihat oleh mata telanjang. Komet Lulin atau juga dikenal sebagai
C/2007 N3 pertama kali ditemukan oleh astronom China dan Taiwan Ye Quanzhi dan Lin Chi-Sheng pada 11 Juli 2007. Nama Lulin sendiri diambil dari nama Observatorium dimana komet tersebut ditemukan. Uniknya dari komet ini adalah ekor komet yang tidak sebagaimana lazimya. Lulin memiliki ekor yang berjumlah dua dan saling bertolak belakang yang satu menjauhi Matahari sedang yang lain mengarah ke Matahari, sehingga ekor yang satunya ini disebut "antitail". Namun deikian, sejauh ini periode komet ini belum diketahui karena kemungkinan ini adalah kunjungan pertamanya mendekati Matahari dan baru akan berkunjung lagi ribuan tahun yang akan datang. Mau coba ngamat? Silahkan pake peta dibawah ini. Teleskop adalah pilihan terbaik untuk "hunting" komet ini.
.
Posisi Lulin selama 15 - 25 Februari 2009
.
Rabu, 25 Februari 2009
New Moon @ 08:36 WIB (Geosentris)
Bulan baru kali ini merupakan akhir Shafar sekaligus awal Rabiul Awwal 1430 H. Bulan baru kali ini merupakan lunasi astronomis ke 1065 serta lunasi Islam ke 17150. Newmoon (bulan baru) secara astronomis berbeda dengan bulan baru yang dipergunakan untuk kalender lunar atau qomariyah misalnya kalender Hijriyah. Istilah lain untuk newmoon atau bulan baru ini adalah ijtimak. Penanggalan lunar khususnya kalender Hijriyah menggunakan kriteria kenampakan "hilal" yaitu bulan sabit paling muda yang dapat terlihat oleh mata atau alat optik pada saat sore hari setelah matahari terbenam. Kenampakan hilal ini menjadi tanda mulainya awal bulan puasa kali ini. Kriteria kapan hilal mulai dapat terlihat menjadi perbedaan pandangan tentang kapan awal bulan dimulai.
.
Rabu, 25 Februari 2009
Rukyatul Hilal - Rabiul Awwal 1430 Hijriyah @ sunset (Club Event)
Sore ini merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Rabiul Awwal 1430 Hijriyah dari Pos Observasi Bulan (POB) Parangkusumo. Pada Senin sore (25/2) untuk wilayah Yogyakarta data observasi hilal menyebutkan: Matahari terbenam pada pukul 18:00 WIB pada azimuth 260°51' - Bulan terbenam 18:06 WIB pada azimuth 265°21'. Tinggi bulan saat Matahari terbenam 0°48' kanan-atas posisi Matahari. Kondisi ini jelas Hilal mustahil untuk dirukyat. Sementara pada Kamis (26/2) Matahari terbenam 17:59 WIB pada azimuth 261°13' - Bulan terbenam 18:46 WIB pada azimuth 271°238' dengan ketinggian 10°29' saat Matahari terbenam. Posisi Bulan berada disebelah kanan-atas posisi Matahari. Analisis dan prediksi awal Rabiul Awwal 1430 H menurut berbagai kriteria dapat diakses di situs Rukyatul Hilal Indonesia (RHI).
.
.

Sabtu, 28 Februari 2009
Moon - Venus @ 18:00 WIB
Sore ini pemandangan Bulan sabit muda di Langit Barat bergandengan dengan Planet Venus di bawahnya. Peristiwa ini dapat disaksikan sampai sebelum keduanya terbenam.
.
.
.


RASI BINTANG BULAN FEBRUARI 2009

Beberapa rasi bintang yang menarik akan dapat kita saksikan selama bulan Februari ini diantaranya adalah munculnya Rasi Orion (Waluku 'Jawa') dilangit Timur lepas maghrib. Rasi ini dulunya dipergunakan sebagai pertanda musim tanam oleh para petani. Kenampakan Rasi Orion memang selalu pada awal musim penghujan yaitu awal Oktober sampai November. Kecuali itu kita juga dapat menyaksikan Rasi Canis Minor dengan bintangnya yang paling terang Sirius di Selatan Orion. Bintang Sirius merupakan bintang paling terang yang terlihat oleh mata langsung dengan magnitudo -1,47 dan berda pada jarak 8,6 tahun cahaya.
.
Nampak pula membelah langit melalui rasi Orion jalur Kabut Susu atau MilkyWay yang merupakan kerumunan bintang-gemintang di tepian galaksi yang kita tempati Bimasakti. Sebelah Barat-Daya Orion kita dapat temukan kerumunan bintang yaitu gugus Pleiades atau sering disebut Bintang Tujuh karena memang anggota gugus ini terdiri dari 7 bintang yang cukup terang, orang Jawa menamakannya "Kemukus" karena sepintas kerumunan bintang ini mirip asap. Bintang-bintang lain yang cukup terang yaitu Canopus di Selatan Orion, Procion, Capella, Aldebaran dan beberapa bintang di langit Selatan dan Barat seperti Achernar dan Fomalhaut.



Pemandangan langit Februari menjelang tengah malam
.
Menjelang tengah malam kita dapat menyaksikan munculnya Rasi Crux atau dikenal dengan nama Salib Selatan cukup mencolok di Langit Selatan. Di dekat rasi ini terdapat rasi Centaurus dengan bintangnya yang cukup terang yaitu Alpha Centauri dan Hadar di dekatnya. Alpha Centauri atau sering disebut sebagai Rigel Kentaurus adalah bintang sistem ganda yang hanya terlihat satu bintang jika dilihat dengan mata telanjang. Gunakan peta bintang bulan ini untuk menelusuri langit mengenal rasi dan bintang-bintang.
..
.
..
POSISI.PLANET BULAN FEBRUARI 2009.
.
CLASICAL PLANET
..
..
Merkurius
Planet Merkurius pada awal bulan planet ini berada di Langit Timur dengan posisi cukup tinggi. Posisi ini terus naik sampai pertengahan bulan dan akhirnya turun sehingga menjelang akhir bulan sehingga Merkurius semakin sulit dilihat. Merkurius pada awal bulan berada di Rasi Sagitarius.
..
Venus
Planet Venus kini menjadi planet sore di langit Barat. Posisinya yang semakin tinggi di awal bulan membuat planet ini mudah dilihat. Juga pada akhir bulan planet ini masih tinggi saja posisinya saat Matahari terbenam. Bintang Kejora begitulah kebanyakan orang menyebut planet ini. Venus pada awal bulan di Rasi Pisces..
.
Mars
Planet Mars Setelah beberapa lama Mars menjadi planet yang selalu nampak pada malam hari, kini Mars semakin memudar dan sulit dilihat walaupun sebenarnya planet ini sudah berada di Langit Timur pagi hari sebelum Matahari terbit. Posisinya yang masih rendah membuat ia masih sulit dilihat. Ciri mencolok planet ini adalah warnanya yang merah sehingga di Jawa planet ini mendapat julukan "Lintang Joko Belek". Mars pada awal bulan ini berada di Rasi Sagitarius.
.
▓ Jupiter
Planet Jupiter kini mulai menjadi planet pagi hari. Di Langit Timur sebelum Matahari terbit kita dapat menyaksikan planet ini terutama setelah pertengahan bulan saat posisinya cudah mulai tinggi. Dengan cukup menggunakan teleskop portabel yang kecil saja kita dapat melihat empat bulan di planet ini yang disebut Galilean Satelit yaitu Io, Ganimede, Europa dan Calisto. Sejak awal bulan planet ini berada di Rasi Capricornus.
.
Saturnus
Planet Saturnus Pada bulan ini menjadi planet yang nampak malam hari. Ia dapat disaksikan menjelang tengah malam di langit Timur. Saturnus berada di Rasi Leo. Ciri khas planet ini adalah gelang yang melingkari tubuh planet ini. Hanya dengan menggunakan teleskop cincin Saturnus dapat kita lihat. Planet ini sempat menjadi idola para amatir pada bulan lalu karena dengan teleskop kecilpun cincinnya dapat terlihat dengan baik.
.
Uranus
Planet Uranus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Uranus kini sedang di Rasi Aquarius Langit Barat lepas Matahari terbenam..
.
Neptunus
Planet Neptunus hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Dengan mata telanjang ia sangat sulit dibedakan dengan bintang yang redup sekalipun. Posisi Neptunus kini sedang di Rasi Capricornus, Langit Barat setelah Matahari terbenam.

.

DWARF PLANET (PLANET KERDIL) DAN PLUTOID
.
Pasca Konferensi IAU 2006, Ceres yang dulunya asteroid, Pluto yang dulunya planet ke-9 serta Eris (2003UB313) yang dulunya kandidat planet ke-10, kini dimasukkan dalam jajaran Dwarf Planet (Planet Kerdil).
.
Belum berhenti sampai di sini. Pada 11 Juni 2008 kembali IAU mengubah status Pluto dan Eris bukan lagi kelompok Drawt Planet tapi masuk dalam kelompok Plutoid, yaitu obyek yang 'mirip Pluto" seperti halnya sebutan untuk 'terestrial' dan 'Jovian'. Sementara untuk Ceres masih berstatus Dwarf Planet. Pada Juli 2008 kembali IAU mengumumkan status 2005 FY9 salah satu KBO terbesar yang sudah ditemukan untuk masuk menjadi anggota Dwarf Planet dan diberi nama Makemake serta mengembaikan Pluto dan Eris menjadi Dwarf Planet lagi. Sehingga formasi terbaru Sistem Tata Surya kita sekarang seperti ini:
.
Matahari-Merk-Venus-Bumi-Mars-Ceres-Jup-Satur-Uran-Nept-Pluto-Makemake-Eris

  • 8 planet : Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
  • 4 dwarf planet : Ceres, Pluto, Makemake dan Eris
  • 165 bulan (satelit alam)
  • ribuan "small solar system bodies"
    ..
Ceres
Ceres terletak antara orbit Mars dan Jupiter. Dulunya masuk sebagai asteroid dan kini dimasukkan dalam kelompok Planet Kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Ceres kini sedang di Rasi Leo, Langit Barat sebelum Matahari terbit.
.
Pluto
Pluto ditemani oleh satelit besarnnya yaitu Charon dan dua satelit kembarnya Nix dan Hydra. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Pluto kini sedang di sekitar Rasi Sagitarius, di Langit Timur sebelum terbit Matahari.
.
Makemake
Makemake yang dulunya adalah 2005 FY9 salah satu dari benda KBO terbesar di tata Surya dan anggota Dwarf Planet terbesar ketiga. Planet ini juga hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Makemake kini sedang di sekitar Rasi Coma Berenices, Langit Barat sebelum terbit Matahari.
.
Eris
Eris diketahui memiliki juga sebuah satelit yang diberi nama Dysnomia. Planet kerdil ini hanya terlihat menggunakan teleskop yang kuat. Posisi Eris (2003 UB 313) kini sedang di sekitar Rasi Cetus, Langit Timur lepas sebelum terbit Matahari..
..
.
Generator Ephemeris :
Starrynight Pro Plus Versi 6.2 from Imaginova Corp.
Sky View Cafe 4.0 from Aladdin Systems, Inc
Links:
.

4 komentar:

  1. Terimakasih om atas infonya, jgn lupa main ke blog saya ya! http://astrokom.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Dapatkan solusi pengobatan kanker secara alami
    Penyembuhan Kanker Alami, Aman dan
    Murah, dan Banyak Yang Sudah Sembuh juga dapat menyembuhkan diabetes mellitus
    telah terbukti sangat berperan dalam proses membantu penyembuhan penyakit-penyakit kronik seperti diabetes mellitus, atherosclerosis, asma, arthritis, jantung, rematik dan segala jenis kanker seperti kanker payudara, kanker darah, kanker prostat, kanker usus, kanker kulit, dll.
    Hanya di http://obatkankers.blogspot.com/
    Kontes Banner Berhadiah $ 5.000
    Cukup hanya dengan memasang banner gratis di blog, blogspot, wordpress, multiply, friendster. Ingin tahu lebih jauh? Lihat di sini klik HOT
    • Mau cari Gosip artis Indonesia hot
    Luna Maya, Ariel, Julia Perez, Sandra Dewi Dewi Persik, Sarah Azhari, Agnes Monica
    • Cari lirik lagu Indonesia favorit
    • Resensi Film dan Trailer terbaru
    • Ribuan Game-game Seru
    • Zona khusus wanita (Sexy & Sharp)
    • Lagu-lagu Indonesia terbaik
    • Info Sepak Bola dan bursa Mobil?
    • Mau mejeng sambil cari jodoh
    http://obatkankers.blogspot.com/
    ingat klik bagian HOT di sebelah kanan blog good luck

    BalasHapus
  3. saya baru tau ternyata ada event yang menarik seperti ini.

    BalasHapus