Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Kamis, 23 Mei 2013

MATAHARI DI ATAS KA'BAH SAATNYA MELURUSKAN KIBLAT


 

Apakah arah kiblat masjid bisa berubah atau bergeser akibat gempa bumi maupun bergeraknya lempeng Bumi seperti isu yang tengah berkembang? Jawabannya tentu TIDAK! Artinya pengukuran sebelumnya memang yang membuat arah kiblat masjid tersebut tidak tepat.

Apakah arah kiblat cukup ke BARAT? Sebagaimana pernah difatwakan oleh MUI beberapa waktu yang lalu? Jawabannya tentu TIDAK! Sebab di zaman sekarang menentukan arah kiblat semudah membalik telapak tangan dan bukan pekerjaan yang sulit. Bahkan MUI sendiri juga telah meralat Fatwanya tersebut.

"Dan dari mana saja engkau keluar (untuk shalat), maka hadapkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram (Ka'bah), dan sesungguhnya perintah berkiblat ke Ka'bah itu adalah benar dari Tuhanmu. Dan (ingatlah), Allah tidak sekali-kali lalai akan segala apa yang kamu lakukan." (QS. Al-Baqarah : 149)

“Baitullah ( Ka'bah ) adalah kiblat bagi orang-orang di dalam Masjid Al-Haram dan Masjid Al-Haram adalah kiblat bagi orang-orang yang tinggal di Tanah Haram (Makkah) dan Makkah adalah qiblat bagi seluruh penduduk bumi Timur dan Barat dari umatku” (HR. Al-Baihaqi)

“Jika kamu mendirikan shalat, maka sempurnakanlah wudhu, kemudian menghadap kiblat, lalu takbir, kemudian bacalah apa yang kamu hafal dari qur’an, lalu ruku’ sampai sempurna, kemudian i’tidal sampai sempurna, kemudian sujud sampai sempurna, kemudian duduk di antara dua sujud sampai sempurna, kemudian sujud sampai sempurna, lakukanlah yang demikian itu setiap rekaat.” (HR. Abu Hurairah)

Dalam ajaran Islam, mengadap ke arah kiblat atau bangunan Ka'bah yang berada di Masjidil Haram adalah merupakan tuntutan syariah dalam melaksanakan ibadah tertentu. Berkiblat wajib dilakukan ketika hendak mengerjakan shalat dan menguburkan jenazah Muslim. Menghadap kiblat juga merupakan ibadah sunah ketika tengah azan, berdoa, berzikir, membaca Al-Quran, menyembelih binatang dan sebagainya.

 

Berdasarkan kebiasaan yang berkembang di masyarakat, terdapat beberapa kaidah yang sering digunakan untuk mengetahui ketepatan arah kiblat. Diantaranya adalah menggunakan kompas kiblat, kompas sajadah atau peralatan canggih seperti pesawat GPS dan theodoliti. Kini, melalui teknologi penginderaan jarah jauh yang disediakan cuma-cuma oleh Google via internet menggunakan software Google Earth atau secara online disediakan oleh situs-situs seperti Qibla Locator atau RHI Qibla Locator  yang memanfaatkan fasilitas Google Map Api (GMA) kita dengan mudah dapat mengetahui arah kiblat sebuah bangunan masjid secara visual dan jelas. Namun demikian penggunaan kaidah-kaidah tersebut sering terkendala beberapa masalah. Kompas belumlah dikatakan sebagai alat ukur yang presisi. Sebab dalam penggunaannya, kompas sering mengalami kesalahan. Kesalahan tersebut berupa penyimpangan jarum kompas baik oleh variasi magnetik secara global maupun atraksi magnetis secara lokal oleh logam di sekitarnya. Belum lagi skala kompas biasanya terlalu kasar. Sementara, penggunaan GPS dan theodolit untuk mengukur arah kiblat walaupun bisa mendapatkan hasil yang lebih presisi namun dalam prakteknya kedua peralatan tersebut tidak mudah didapatkan karena harganya yang cukup mahal. Walaupun Google Earth maupun fasilitas qibla locator secara online dapat membantu mengetahui arah kiblat secara visual dengan perhitungan yang sangat akurat, namun piranti tersebut bukan merupakan alat ukur yang presisi di lapangan dan hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu.


Lantas apakah bisa mengukur arah kiblat secara presisi dengan biaya yang murah? Jawabannya adalah BISA! Yaitu dengan menggunakan fenomena astronomis yang terjadi pada hari yang disebut sebagai yaumul rashdul qiblat atau hari meluruskan arah kiblat yaitu hari saat saat Matahari tepat di atas Ka'bah. Fenomena yang terjadi 2 kali selama setahun ini dikenal juga dengan istilah Transit Utama atau Istiwa A'dhom.

Istiwa, dalam bahasa astronomi adalah transit yaitu fenomena saat posisi Matahari melintasi di meridian langit. Dalam penentuan waktu shalat, istiwa digunakan sebagai pertanda masuknya waktu shalat Zuhur. Setiap hari dalam wilayah Zona Tropis yaitu wilayah sekitar garis Katulistiwa antara 23,5˚ LU sampai 23,5˚ LS posisi Matahari saat istiwa selalu berubah, terkadang di Utara dan disaat lain di Selatan sepanjang garis Meridian. Hingga pada saat tertentu sebuah tempat akan mengalami peristiwa yang disebut Istiwa A'dhom yaitu saat Matahari berada tepat di atas kepala pengamat di lokasi tersebut.

 

Hal ini bisa difahami sebab akibat gerakan semu Matahari yang disebut sebagai gerak tahunan Matahari. Ini diakibat selama Bumi beredar mengelilingi Matahari sumbu Bumi miring 66,5˚ terhadap bidang edarnya sehingga selama setahun Matahari terlihat mengalami pergeseran antara 23,5˚ LU sampai 23,5˚ LS. Pada saat nilai azimuth Matahari sama dengan nilai azimuth lintang geografis sebuah tempat maka di tempat tersebut terjadi Istiwa A'dhom yaitu melintasnya Matahari melewati zenit lokasi setempat.

Demikian halnya Ka'bah yang berada pada koordinat 21,4° LU dan 39,8° BT dalam setahun juga akan mengalami 2 kali peristiwa Istiwa A'dhom yaitu setiap tanggal 27/28 Mei sekitar pukul 12.18 waktu setempat dan 15/16 Juli sekitar pukul 12.27 waktu setempat. Jika waktu tersebut dikonversi maka di Indonesia peristiwanya terjadi pada 27/28 Mei pukul 16.18 WIB dan 15/16 Juli pukul 16.27 WIB. Dengan adanya peristiwa Matahari tepat di atas Ka'bah tersebut maka umat Islam yang berada jauh dan berada pada jarak kurang dari seperempat keliling Bumi dapat menentukan arah kiblat secara presisi menggunakan teknik bayangan Matahari.

27 MEI 2013 @ 16:18 WIB
15 JULI 2013 @ 16:27 WIB
MATAHARI TEPAT DI ATAS KA'BAH
POSISI MATAHARI = ARAH KIBLAT
BAYANGAN MATAHARI = ARAH KIBLAT


Teknik penentuan arah kiblat pada hari Rashdul Qiblat sebenarnya sudah dipakai lama sejak ilmu falak berkembang di Timur Tengah. Demikian halnya di Indonesia dan beberapa negara Islam yang lain juga sudah banyak yang menggunakan teknik ini. Sebab teknik ini memang tidak memerlukan perhitungan yang rumit dan siapapun dapat melakukannya. Yang diperlukan hanyalah sebatang tongkat lurus dengan panjang lebih kurang 1 meter dan diletakkan berdiri tegak di tempat yang datar dan mendapat sinar matahari. Pada tanggal dan jam saat terjadinya peristiwa Istiwa A'dhom tersebut maka arah bayangan tongkat menunjukkan kiblat yang benar.

Karena di negara kita peristiwanya terjadi pada sore hari maka arah bayangan adalah ke Timur, maka arah bayangan yang menuju ke tongkat adalah merupakan arah kiblat yang benar. Jika anda khawatir gagal karena Matahari terhalang oleh mendung maka toleransi pengukuran dapat dilakukan pada H-2 hingga H+2 atau tanggal 26, 27, 28, 29 dan 30 Mei 2013  atau 14, 15, 16, 17, 18, 19 dan 20 Juli 2013 pada jam yang sama. Satu hal penting yang harus kita perhatikan adalah ketepatan JAM yang kita gunakan hendaknya sudah terkalibrasi dengan tepat. Untuk mengetahui standar waktu yang tepat bisa digunakan tanda waktu saat Berita di RRI, layanan telpon 103 atau menggunakan jam  atom yang disediakan oleh layanan internet.

Penentuan arah kiblat menggunakan fenomena ini hanya berlaku untuk tempat-tempat yang pada saat peristiwa Istiwa A'dhom dapat secara langsung melihat Matahari. Sementara untuk daerah lain di mana saat itu Matahari sudah terbenam seperti Wilayah Indonesia Timur (WIT) praktis teknik ini tidak dapat digunakan. Maka ada fenomena lain yang dapat digunakan oleh daerah-daerah tersebut sehingga dapat mengetahui arah kiblat secara presisi. Fenomena itu adalah saat Matahari berada tepat di bawah Ka'bah yaitu saat Istiwa A'dhom terjadi di titik Nadir (Antipode) Ka'bah yang terjadi pada setiap tanggal 13 Januari dan 27/28 November.



Teknik Penentuan Arah Kiblat menggunakan Istiwa A'dhom :

  1. Tentukan masjid/musholla/langgar/rumah/ tempat lain yang akan diluruskan arah kiblatnya.
  2. Siapkan tongkat lurus atau benang berbandul sepanjang 1-2 m serta arloji yang sudah dikalibrasi dengan TV, radio atau telpon “103".
  3. Cari lokasi yang datar di dalam/sekitar masjid/musholla/langgar/rumah/tempat lain yang masih mendapatkan penyinaran matahari antara jam 16.00 – 16.30 WIB.
  4. Pasang tongkat secara tegak lurus dengan bantuan pelurus berupa benang berbandul atau gantung bandul di lokasi tersebut beberapa menit sebelum peristiwa Istiwa A’dham terjadi.
  5. Tunggu sampai saat Istiwa A’dham terjadi yaitu Ahad, 28 Mei 2012 pukul 16:18 WIB atau Ahad, 16 Juli 2013 pukul 16:27 WIB. Amatilah bayangan tongkat saat itu dan berilah tanda dengan menggunakan spidol atau benang kasur yang dipakukan atau alat lain yang dapat membuat garis lurus. Garis itu adalah arah kiblat yang benar.
  6. Gunakan benang, sambungan pada tegel lantai, atau teknik lain yang dapat meluruskan arah kiblat ini ini ke dalam masjid. Intinya yang hendak kita ukur sebenarnya adalah garis shaff yang posisinya tegak lurus (90°) terhadap arah kiblat. Maka setelah garis arah kiblat kita dapatkan untuk membuat garis shaff dapat dilakukan dengan mengukur arah sikunya dengan bantuan benda-benda yang memiliki sudut siku misalnya lembaran triplek atau kertas karton tebal.
  7. Sebaiknya bukan hanya masjid atau mushalla / langgar saja yang perlu diluruskan arah kiblatnya. Mungkin kiblat di rumah kita sendiri selama ini juga saat kita shalat belum tepat menghadap ke arah yang benar. Sehingga saat peristiwa tersebut ada baiknya kita juga bisa melakukan pelurusan arah kiblat di rumah masing-masing. Semoga cuaca cerah.
Semoga dengan lurusnya arah kiblat kita, ibadah shalat yang kita kerjakan menjadi lebih afdhal dan doanya lebih dikabulkan. Amin.

Keterangan lengkap hubungi Lembaga Rukyat Hilal Indonesia (RHI) di 0274-552630 atau 08122743082.


Contoh untuk tahun ini:
26 Mei 2013 @  16:12 WIB +/- 2 menit
27 Mei 2013 @ 16:15 WIB +/- 2 menit
28 Mei 2013 @ 16:18 WIB +/- 2 menit
29 Mei 2013 @ 16:21 WIB +/- 2 menit
30 Mei 2013 @ 16:24 WIB +/- 2 menit
dst.
14 Juli 2013 @ 16:33 WIB +/- 2 menit
15Juli 2013 @ 16:30 WIB +/- 2 menit
16 Juli 2013 @ 16:27 WIB +/- 2 menit
17 Juli 2013 @ 16:23 WIB +/- 2 menit
18 Juli 2013 @ 16:21 WIB +/- 2 menit
dst.

CATATAN:
Untuk lebih akurat yg 28 Mei 2013, hari sebelumnya dikurangi 3 menit per hari sesudahnya ditambah 3 menit per hari. Yang 16 Juli 2013, hari sebelumnya ditambah 3 menit per hari sesudahnya dikurangi 3 menit per hari. Masih cukup presisi. Kalaupun tidak dikoreksi jg masih ckp akurat krn hanya berbeda 0,2° setiap hari atau sekitar 10' (menit busur) sementara diameter sumber cahaya (matahari) jauh lebih besar yaitu sekitar 0,5° atau 30'. Semoga bermanfaat.

Link Terkait:
Qibla Locator
RHI Qibla Locator
RHI Arah Kiblat
Arah Kiblat Qiblati

20 komentar:

  1. Makasih mas untuk informasinya, semoga saja cuacanya cerah saat pengukurannya. Ijin share yah mas

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Mas Mutoha,
    Terimakasih, ilmunya sangat bermanfaat, gamblang penjelasannya
    namun sedikit koreksi, pada daftar tanggal bulan Mei di alenia bawah tercantum 20 Mei seharusnya 30 Mei... rak nggih mekaten to Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih, iya sudah kami betulkan. Salam.

      Hapus
  3. Menggunakan teknologi modern saat ini akan lebih tepat mengetahui arah kiblat dengan benar, mampir dong ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    BalasHapus
  4. terima kasih atas infonya gan, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  5. Ijin share bro !

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat. syukron

    BalasHapus
  7. Ijin share mas

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum wr wb.makasih atas info nya ea,kadang qt g tauarah kiblat brubah sewktu wktu..
    Q yakin ntuk kdepannya bs jdi peljran n prtimbangan ntuk org2 di masa depan..
    pin:20C7F62E pekanbaru 17/07/2013

    BalasHapus
  9. Informasi ini perlu disebarkan ke sesama muslim di seluruh dunia, agar masjid-masjid yang belum benar arah kiblatnya disesuaikan dengan cara yang sangat sederhana ini. Apalagi sekarang sudah ada teknologi Android, GPS, Qibla Locator dengan sangat mudah menggunakannya. Jika yang belum terjangkau teknologi, hendaknya yakin dengan letak posisi matahari di atas qiblat:
    27 MEI 2013 @ 16:18 WIB
    15 JULI 2013 @ 16:27 WIB
    saya hampir tiap tahun membuktikannya. Yakinlah ini adalah perhitungan garis edar bumi-matahari hizab hakiki yang telah dihitung oleh para ahli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aswb.
      Bagaimana dengan ketika matahari di antipoda KaKabah mana yang benar pada tanggal 12/13 Januari atau 16/17 Januari?
      Wswb.

      Hapus
  10. obat kutil kelamin6/11/13 01:14

    nice share

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah. Hatur nuhun Pak ilmunya!

    BalasHapus
  12. cara mengukur yang akurat dan bagus dan lebih masuk akal makasih mas saya jadi sangay percaya bentuk bumi itu ternyata datar

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum admin,,,sempat baca diatas mngatakan bumui berputar mngelilingi matahari tetapi sbnarnya matahari yg berputar mngelilingi bumi...cekvideo ini didalamnya membahas tentang bumi itu datar dan mataharinya.bumi berputar mngelilingi matahari itu teori barat...lebih lengkapnya nonton dulu video diatasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini linknya https://youtu.be/b_Ps4TD7E6w

      Hapus
  14. KUBET được cộng đồng cá cược đánh giá là nhà cái số 1 Châu Á trong năm 2019 hiện tại. Với nhiều trò chơi hấp dẫn, tỷ lệ cược cực cao, trải nghiệm mượt mà mang tới cơ hội kiếm tiền cho anh em. KUBET.IO là trang web cung cấp link đăng ký, đăng nhập KU BET - KU CASINO chính thức, hướng dẫn hội viên tham gia các trò cá cược trên nhà cái, cũng như cách nạp tiền, rút tiền.



    Từ khóa: #ku, #kubet, #kucasino, #kubetio, #ku777, #ku888, #ku999, #casino, #thienhabet, #kubetcasino



    Mạng xã hội KUBET chính thức:


    https://infogram.com/dang-ky-kubet-cach-tao-lap-tai-khoan-ku-bet-don-gian-1h8j4xglr0od6mv

    https://trello.com/kubet

    https://block-x.co/dang-ky-kubet/

    https://www.youtube.com/channel/UCyPQbqZIZKV60Q7njSmKe3A


    https://www.surveymonkey.com/r/S5X7VBD


    Website: Kubet.io

    BalasHapus
  15. Englishtivi.com is a free website for English learners. You can improve your English story, vocabulary words, grammar, sentences, speaking, writing, idioms …. Thousands of English videos and lessons are waiting for you.
    That's why, this website was founded with a simple vision: To become your go-to resource to Improve Your English Skills | Help You Change Your Life!
    Official website: englishtivi.com
    https://sites.google.com/view/englishtivi
    https://trello.com/englishtivi
    #Englishtivi
    #Englishtv
    #englishtiviyoutube
    #englishtivionline
    #englishtivilevel3
    #englishtivilevel1
    #learnenglishthroughstory
    #learnenglishthroughstories
    #englishwords
    #englishgrammar

    BalasHapus